Jumat, 05 Oktober 2012

Korek Harian Honda Grand 110cc

1. Piston Kaze Oversize Nol dengan diameter 53mm.
Ubahan seperti Grand lainnya dengan menggunakan Piston Kaze. Volume silinder jika dihitung dengan rumus mampu mencapai angka 110cc. Dibuat dome setinggi 2mm agar piston menjadi jenong. Bagian dome nya perlu diatur lagi agar pas dengan ruang bakar dan klep nya.

2. Desain Katup dan Port nya.
Klep In dan Ex masih menggunakan katup standarnya dengan ukuran 23 mm dan 20 mm. Pada area diameter dalam sitting klep melebar luas melingkar 1mm pada kedua klep. Batang klep pada pangkal klep alias di bawah payung klep mengecil skitar 0,5mm dari diameter batang aslinya untuk kedua klep, kata orang yang pinter mesin sih bilangnya backcut valve. Area payung klep digerus membentuk tirus, jadi klep jingkrak. Bagian lubang inlet dicukur pisau tuner selebar 23mm dan bagian bawah klep atau boshing area dibuat menyerupai venturi karburator, hal ini menyebabkan keasyikan pada putaran atas. Maksudnya ngisi terus ampe gigi 4 puollll. Ga ngeden kaya da lama ga buang air besar. Area lubang outlet diperbesar menjadi 24mm dan dibuat licin agar sisa gas buang terlepas sempurna ke atmosfir.


3. Manifold Karbu Costum.
Saluran masuk dibuat 26mm dan saluran keluarnya menjadi 23mm dan langsung mengarah ke ruang bakar. Hal ini membuat kompresi efektif mesin makin membesar seiring semakin tingginya rpm.

4. Noken As
Noken as dibuat sesuai dengan karakter besar kecil lubang inlet dan outlet klep dengan lift 7mm pada kedua klep serta overlap 2mm untuk memperkuat putaran atas.

405 komentar:

1 – 200 dari 405   Lebih baru›   Terbaru»
AutoModify54 mengatakan...

bisa gk astrea prima diubah cc nya jd 150 misalnya sukur" 200 tanpa merubah mesin ...kirim srannya lewat email ajah yah gan klu bisa...atau whatsup 085289522262

Novanda S.T. mengatakan...

waduh..tanpa merubah mesin?
bakal jebol kalo udah jadi..
bisa sih bisa, tapi resiko..
kalo 200cc ya seher gede atau diimbangi stroke up..
biar aman buat harian sih..hehehe

rasio gigi dirubah, pengapian, karburator, porting, klep, noken, kampas+per kopling, knalpot

ya habis 3jt an sampe 5jt an

Anonim mengatakan...

Gan, honda grandku kan mau msih standard. Rncananya mau aku kasih piston izumi. Kira2 ukuran brapa y gan yg cocok buat harian. Krim sarannya k sini y gan 085740393036 ato email k sini aantbc@yahoo.co.id

By aan

Anonim mengatakan...

kira-kira abis berapa gan untuk modif gitu??

Novanda S.T. mengatakan...

kasih aja piston kaze ukuran 53mm
izumi sih adanya rata 52mm sama 54,4mm
kalo lebih dari 54mm ya minim ganti boring bro..

harian piston kaze aja soalnya material ga kalah juga sama izumi n mudah didapat..
merek NPP satu set cuma 150rb

Novanda S.T. mengatakan...

habisnya sih paling mahal 750rb
tergantung bengkelnya da paham belum sama modif yang dimaksud..
kalau da paham enteng bagnet kerjanya

-piston kaze NPP lengkap sekitar 150rb
-modif klep 100rb
-noken kalo modif sendiri 200rb kalo beli 400rb
-modif head silinder 100rb
-biaya pengerjaan di bengkel ga sama..

yah paling mahal 750rb dah gan

Anonim mengatakan...

Gan aku punya honda jadul astrea 800 tapi pingin larinya nggak kalah ama motor keluaran terbaru? he....he.... tapi juga buat harian gan? mohon sarannya gan?

miftah sle mengatakan...

gan grand aku kalo dikasih piston jupiter z yg diameter'a 51 mm...
kalo boring'a udah dibubut sesuai piston apakah pistonnya langsung bisa di instal tanpa dibubut dulu...?

Novanda S.T. mengatakan...

@miftah sle
biasanya sih coak klep nya yang disesuaikan..kan punya grand lebih besar dibanding Jupiter

Novanda S.T. mengatakan...

untuk astrea 800 dasarnya sama dengan grand..
ikuti saja ubahan di atas..

atau kalau mau irit begini saja
1. Piston kaze lengkap merek NPP hanya 100rb-an
2. kolter di tukang bubut sekaligus coak klep
3. porting polish sendiri, yaitu lubang masuk dan buang di kepala silinder dihaluskan menggunakan ampelas. lubang buang sampai benar2 licin, sedangkan lubang masuk hanya dibuang kulit jeruknya saja.
4. atur ulang jetting karbu

-Kikik Efendi* World mengatakan...

Kalo Astrea prima ...
piston KAZE 0.50
klep STD
Karbu PE 28, CDI shougun 110,
Tapi kok masih sering AUS yah pada waktu start di RPM sedang...

Novanda S.T. mengatakan...

@Kikik Efendi
yang aus apanya ya?
setting dan pengerjaan sudah benar belum?

adhie mengatakan...

gan aq punya astrea star '86
piston kaze ΓΈ100
klep std
karbu pe28

larinya sih uda lumayan tp masih kurang,,
di ganti setingan apa lage ya gan agar nambah larinya??

Novanda S.T. mengatakan...

@adhie
karbunya pe28??? kebesaran bro..ya kaga lari..cuma enak tarikan bawah doang, atasnya ngempos

cc 113,4 pakek PE24 atau maksimal karbu king

kalo maksa menggunakan pe28 ya buat ulang porting di kepala silinder (bentur, lebar, panjang, lekukan), knalpot harus freeflow buat ngimbangi pemasukan yang banyak..
klep kalo bisa gedean dkit lah..coba bawa di bengkel yg biasa ngoprek2

emang tarikannya udah enak blum?
klo belum bisa dari kondisi kampas kopling, kondisi gear, kampas ganda, dan center kruk as nya

Dhymas Dicky mengatakan...

mau nanya ni gan..

aku punya motor grand, pngin ganti seher kaze oz 200, trus klep yang cocok, pake ukuran berapa ya sama biaya total ganti itu semua brp trus karbu perlu di ganti ngga kalo ganti, pake karbu apa ni?

thnx ni gan sebelumnya..

:) :)

Anonim mengatakan...

Askum Gannn.....
Buget ane <700Rb biar tarikan honda grand 92" ane bisa lebih bertenaga di upgrade apanya ya tapi bugetnya cuma segitu....
please ksi tau....
trims.....
(g ngerti jeroan motor sama sekali)

Novanda S.T. mengatakan...

waduh kalau belum mengerti jeroan mesin ntar habis banyak gara2 mekanik yang kerja minta ini itu..

gampangnya ya tetap bore up pake piston kaze, porting polish (menghaluskan lubang masuk dan keluar di kepala silinder), sama setel ulang karbunya(entah pilot jet atau main jet yang minta naik).

itu saja udah cukup buat uang ga sampe 700rb gan, tapi ya hasilnya kurang maksimal..
kalau mau kreatif bisa dengan memperbesar bunga api busi lewat cara berikut: http://hourex150l.wordpress.com/2012/02/22/up-grade-performa-koil-standard/

Anonim mengatakan...

Gan,
tunggangan gue m0cin/mt0r cina. . ,,
padhal pist0n udh d.ganti pakek pnyaxnya kaze ovrziz 0. Tp kog prbedaan cuman dikit,
n k0mponen2 laen mazich standar bawa'n pabrik. ,, paw yg harus d.rubah. ,
mh0n bantuannya. !??

Anonim mengatakan...

cara mudah Gedein k0mpresi fu q gmna om..

Novanda S.T. mengatakan...

@mocin
masbro, kualitas produk mocin kurang presisi pengerjaan mesinnya.
coba di belah mesinnya (turun mesin, servis berat overhoule), cek center kruk as, kondisi bearing kruk asnya, stang seher.

Tapi langkah awal coba cek kanvas koplingnya dulu, coba ganjal sama ring per. POrting intake sama out diampelas aja sendiri, sampe kulit jeruknya hilang..
knalpot ganti lehernya aja di tukang knalpot, minta gedein sama model lurus..

Novanda S.T. mengatakan...

waduh, FU kan kopmpreinya udah gede?
kalo dibesarkan lagi takutnya malah ngelitik trus sehernya jebol..
minim kasih pertamax lho ya...

cara mudahnya tinggal menggunakan packing selembar. Packing yang berhubungan dengan blok dan blok kop sisain 1 lembar yang paling tipis, trus packing yang bawah dilepas dan diganti sama packing cair (threebond)

Anonim mengatakan...

Bro ane mau rubah grand ane kaya yang agan share, coba kirimin yang lebih detailnya dong bro ke email ane nih : galih_squad@rocketmail.com sama gambarnya ya bro hehehe buat spek harian, sama kuat buat luar kotaan hehehe thank's

Novanda S.T. mengatakan...

@galih_squad
bro, gambar di atas sudah cukup jelas
dibaca lagi aja ya hehe

Phe Sunda Underground's mengatakan...

grand saya,pk seher ee,klep sonic,bubut noken as,magnet,koil KTC,busi iridium,karbu Pe,stroke kan 3 mm,Cdi orsinil tp di otak atik jd unlimiter
lumayan lah buat acak2 satria FU
#salam gaspoolll
https://www.facebook.com/deathmetal99?ref=tn_tnmn

Novanda S.T. mengatakan...

@Phe Sunda Underground's
Seher EE? Seher mobil bro?
haha ya manteb dah tu spek nya..
dijaga mesinnya supaya ga gampang jebol, oke?

Dhymas Dicky mengatakan...

misi gan ..
mau nanya nih..
kalo mau geser baut tanam abis berapa yan gan?

maksi ni gan sebelumnya..

:)

Novanda S.T. mengatakan...

tergantung..itu kan masuk overhoule kalo di bengkel jadi biaya yg mahal..bisa 100rb matoknya
geser bautnya sendiri sih 50rb bisa

Dhymas Dicky mengatakan...

cepet bener gan balese..
makasi ni gan..
:)

tar kalo bingung tanya2 lagi dah..
:)

Anonim mengatakan...

Grand sama supra fit sama aja kan gan?
Kalau supra fit di tambh cc jadi 125,itu hbis berapa dan apa aja yg d ganti?

Novanda S.T. mengatakan...

ia supra fit mesinnya mirip2 sama grand..
ya biaya paling mahal 750rb
bisa2 500rb aja haha

Anonim mengatakan...

Gan supra fit kalau ditambah cc mentok berapa?kalau buat harian?

Novanda S.T. mengatakan...

pake seher kaze da jadi 115cc gan
maksimal sih tergantung duit yg mau dikeluarkan..
bisa aja ganti blok sama seher yg gede sekalian geser baut tanam..
tapi ya gitu bro,, biaya nya juga gede..
enak sih ya udah seher kaze ini aja..
kalo mw gedean ya 56mm blitz joy
tapi ganti boring dulu
hehe

Anonim mengatakan...

Supra fit Pakai seher blitz joy bsa untuk harian gan?cc nya jadi berapa?

Anonim mengatakan...

Kalau ganti boring+seher blitz joy hbis berapa?

Novanda S.T. mengatakan...

supra fit pake blitz joy ukuran 56mm jadi 122cc masbro..
biaya sih ganti boring bisa 200rb..seher 150rb an
rata2 ya habis 600-700rb lah bro..
itu da tuntas..

Anonim mengatakan...

Budget 1,5 juta ganti apa aja gan?kalau untuk supra fit

Novanda S.T. mengatakan...

nah kalo ada budgetnya sip..
1,5 juta untuk supra fit banyak pilihannya..
seperti ubahan diatas aja ga habis 750 gan..

untuk seher tetep kaya di atas aja..
*seher kaze oz 0 sekitar 150rb
*noken modif 200rb kalo beli jadi 400rb
*porting polish di bengkel bisa 100rb
*knalpot bobok 50rb kalo beli 250rb-500rb atau lebih
*CDI aftermarket kaya BRT bisa 400rb
*karbu Supra 125/Kharisma 400rb

kasaran kalau beli harga termahal bisa lebih 1.5 juta tapi kalo ambil yang paket hemat dapet part banyak an..

setelah modif yang harus sering di cek adalah oli jangan telat..tiap 2000km wajib ganti biar seher aman..cara berkendara jangan ugal-ugalan..

Anonim mengatakan...

Kalau pkek karbu king gmn gan?

Novanda S.T. mengatakan...

venturinya 26 masbro..
emang sepedanya mau maen RPM berapa?
asumsi maen RPM 10.000 sama konstanta 0.75 dah pas bro pake karbu RX King..

cuma kalo konsumsi bahan bakar lebih dari std hehe
imbangi sama pengapian dan kampas kopling+per kopling yah??

Anonim mengatakan...

Y pokoknya bsa main" ma FU gan hehe.

Novanda S.T. mengatakan...

owh..ya karbu RX King atau PWL 26 Ninja lama..

Dhymas Dicky mengatakan...

gan2..

grand kalo ganti kruk as mx bisa ngga..?

kalo bisa harga kruk asnya brp ya?
maksi ni gan sebelumnya..

Novanda S.T. mengatakan...

waduh..kruk as grand kecil bro..punya MX gede..
kalo dipaksa in ya harus gedein crankcase dalamnya..tapi rawan kena girbox nanti...

untuk harga sendiri ori Yamaha sekitar 729rb

Novanda S.T. mengatakan...

ada lagi yang asli jepang kruk as MX nya 1jt lebih dikit..

Anonim mengatakan...

Bro kalau blok op supra fit dganti blok op grand gmn gan?
Harganya berapa bro?

Novanda S.T. mengatakan...

500rb an gan..tapi blok kop nya kan mirip2? mending punya revo aja beserta isi2nya..
blok kop revo 600rb
noken, roller rocker arm,dan kelengkapan klep

Dhymas Dicky mengatakan...

mau nanya lagi ni gan..


itu emang ngga bisa diakalin gan ya gearbox nya?
nah brati yang cocok ganti kruk as apa tuh selain mocin solomo, biar agak entengan gitu larinya ..?
maksi gan..

Novanda S.T. mengatakan...

@Dhimas dicky..
kalo kruk as sih sulit ya buat tipe C100 bebek Honda..
soalnya crankcase sempit bro..hehe

setau ane ya mocin itu..
kalo maksa lebih ya beli pen stroke aja..
konsultasikan lagi sama mekanik modif nya..biar klop

Dhymas Dicky mengatakan...

mekanik anenya kaga mau ribet gan,
kaga seru die..
saya kan jadi kaga enak juga nanya2..
:(

agan tinggal dimana si nih?

Novanda S.T. mengatakan...

@dhimas dicky
haha pas mekanik nya pelit ilmu ya? hehe

saya jember, jatim..agan sendiri dimana?
tapi saya bukan bengkel lho..
ilmu nya aja yang dibagi-bagi haha

kalo punya alat dah bisa juga

Anonim mengatakan...

gan ane mw tny ne
motor ane shogun kebo?da pake klep tiger tp pyung klep x d rubah jd in 29mm n ex 24mm seher pke thunder os.175 strock standart ?cc x jd brp gan?

Dhymas Dicky mengatakan...

iya ksali tuh..

waduh jauh amat, saya tinggal di jakarta gan..
saya kira agan di jakrta, kan kalo di jakarta saya bisa maen2 gitu..
:)

Novanda S.T. mengatakan...

haha uda saya balas bro pake SMS..hehe
132cc aja
kalo seher thunder standar baru 125cc

Novanda S.T. mengatakan...

sudah bisa saya tebak..pasti Anda orang daerah Jabodetabek..soalnya pake "agan2"
wkwk

iya di jawa timur..masih 1000km lagi..
cuma 1jam lho kalo sepeda mu bisa 278m/s haha alias 1000kpj

Dhymas Dicky mengatakan...

wiiiiiii...
saya bukan di jabodetabek gan tapi saya di jabodetbok..
hahah.

sepeda apaan itu yang ampe 1000kpj..
sepeda ajaib gan..?
hhahahahaahah..

gan ..
kata mekanik ane kalo crank casenya di gedein rawan bocor oli gan..?
jadi galau saya ni..


Novanda S.T. mengatakan...

ngapain di gede in?
mau stroke up kah?

pake pen stroker aja..aman
kan enak?
paling2 300rb rupiah haha

Anonim mengatakan...

kalo mau kohar .,tp ga gnti boring max brp cc gan .,. pnya ane astrea grand 96 kasih spek + budgetnya ya gan ,.,ow iya nnti masih bsa di buat std lagi ndak ya?

Novanda S.T. mengatakan...

kalo mau seher kaze os 0 aja aman..115cc kayak rincian di atas..hehe

di baca lagi aja..itu kohar banget n dana minim..maksimal 750rb aja

standar lagi ya mahal malah an..bisa tapi mahal hehe
kalo mau ya kohar CC standar aja..

Dhymas Dicky mengatakan...

katanya biar masuk boring baru kata agan makanya lubang crank casenya digedein..
kalo struk up packingnya tebel2 tar..

Novanda S.T. mengatakan...

@Dhimas Dicky memang gitu cara kerja ganti boring yang gede an..
berbeda sama New Jupiter Z kalau ganti boring dah ga usah gede in mulut crankcase nya..hehe

m suluh mahardika mengatakan...

misi om, mau tanya nie
motorku kan supra fit, kalau mau ganti piston karisma bagaimana caranya om..?? And total biaya kira2 habis berapa om..??

Novanda S.T. mengatakan...

@m suluh
langsung di kolter di tukang bubut nya..bawa piston nya dan beli 1 kit..

piston nya sih murah sekitar 40rb an..
ring piston nya yang mahal sekitar 95rb an hahaha
pasang aja udah bisa kok

Anonim mengatakan...

gan gw punya mesin metik yamaha mio,daleman piston sama klep nya pake tiger,masih aja kurang nih.???

Novanda S.T. mengatakan...

@anonim
kurang apa?
-porting polish
-karburator minim RX King atau langsung ke venturi 28 aja, Spek udah gede
-Knalpot yg lebih plong
-pengapian di upgrade

Anonim mengatakan...

gan gue punya grand udah gue bore up:
piston 55mm
karbu jupiter mx
CDI shopgun 125R
apa lagi yang kurang?????
gue minta saran bro!!!!!!!

Novanda S.T. mengatakan...

volume silinder 118cc hehe
CDI shogun baru? kok ga shogun lama? haha
mending CDI BRT aja gan..tapi y gpp dah klo dah terlanjur

Karbu MX yg vakum ato skep?
kalau mau mantab pake PE24 atau VM24 punya RX s aja...jangan gede2 sampe karbu PE28 lho...

jangn lupa:
-porting polish
-knalpot lebih plong, baik leher nya dan silincer nya...
-perbesar pengapiannya..

udah ah jangan ekstrim2... kalau mau ekstrim lagi
-noken as di modif racing
-manifold di prting ulang
-knalpot full freeflow
-naik in kompresi
-BBM pertamax
-CDI BRT, koil RM atau YZ
-Pengapian full aki, lias g pake spul (spul di lepas)..
-gas kontan

hehe trus ikut an bali haha jokes

Adjie Yanz mengatakan...

om motor ane kymco cevira, part yg ud d modif:
*piston kaze OS 50 modif jenong
*karbu rx king
*klep shogun sp
*noken as ori modif
*stang seher supra x
*knalpot custom
volume silinder'n brp ya om skrg?

Anonim mengatakan...

gan gua gak ngerti apa maksud nya :
dome 2mm
yang jelas klep in&ex ukuran brp
lift 7mm
overlap 2mm
apa mksd nya semua itu?????
maklum masih pembelajaran!!!!
hehehehehe......

Anonim mengatakan...

gan klo grand udah jdi 115cc pke karbu apa gan ????
noken as dijadikan berapa in nya & EX nya???
pake CDI apa gan???

Novanda S.T. mengatakan...

@Adjie Yanz
cevira yg mana nih?
volume silinder bergantung pada diameter piston dan langkah naik turun kruk as...

karbu, klep, noken, stang seher, dan knalpot tidak ikut mempengaruhi

volume silinder sekarang 111cc kalau cevira yang 100cc
yang 125cc belum tau saya spek nya gimana hehe

maaf ya data kurang lengkap tentang kymco

Novanda S.T. mengatakan...

@Anonim
dome 2mm artinya piston lebih cembung dan memiliki tinggi 2mm
bayang kan aja meja datar, trus taruh piring dengan posisi terbalik..ukur tinggi piring nya..jadi deh dome setinggi brapa mm hehe

klep grand standar 23/20 mm, sudah jelas kan?

lift 7mm itu angkatan klep nya..jadi jarak klep mu terbuka seberapa jauh maksimalnya? diukur dari tertutup hingga terbuka penuh
overlam 2 mm itu artinya jarak antara puncak noken as in dan out

karbu sih minim punya kharisma kalau mau nyaman, kalau ngebut PE24 atau VM24 (punya RX S)
noken? percayain ke mekanik dan tukang bubut nya aja..yang udah terampil

CDI standar atau aftermarket di pasaran..

Marwan Tegar mengatakan...

mas bro grand ane pngn pasang kopling manual kira2 abis brapa ya...

_marwan

Novanda S.T. mengatakan...

@marwan tegar
grand sih tergantung
1. kopling tempel cuma 80rb aja cukup
2. kopling SND 300rb dah cukup

kalau buat sendiri dengan las2an habis 200rb an lah

Anonim mengatakan...

mas,motor ane mocin beijing 100cc,mau di bore up buat harian mentok berapa ? terus part nya apa aja? thanks gan :D

Novanda S.T. mengatakan...

@Anonim
mirip2 dengan Honda grand..karena basic mesin nya sama..
harian tanpa ganti liner pakai seher kaze jadi 115cc

harian ganti liner
1. seher blitz joy jadi 122cc
2. seher sonic jadi 130cc

mentok seher nya ukuran 60mm yaitu seher sonic os 200..

saran pakai piston kaze dulu cz ga terlalu banyak ubahan
porting polish
karbu di reamer/ ganti baru punya supraX 125R (Kharisma)
knalpot di bobok halus aja biar lebih plong..

kira2 sih g smpe 1 juta..hehe
750 plg mahal tergantung ubahan nya

Anonim mengatakan...

yg jelas panjangan mna antara puncak noken as in / out?????

Novanda S.T. mengatakan...

@anonim
terserah Anda lifter mau dibuat bagaimana..
boleh2 aja lebih tinggi salah satu maupun sama kedua nya..

hanya saja, perhatikan buka tutup klep dan per klep nya..
proses sebisa mungkin tidak boleh sampai bertabrakan antar klep maupun dengan piston..

the official of suwaluh mengatakan...

gan motor ane Mochin ni,,, udh d OS dg ukuran piston jup-z 2005 50" + noken udh d modif buat race daily,,, sparepart yg lain baru semua (kampas kopling baru,cdi standart tp baru, spul udh modif / d perbesar pengapian, coil racing, busi racing,klep baru milik shogun) tpi kok masih kaga bsa lari ya? mentok cuma 80km/jam?

nb: block depan mirip grand,, tutup mesin samping kiri mirip grand (cuma 2 spul),, tutup kanan mirip yamaha 80 setingan kampas kopling berada ditengah lingkaran tutup mesin,,

mohon pencerahannya

Novanda S.T. mengatakan...

@suwaluh
waduh..repot juga kalo mocin
kruk as nya harus balance dlu, kemungkinan sih kopling nya ga pas jadi tenaga ga tersalur sempurna..

itu spul udah di cek pake avo meter blm? saya ga paham tapi sama mocin
maaf hehe

Adjie Yanz mengatakan...

cevira yg 110 om, mesin mirip honda c series. mang msh muat tu om pake piston sonic? bisa buat harian/mudik gatu om?

Novanda S.T. mengatakan...

@Adjie Yanz
itu mah cuma 100cc kan?
kalo pakai piston Sonic ganti boring nya dan memperbesar lubang crankcase nya..
untuk harian aman2 aja..
jangan telat oli ya?

CC jadi 130cc

yg diganti:
1. piston Sonic, liner, bubut crankcase
2. klep gede'an..
3. knalpot harus dimodif buat imbangi pemasukan dan pembuangan..ibarat makan banyak yang keluar juga ada banyak..ga mungkin kan g dikeluarin? haha
4. karburator coba Kharisma atau sampai ke PE24 saja
5. Pengapian harus kuat
6. kampas kopling dan per kopling nya yg bagus..per kopling diganjal ring malah lebih sip lagi

Anonim mengatakan...

om gambar klep di atas yg msih std yg mna...

Novanda S.T. mengatakan...

@anonim
yg standar cari di google om..
itu cuma gambar referensi nya aja untuk mempermudah maksud tujuan posting an saya..hehe

Adjie Yanz mengatakan...

tusuk sate'n musti d geser ga tu om? skrg lg adopsi kopling manual. kmrn ud tembus 130kpj om, sebelum pengadopsian kopling manual.

Novanda S.T. mengatakan...

@Adjie Yanz
tusuk sate masih belum geser kok..kecuali mau cari aman ya monggo di geser aja hehe

130kpj di speedo standar itu sebenarnya ngaco gan..hehe
masih sekitar 100-110kpj itu..
wong astrea legenda2 di rumah full standar masih 120kpj..begitu bareng sama Jupiter gua ternyata 100kpj di Jupiter dan 120kpj di legenda2 haha

ya udah sip lah buat harian..hehe
kopling nya di buat full clutch klo mau enak..

Adjie Yanz mengatakan...

full clutch yg gmn tu om? pemakain kampas sm per, yg sip pake ap om?

Novanda S.T. mengatakan...

full clutch itu kopling ganda/sentrifugal nya di matikan fungsinya..
kalau ada dana 600rb sih mending beli balancer aja..yang asli di simpan hehe

kampas sih katanya mirip punya Tiger ya? Bisa juga punya Mega-pro dan KLX nih hehe.. Tapi menurut ku yang baik orisinil Grand aja..lebih lebar kampas nya..kalau mau ga selip ya punya Tiger aja

per kopling punya Suzuki Smash itu nyaman buat harian..kalau punya Tiger minim di potong 1-2 ulir dulu..

Adjie Yanz mengatakan...

klo pasang blok 3 valve, gmn om? tambh enak, ap malah susah ngeting'n?

Anonim mengatakan...

Bro, mau nanya nin punya ku kn astrea grand, seker dah aku ganti jupiter oz 50, kem papas,klep standar, porting, knalpot freeflow, pengapian standar,karbu pake keihin PD22(karbu GL cepek) lumayan ma absolut revo dah menang 2 body,
Na trus skarang ni mau aku ganti seker kaze 53mm, na kira" kalo linerny ng di ganti gmana? Terus jarak rengang yg aman buat seker ma liner brapa? Trus kalo mau naikin kompresi enaknya di papas headny ap di lepas packingny? Seker coak brapa dalem kalo papas head?
Tolong saranya ya bro, ni motor buat harian, tp jga maunya si bisa buat mainan ma bebek bore up lainya

Novanda S.T. mengatakan...

@Anonim
ga usah ganti liner gpp kok...masih aman buat harian hehe
jarak renggang ya dr bubut nya aja hehe
naik kompresi pake paking selembar aja hehe
seher nya di coak sesuai klep nya trus ditambah 1mm dalem nya..

masa grand tanding ma revo absolute tinggal 2 body? puh?
kurang mantab itu gan..perbesar pengapian nya aja...kasih ground strap di kabel busi nya..cek posting an saya di http://freecharz.blogspot.com
oh ya karbu venturi 22mm sudah cukup..jangan ganti lagi soalnya sudah buat main putaran atas itu..

Novanda S.T. mengatakan...

@Adjie Yanz
tambah enak, memperkuat torsi..
kalau ada barang nya mending di pasang aja..
setting sama aja kok
yang perlu di perhatikan ialah celah klep nya yang 2 an itu harus sama..biasanya klep IN yang ganda/dobel ya? hehe
klep out kaya standar kan?

Adjie Yanz mengatakan...

kalo celah 2 klep in beda / ad selisih, ap ad efek samping'n?

Novanda S.T. mengatakan...

kalau aman nya sih aman ya..
beda celah juga gpp..
cuma kalau rata jadi lebih mantab bro.. lari nya lebih pas..putaran atasnya jadi lebih dapet..

nih udah pernah di uji di atas dyno kok..
sebisa mungkin rata ya? kan gmpg tinggal pke feller hahaha
kidding

Anonim mengatakan...

Ia makasi bro, namanya juga bore up harian kn niatnya yg pnting ng kalah ma motor muda,
Kalo biar ekstrim du ubah apanya lagi ian tp dgn catatan seker kase,klep standar,noken pake itu, yg di ubah lainya ap aj?
Ground tu ap ya as bro, ng tau aku!
Pacing selembar ug tebal pa yg paling tipisn trs packing bawah d ambil ng? Pkoknya pengen kompresi tgi biar putaran atasny enak,
Kalo per klep ganti pa ng? Trus buat penyaluran tnaga maksimal enaknya pake per kopling standar pa yg aftrmarket? Kampasnya kayakny enak pake punya motor yg dh kopling manual ia? Soalnya aku suka naik otor yg jingkrak" bro hehe....
Trs buat pemasangan rante kamprat tu katany kalo d majuin 1 mata katnya putaranya enak bro, bnr p ng si?

Novanda S.T. mengatakan...

jangan ekstrim2 dlu..
noken as di papas di mekanik yang biasa modif..kalau sampai gagal mbrebet2..tp kalau gagal ya papas lagi bisa kok hehe

packing nya dr yg tebel, kalo kurang gnti yg tipis..
paking bawah lepas aja ganti sama lem threebond yg tipis merata

ground strap itu kawat email (beli di tko elektronik) dililit di kabel busi dan salah satu ujung nya dibautkan di baut koil..

per klep main ganjal aja pake ring..
per kopling coba punya smash.. kalau g salah sama kok..kalau lebih mantab lagi punya Tiger tapi dipotong dlu 1-2 ulir..
wah jangan jingkrak", cpet rusak mesin nya..hehe kampas kopling grand sudah bagus kok asal ori nya..coba punya Tiger hehe

maju 1 mata artinya putaran atas nya yg enak..mesin g bisa langsam tp..

Anonim mengatakan...

Kalo di mundurin 1 mata gmana kampratnya? Punya aku dh lama ni seker jupiternya, dah hampir 3 tahun tp tetep masih enteng aj bro buat jingkrak", ap lagi kalo kasi pertamax, gigi 3 masih bisa jalan pake 1 ban...hehe
Kalo di ampil packing bawahnya pengaruh ng ma panjang boring? Takutnya mentok sekernya?
Kalo garapanya kaya gini kira" ngimbangin ap y bro? Kompresi full, seker kaze, porting, knalpot freeflow, karbu pake king, pangapianya d kasi tu td kawat, busi iridium,
ma fu bisa ng ea..hehe

Novanda S.T. mengatakan...

kalo mundur'in satu mata cuma enak putaran bawah aja..putaran atas nya hilang hehe

owh,, brarti servis sama perawatan nya teratur ya? hehe

saya g tau piston nya d jenong ga?
coba aja di lepas trus liad piston nya lebih dr bibir blok ga? klo ga ya coba aja..trus setting celah klep di longgar'i lagi

kalau kompresi gede2 putaran atas nya hilang nanti..sama FU tetap ga bisa ngejar..
kalau mau ngejar ya imbang'i juga kapasitas silinder nya minimal ambil 130cc seher blitz joy 56mm
kaze hanya 53mm sajas

Anonim mengatakan...

Mau aq jenong bro, kan mau aq ganti kaze/ jupek oz 200, tp lebih minimalis di papas headnya kyaknya bro?
Kalo packingnya bawah di ambil pasti linernya jd mundurkan? Na itu pasti seker maju, tp pengaruh ng tu pas di tarik gasnya kalo liner mundur? Tapi kompresi pasti mantep tu,

faruq almuchdor mengatakan...

Gan speda ane astrea grand, caraxa biar bisa nyalip shogun 125cc gmana ya?
Mohon pencerannya.. :D

Novanda S.T. mengatakan...

ternyata Anda masih belum paham apa itu rasio kompresi..ckckck
cara meningkatkan rasio kompresi ialah memperkecil ruang kompresi yang ada di antara piston dan kubah head..

kalau mau seher kaze, pastikan dulu klep tidak menabrak..lalu ukur besar rasio kompresi berapa..
<10:1 pake premium
10-11:1 pake pertamax
11-11,5:1 pake pertamax plus
11,5-13,5 pake avgas, bensin racing, oktan 100 keatas..

tentukan dulu rasio kompresi brapa n bahan bakar nya apa..
kalau kelewat gede malahan sampai 16:1 kaya mesin diesel ya jebol tuh mesin..langsung rontok akibat detonasi berlebih..

dah sekarang kalau bingung amannya ya pasang seher nya dulu sekalian coak klep di cek..jangan klep menabrak piston..
kalau udah papas head/lepas paking jg gpp..
kalau papas head, noken nya berubah derajat timing nya..
kalau piston jenong tinggal perdalam aja coak an klep..
gw sih pilih jenong piston nya..hehe kalau ada apa2 masih gampang modif nya lagi..

Novanda S.T. mengatakan...

@faruq almuchdor
baca2 lagi gan..
1. piston blitz joy aja 130cc dengan mengganti liner di tukang bubut
2. noken as ganti yg merek2 terkenal atau noken asli di bubut
3. knalpot di bobok
4. kompresi di naik kan..

Anonim mengatakan...

Wah ngece sampean mas bro, aq juga dah tau kompresi tu mkstnya gmana,
Emang bner si kalo kegedean kompresi trus bhan bkr yg d pake oktany rendah psti trjadi detonasi ngeglitik kya ad yg berbenturan, trs knocing deh
Na yg saya belum mudeng alisa blum tau tu timing drajat cem tu gmana mksutny, cemnya di rubah pas bgian ap?
maklum lah mas wong ni jga msh blajar,
Trus buat td kabel email tu d lilitin d karet pembungkus kabel pa dlemny? Trus ujung 1ny d sambung ke busi pa ngak?

Novanda S.T. mengatakan...

oalah sudah tahu dasarnya toh? tapi belum paham jelas nih soal pembakaran hahaa
derajat kem itu di lihat dari derajat putaran kruk as..terbuka/tertutup nya klep berapa derajat di kruk as dari posisi top nya..ada busur nya bro hehe

coba lihat telur..bagian yg oval ke atas itu tempat saat klep terbuka..nah sebelum alur telur itu berubah lurus itu terjadi di berapa derajat..??

di luarnya aja yg rapet kyak spul..tapi jgn kenceng2 sungguh..
sampe sebelum cop busi aja..jangan dket2 busi..api nya malah loncat ke kawat nya n mesin g nyala hahaha
kalau perlu lakban hitam aja sampai rapet biar ga karat'an..hehe
ujung satunya di bautnya massa koil

Anonim mengatakan...

gan gua mau modif grand gua yg aman buat harian gmn gan?????
mhn saranya gan!!!!!!

Novanda S.T. mengatakan...

harian? baca2 lagi ya posting di atas..
itu buat harian..

Anonim mengatakan...

gan ane punya mtr mocin tapi deksel suda di korek lubang intek suda besar sma knalpot sama noken as suda papasan tapi kok lari gigi 1 kurang akurat padahal magnet sproket uda ringgann gimana gan biar bisa lari skncang rx king std

Anonim mengatakan...

gan mtr aneh mocin tapi cuda di modif noken as deksel supra suda di besari lobang intek lobang knalpot tapi piston standar ngaru dak lari nya karbu standar tapi spuyer uada beli merk tdr lobng 30 jadi pas di tes lawan king masi kala padahal mtr aneh suda di papas mgnet sama sproket saran gan biar lari nya melejit

Novanda S.T. mengatakan...

lawan kok sama RX King sih?
RX king kan 2 tak? sementara motor nya agan ini mocin cc standar..minimal motor standar yg bisa menyaingi RX King itu Scorpio Z..
tapi kan sudah bagus tuh brarti spek ubahan nya agan kalau masih mengimbangi lari RX King..hehe
kalau membandingkan itu sama motor 4 tak aja..
terlalu jauh kelas 4 tak 100cc dengan 2 tak 135cc bro..

Adjie Yanz mengatakan...

om kalo ane pasang karbu pwk 24, kira2 dpt ga ya om setingan'n? pwk 24 black series. sekarangkn ane pake karbu king, bagusan mana om sm pwk 24 black series?

Anonim mengatakan...

numpang nanyak nich gan sy punya vega zr, kenapa ya putaran atasnya lelet, apa yang harus di ganti atau di tambah???

Miftachur Roziqin mengatakan...

Mas bro,, mau nanya nanya nihh... Pas bngt abis balik ngetes tunggangan.
Mtr gran gw thn 97 udh d rubah sedikit.

*seher kaze OS 0, tp model rata alias gk jenong.
*karbu pake punya supra x cc100, tp udh d tunner (digedein lobangnya)
*per kopling pake supra fit lama.
*busi iridium

Nah yg saya mau tanyakan,, buat nyari akselerasi bawah dan di atasnya gk ngeden,, itu kurang apa lagi.

Kalo kata mekanik gw sih kurang d pasang kopling+cdi shogun kebo, benerin settingan noken us.
Monggo wejangannya gan.

Marwan Ahfoo mengatakan...

Gan, kruk as supra 125 bs gk dpasang di c100, ubah apa aja, thanks

Novanda S.T. mengatakan...

@Adjie yanz kalau cuma 115cc pake venturi 24mm aja..
punya King 26mm,, kurang sip gan..
PWK 24mm sudah bagus banget..performa bagus
jetting ulang spuyernya ya

Novanda S.T. mengatakan...

@Anonim
Vega ZR memiliki karakter torsi dan power di putaran bawah..
selepas 80kpj sudah susah memang..jangan di paksa kan..
kalau mau mantab, ubah karakter overstroke dengan square..
caranya piston menggunakan ukuran 58mm atau milik honda Sonic

Novanda S.T. mengatakan...

@miftachur rioziqin
kopling nya kasih kampas tiger dan per kopling smash
pengapian shogun DC, mending cari aftermarketnya aja..punya shogun kebo sudah ketinggalan jaman walaupun sekarang masih banyak yang cari..hehe
saran pake BRT aja

noken as di bubut ulang dan derajat buka tutup klep jg berubah..

Novanda S.T. mengatakan...

@marwan ahfoo
wah saya kurang tahu masalah seperti di atas..yang pasti masih butuh proses pembubutan..

Adjie Yanz mengatakan...

hhaadeehhh.. drat busi dooollll...
padahal ud klar ngerakit, terpaksa deh bongkar lg..
sempet nyala sebentar, trus ad suara ledakan. tp suara'n ga cetar membahana ya om.
kira2 itu knp ya om?

Miftachur Roziqin mengatakan...

Pengapian shogun dc ?? Maksudnya yg jenis shogun apa nihh??
Tp emng bener yahh akselerasi itu ngaruhnya d kopling dan langkah d stang seher ??
Kalo semua udh d aplikasiin butuh knalpot yg pas jg yah?? Pnya gw cuma pke knalpot grand yg udh d bobok+di potong jd pendek, yah kira" d potong 6cm an

Novanda S.T. mengatakan...

@Adjie Yanz
kalau drat busi dol di bawa ke tukang untuk dibuatkan drat baru lagi..
bunyi2 gt soalnya kompresi bocor dr lubang busi..hehe

@Miftachur Roziqin
Shogun itu mempunyai jenis kelistrikan pengapian searah (DC bahasa elektro nya)..
punya grand itu AC..bisa sih dipasang, tetapi dengan syarat aki harus kondisi baik..

akselerasi dan power motor itu saling terkait satu sama lain, gak hanya kopling dan stroke motor..
kalau mau hasil maksimal ya keseluruhan mesin tersebut diatur ulang..
kalau silencer knalpot pendek itu enak tarikan/putaran bawah doang..cepet habis nafasnya kalau buat pergi jauh..
jadi motor masbro ini enak di putaran bawah nya..

Adjie Yanz mengatakan...

om kalo mau bikin ekstrim harian gmn ya? spek ap lg yg harus d rubah ya om?

Anonim mengatakan...

apa kaga' panas gan mesinnya gan klo dibuat kyk postingan di atas......
mohon srnya gan!!!!!!

Novanda S.T. mengatakan...

@Adjie Yanz
ya kalau ekstrim harian sih sebatas dalam kota aja ya? hehe
kalau korek harian mengacu saja pada motor ber CC lebih besar..misal grand pingin 130cc, contek aja model supra X 125..
cuma piston 56 x langkah 49.5 mm..hehe
ya kalau itu sih terserah pingin nya mas Adjie yanz sendiri..kalau bener2 pengen dapat dikonsultasikan keinginan yang seperti apa yang masbro mau..hehe

@Anonim
nggak tuh..malah lebih irit juga hahaha
ya oli nya jangan telat bro..
sepeda standar pun kalau telat oli ya cepat panas hahaha

Anonim mengatakan...

gan gua pny shogun 125 noken ny mau gua grinding...
nah pertanyaanya di grinding brp mm??????

Anonim mengatakan...

bro
gue punya astrea grand 97
sering di"ece" sama temenku dia pake supra 125cc
gimana biar menang sama dia
kira2 di rubah apanya dan biayanya berapa ????


RB 12

Anonim mengatakan...

gan apa beda ny kopling tempel ama kopling yg SND?????

Novanda S.T. mengatakan...

@noken as
di papas 1mm aja sudah cukup buat harian..

@grand97
ya korek harian tentunya dengan menaikkan kapasitas mesin nya..

@kopling
kalau kopling SND das sebagai nya, Anda sudah dapat bak nya juga..
jadi yang asli ga dipake alias bisa disimpan..
kalau kopling tempel ya sesuai istilahnya, di tempel kan aja di bak kopling asli dan stut ditempatkan di baut bekas penyetel kopling..

Anonim mengatakan...

Ohh

trus kalo tambah kapasitas mesin apa aja yang harus diganti dan biaya nya

pake piston apa

RB 12

rahmad sumsel mengatakan...

Pertama kali berkunjung ke blog ini aku langsung jatuh ati..hahahahaa...

Salam kenal bro,

Aku mau tanya ni, motorku grand thn 94 sdh belasan tahun kupake baru 3 hari yg lalu ganti kampas kopling dan kopling ganda krn mangkok/rumah kopling gandanya sdh parah. Selain itu piston jg sdh kena dan head cilinder jg sdh oversize 1.00. Mau di oversize 1.25 aku tdk berani krn pasti komponen yg lain jg harus disesuaikan. Bukan cuma itu, stangseher jg sdh goyang. Akhirnya aku memutuskan utk mengembalikannya ke standar.

Yg ingin aku tanyakan:
1. Bagaimana agar grand bisa melaju kencang tanpa hrs korek mesin, misalnya dgn cara ganti karburator?
2. Ada beberapa pilihan karburator yg ingin pake di grand. Karbu shogun 125sp, karbu win, karbu karisma dan karbu vega r tahun lama. Diantara karbu ini, mana yg cocok dipake di honda grand dan apa harus ganti manifol juga?
3. Saudaraku menyarankan pake karbu karisma tetapi kata mekanik jangan pake karbu itu krn mesin tdk akan langsam dan knalpot akan mengeluarkan asap hitam. Apakah perkataan mekanik itu benar? Mekanik malah menyarankan utk pake karbu vega r dgn alasan lebih baik dari karbu karisma, apakah itu jg benar?
4. Jika aku pake karbu karisma dan shogun 125sp, bagaimana mengatur dudukan choke? Krn grand tdk punya dudukan choke pt halnya motor karisma (choke terletak distang kiri)?
5. Apakah dgn mengganti karbu karisma/shogun bisa menambah kecepatan dan apa dampak negatifnya baik mesin maupun bensin?

Demikian pertanyaan dariku dan aku sangat berharap masbro memberikan pencerahan atas pertanyaanku ini. Kalo bisa dijawab lewat email saja krn masih banyak yg ingin aku tanyakan. Atas jawabannya aku ucapkan matur nuwun

Emailku : rahmad.sumsel@gmail.com

Novanda S.T. mengatakan...

@grand97
menaikkan kapasitas mesin bisa dengan memperbesar ukuran diameter piston atau menambah langkah kruk as..
mending instan nya pake piston yg gede'an aja lewat cara bore up..

seher 115cc punya kaze
130cc punya blitz joy
hehe

@rahmad sumsel
wah terima kasih bro..hehe
silahkan juga berkunjung ke blog saya satu lagi http://freecharz.blogspot.com

1. maksimalkan komponen selain piston..
pengapian coba BRT, koil standar di beri lilitan kawat email (ground strap), karbu kharisma enak kok, porting polish, per kopling smash, kampas kopling original atau pakai punya Tiger

2. iya bisa semua itu..yang paling plek ya kharisma sama win..mending kharisma aja dah..

3. kalau punya kharisma bisa kok langsam, asal asli lo..
untuk performa sih masih mirip2 kok..kalau irit punya kharisma, kalau untuk kebut2 shogun sp aja..

4. choke nya tidak di beri kabel tidak kenapa2 kok hehe..putar nya pakai tangan tetap bisa

5. untuk akselerasi bertambah memang, tapi top speed tergantung mesin nya itu..hehe

Anonim mengatakan...

Tapi ganti boring gak

dan kasih tau biayanya donk

grand97

Miftachur Roziqin mengatakan...

berarti dengan kata lain harus ngerubah kenalpot dong,, tp kn gk mungkin nyambung lagi yg udah di potong. klo di rubah leher kenalpotnya,, itu gimana yah??

di bikin ukuran "L" yahh ??

Novanda S.T. mengatakan...

@grand97
kok jadi ikut2 grand97? wkwkwkk
yah kalau pakai seher kaze pake liner standar bisa kok..biaya g habis 750rb tp ya tergantung ubahan nya sih..

@miftachur roziqin
ya knalpot dibiarkan gitu gpp, leher nya std ga nih?
g knalpot gpp kok, bentuk porting dimodel corong biar putaran atas nya dapet..
seher nya apa'an nih gan? klep diperbesar lagi, tapi ada itung2an nya lho...klep besar itu bermain di putaran atas hehe

Anonim mengatakan...

Tapi kok kalo saya hitung
seher kaze jadi 110cc
seher blitz joy jadi 121 cc

saya jadi bingung, yang bener mana ??

Kalo saya pingin stroke up biaya tambahannya berapa ???

Grand97

Novanda S.T. mengatakan...

oh iya...saya lupa kalau seher 56mm cuma 121cc
seher kaze itu diameter brapa ya? lupa saya..53,5 ato 53mm?

Anonim mengatakan...

seher kaze 53mm


aku nanya kalo ganti stroke jupiter z
tambah brapa biayanya

Novanda S.T. mengatakan...

brarti cuma 110cc kalau pake seher kaze..
kalau seher sonic 58mm baru 130cc

kruk as nya jupiter jepang 1juta
jupiter z indo 650rb
jupiter z1 liat2 sih cuma 400rb aja

biaya bubut tergantung sih,, ga sama..hehe

Adjie Yanz mengatakan...

mantap om, cevira ane ud jd.
test sm vixion selisih 1 mtr, jarak 500m.
skrg msh pake karbu king, kotak'n blm beli.
kira2 kalo pake pwk24, lbh enak lg ga ya om?

Adjie Yanz mengatakan...

om, final gear yg pas brp ya? bisa bwt jarak jauh, n tanjakan

Novanda S.T. mengatakan...

enk lah..venturi jg ga kbesaran...
coba aja

Anonim mengatakan...

gan grand gue udh gue rubah kyk postingan diatas tapi gue mau tnnya seputar karburator , gan gue tanya ke toko langganan gue ada karbu rxs merk "Shang Wey" ada tulisan "Made In Taiwan" Hrg:Rp185 rb itu bgs apakaga' gan, klo di pake mulus apa gk, gue takut kyk tmn gue slh beli karbu dipake 2minggu udah mbandang skepnya gk kuat,gimn gan?????
guee minta saran!!!!!!!

Anonim mengatakan...

terus kata tmn gua klo mau akselerasi ama top speed enakan ger gk boleh kebesaran ato kekecilan!!!betul kan gan......
trus kata rmn gua yg satu lagi gir ama rante yg bagus merk "SSS" ukuran 415 kira2 harganya brp gan????

Novanda S.T. mengatakan...

@Anonim
ow bagus lah..
karbu RX-s Shengwey? kurang baik kalau untuk performa..untuk daya tahan masih ga mbandang kok hehe

cari bekasnya yang ori dapet 200rb kok kalau ada pasar loak gitu hehe

gear standar itu sudah bagus kalau mesin udah kya spek di posting ini..
kalau mau ya coba 14/34 aja..
atau 15/36 hehe

Anonim mengatakan...

gan karbu RXs venturi brp mm gan???

Novanda S.T. mengatakan...

RX s VM24 mm
Rx king VM26 mm
Rgr VM28 mm

Mikuni bro
hehe

Anonim mengatakan...

gan masih seputar karbu , di rumah gue ada karbu tapi gue gk tau punya apa???
bentuknya mirip RX king tapi belakangnya yg buat intake manifoldnya pake yg mur2an/pake baut....
itu karbu karbu apa ya gan?????

Novanda S.T. mengatakan...

merek mikuni/keihin itu?
kalau ada merek nya selain mikuni, keihin susah saya menentukan nya..ada gambar nya ga? hehe

warih santosa mengatakan...

Apa yg dmaksud dgn linier brow...? Motor ane supra fit 04 rncana mau gnti sker kaze os 100... Untuk supra/grand max sker apa tnpa gnti blok slinder...?

Novanda S.T. mengatakan...

@warih santosa
ganti liner itu mengganti besi yang ada di dalam blok dengan yang baru..
besi nya berbentuk silinder dan tempat masuknya seher..

kala kaze os 100 ya ganti liner dong..
mending sekalian blitz joy 56mm dan harus ganti liner..
kalau seher lewat dari 53.5mm mending ganti liner aja

Anonim mengatakan...

merk "LIPPO LB" gan....

Novanda S.T. mengatakan...

imitasi kw 1 itu gan..hehe
gambar ada?

Anonim mengatakan...

gan klo kopling tempel ama kopling yg beli di toko perlangkapan motor tu enakan mana kopling tempel apa yg dijual di toko?????

warih santosa mengatakan...

Untuk linernya crinya dmana brow...? Apa dstiap bngkel bbut ada...?

Novanda S.T. mengatakan...

@warih santosa
pasrah di tukang bubut aja..biar sana yang cari hehe
kalau bisa yang tebel tapi crankcase ikut di bubut..
apa katanya tukang aja kalaus aya heehee

Novanda S.T. mengatakan...

@anonim
kopling tempel sama beli bak kopling ya? hehe

tentu enak beli bak kopling 1 set daripada kopling tempel..
kalau kopling tempel enaknya murah hehe
tapi ga sebaik beli 1 set bak kopling..

warih santosa mengatakan...

Thanks brow... Atas infonya...

Anonim mengatakan...

gan klo dah jdi kyk postingan diatas bensin 1liter brp km gan???????
soalnya gue tdi coba karbu RXS di pasang shogun 125 kurang lebih 1:10
(bensin:jarak km)

Anonim mengatakan...

padahal klo kata bokap gue (mekanik profesional)shogun 125 klo karbu std setelan skep ditengah 1liter bisa 30 km.....

Novanda S.T. mengatakan...

@anonim
waduh? standar sih 1:30 masih bisa lebih hehe

gawat..setelan nya gimana tuh?
1:30 juga sampe kok asal setting nya bener..
coba tanya bokap lu aja..
minta setting
kalau bingung tanya in lagi ya? hehe

dien mengatakan...

kren artikelnya

Anonim mengatakan...

gan klo grand pke seher kaze os 100
ganti liner gak , klo ganti liner pake punya apa???????
mohon sarannya gan!!!!!!!!

Novanda S.T. mengatakan...

seher kaze os 100 ganti liner..
mending kalau mau piston blitz joy 56mm sekalian sama2 ganti liner..

Arjuna wiwaha mengatakan...

mau tanya ni lurr,,mtor ane honda c70 yg udh ganti mesin prima,td siang ane udh ganti piston kaze os 50. linier jg tk ganti biyar mesin gk cpt pnas kalo bwt touring (katanya,?)
rencananya mau tk ganti pake kelep shogun 110,trz untk settingan noken as nya enaknya gmana tu??
trz ane masih pake karbu new suvit,,apa krbunya msh mampu?? ato hrz diganti??
silahkn lurr masukanya??

Arjuna wiwaha mengatakan...

sangat brmnfaat posting'n nya..

Novanda S.T. mengatakan...

@Arjuna wuwaha
memang kalau liner tebal lebih cepat melepas panas..
setting noken as? pasrahkan ke tukang aja..ga bisa di pastikan karena tergantung tangan mekanik yg kerja noken nya..

karbu drpd suprafit mending ke kharsima atau shogun sp aja sekalian hehe

Novanda S.T. mengatakan...

ehh maaf
saya pkir mau pake karbu supra fit..

ya kalau sudah dipake masih bisa kok..setting pj mj aja kok hehe

Arjuna wiwaha mengatakan...

kalo pke karbu RX_S gmna tu? boros bnsin gk?

Novanda S.T. mengatakan...

@Arjuna wiwaha
ahh ya gak boros lah..
jngan takut mencoba..

setel hingga karbu sesuai permintaan mesin..
venturi 24 itu cocok buat 110-125cc

Anonim mengatakan...

gan gua mau grand gua 115cc nambah 5cc dari postingan di atas , stroke up kah???? klo stroke up brp mm?????
mhn pencerahannya!!!!!!

Novanda S.T. mengatakan...

pake seher kaze os 50 tapi ganti liner aja hehe

Arjuna wiwaha mengatakan...

mau nanya lgni lurr,,kaloseher udh pke kaze os 50,enaknya make kelep apa ya??shogun 110 apa sonic??
trz kalo knlpotny masih standar bawaan mesin gmna?? apa performa mesin gkbisa optimal??

Novanda S.T. mengatakan...

@Arjuna
klep shogun boleh2 aja hehe
knalpot perbesar lehernya doang dah gpp kalau harian aja
performa mesin kalau di optimalkan takutnya ga bisa buat harian hehe

Anonim mengatakan...

gan klo pke seher kaze os 50 ganti liner kan , pake liner kaze apa yg lain??????
gan noken as di papas brp mm??????
durasi kem di buat brp??????

Novanda S.T. mengatakan...

@Anonim
maaf.. kalau bertanya tolong jangan banyak2 tanda tanya nya..saya tahu kok Anda sedang bertanya

kaze os50 ganti liner
liner apa katanya tukang bubut, kalau ada yg tebal bro..
durasi kem dan papas kem terserah mekanik yg kerja..
minta nya main ke putaran atas kalau bisa hehe

Anonim mengatakan...

CDI BRT bisa gk diatur pengapiannya????
hrg CDI BRT brp?????

Novanda S.T. mengatakan...

ada yang bisa diatur ada yg nggak..
beda2 harganya..

Novanda S.T. mengatakan...

karbu RX s memang kelihatan mungil..hehe
skep nya kecil soalnya bro hehe

asep maulana mengatakan...

siang mas
pengen c70 min.170cc max.250cc
agar aman buat harian kebut2an, jarak jauh (touring).bagaimana?
apa aja yang harus diganti?
rincian biaya sparepart nya dan biaya keseluruhan kira2 berapa?
mohon penjelasannya secara detail dan cara2nya.
terimakasih mas novanda

Novanda S.T. mengatakan...

@asep maulana
maksimal semaksimalnya 150cc dengan geser baut tanam..
kalau harian lebih baik pake sonic os 0 bisa jadi 130cc..
ganti liner di tukang bubut trus ubahan yg lain mengikuti
klep, porting, karbu, pengapian, knalpot, dsb..

Ghufron_taufiqi mengatakan...

gan
gue punya supra x 100 nih kalo kasih karbu PE 28 tuh gimana gan? daleman mesin masih standar pabrikan semua

makasih gan

Novanda S.T. mengatakan...

full standar malah buat boros, g bertenaga, cuma dapet putaran bwahnya saja..

mending coba karbu kharisma atau punya shogun sp aja hehe

Arjuna wiwaha mengatakan...

maaf lurr, ane crwet bgt bnyak nanya dr kRXmren2,
ini menyambun dr prtnyaanane yg di atas,
kalo ane pake ny karbu pe24 gmana? emmmmmm lbh boros dr krbu RX_s gk?

Novanda S.T. mengatakan...

sama saja sebenar nya..suka2 aja pke yg mana huakak

jgn gde2 pkok nya biar manteb larinya..hehe

Irfandi Fandi mengatakan...

Mas mau tanya nh,,,
Kruk as karisma dipakai untuk grand,,,
Yg hrus di rubah ap aj yy,,,
Dan harga kruk as nya brp yy,,
Mohon pencerahannya,,
Trma kasih

Adjie Yanz mengatakan...

om mau ganti kampas kopling n per'n nih, kaya'n agak selip dikit. mesin msh mau treak, tp tdk tersalurkan.
bagusan mana om, antara kampas tiger n per smash vs kampas n per TDR ? mksh om

Novanda S.T. mengatakan...

@Irfandi Fandi
harga kruk as paling 700rb..
untuk ubahan ga pernah nyoba.. tanya ke mekanik dan tukang bubut aja

@Adjie yanz
kampas ori honda itu bagus...
atau mau nyoba Tiger..

per kopling ambil punya smash enak apalagi TDR
punya smash ga perlu dana banyak, ckup 20rb 4 per
kalau TDR 75rb klo g salah hehe

Anonim mengatakan...

gan klo pke seher blitz joy bisa buat harian gk??
gue sih maunya bisa buat harian tapi cc kaga gede2 amat??
gmna gan , mohon sarannya gan??

Novanda S.T. mengatakan...

aman2 aja,... ganti liner nya terlebih dahulu
cc cuma 120 kok hehe
itu dah manteb gan..

Anonim mengatakan...

klo per kopling, per klep punya apa??
harga brp??
klo pke klep sonic gmn gan enak kaga gan mohon sarannya gan?

Novanda S.T. mengatakan...

kalo klep sonic mending piston juga sonic..
klep standar aja dah bagus tuh, tinggal dibentuk ulang portingnya..

per kopling smash lumayan.. kalau mau aftermarket aja
per klep standar bisa kok hehe

Adjie Yanz mengatakan...

maaf nh om banyak nanya. hehehe..
kalo kampas tiger bs langsung pnp kn ya om? ga ad yg perlu d rubahkan?

Anonim mengatakan...

gan klo seher blitz joy pke klep thunder gmn gan enak apa kaga gan??

Novanda S.T. mengatakan...

@Adjie yanz
bisa langsung.. tapi lebih manteb kampas grand ori nya hehe

@anonim
coba aja hehe
klep standar aja dah bagus kok..

indra arimullah mengatakan...

gan motor gua tossa 100 model supra x , udah gua ganti blok seher dan head supra fit. seher dikasih kaze 200, klep in 28 out 24 karbu pe 26 platuk klepnya udah gua ganti pake platuk loller punya blade . tapi gua binggung bikin noken as buat speak kaya gitu tolong masukannya gan , thanks

Novanda S.T. mengatakan...

@indra arimullah
noken as nya blade standar aja..
pelatuk roller ga bisa kalau noken standar... bentuk nokennya harus gendut..

Anonim mengatakan...

gan klo ke tukang bubut ganti liner brp kira2 gan??

Novanda S.T. mengatakan...

biasanya sih 250 terima jadi.. gatau lagi ya? hehe

doplangdukuhanblog mengatakan...

mas, mau tanya. Cara jetting karbu gimana?
Tanda pj mj minta naik atau turun gimana?
Berarti harus beli spuyer satu satu sampai dapet yg pas ya?

Novanda S.T. mengatakan...

@doplangdukuhanblog
biasanya trial error...
kita tentuin kira2 dlu nomer yg mau di coba..
jadi korban duit buat bli spuyer satu2 hehe
kecuali sudah punya stok, jadi tinggal di coba aja

saya setting karbu reamer an milik saya pilot jet habis 1 set dari 12,5 sampe 25
main jet 85, 90 - 97,5, 105
besok mau beli 110 cz masih kurang wkwk

kalau mesin batuk2 tersendat dan knalpot meledak, sekaligus busi putih ya ada spuyer yg minta naik.. tergantung RPM brapa
kalau rpm bawah ya PJ kalau rpm atas ya MJ

kombinasi nya banyak.. coba sharing kalau mau jetting karbu ulang.. sama mekanik yg sudah sering setting..

emg mau jetting aba bos? saya bantu hehe

Anonim mengatakan...

busi iridium hrg brp???

Novanda S.T. mengatakan...

gtau gan g pernah nyoba.. ktanya sih ga enak tuh kalau ga besar kompresi nya.. kurang pnas jadi cpet mati

saran sih platinum aja maksimal..
standar aja gw udah suka wkwkwk
standar di modif tp :P

«Paling tua ‹Lebih tua   1 – 200 dari 405   Lebih baru› Terbaru»