Jumat, 05 Oktober 2012

Korek Harian Yamaha Jupiter Z 115 cc

Yamaha Jupiter korek harian mirip road race.

1. Klep
Klep menggunakan standar Honda Grand 23mm untuk Klep In dan standar Mio 20mm untuk Klep Out. Panjang Klep nya sama hanya saja memperbesar bos klep nya sebesar 0.5mm. Sitting klep diperdalam 1mm dan didapat jarak ubahan antar klep menjadi 3.5mm. Hal ini bertujuan agar di dapat jarak renggang atau gap yang pas sewaktu noken as di bubut agar bila dibuat overlap, tidak terjadi tabrakan antar klep yang berakibat klep patah/piston bolong dan mbrembet.

2. Porting
Intake port nya di ubah sebesar 22mm dan port out nya 24mm.

3. Noken As
Noken as di grinding dan lift nya menjadi 7.5mm dan dikawal per klep shogun 125 dan ring serta penguncinya tak lupa ganjal 2mm. Pengganjalan ini akan menjaga harmonisasi ritme buka tutup klep sehingga klep tidak floating saat putaran tinggi.

4. Piston Jupiter-Z Oversize 100 dengan diameter 52mm.
Piston ini mampu membengkakkan kapasitas mesin menjadi 114cc. Piston di las untuk ditambah dagingnya agar menyesuaikan kubah ruang bakar yang baru. Rasio kompresi dinaikkan dan piston di coak mengikuti klep dan diperdalam lagi 1mm.

5. Jetting Ulang Pilot Jet dan Main Jet
6. Knalpot Freeflow

50 komentar:

irfan hafis mengatakan...

Mas nmpang nanya, supra fit pke piston sonic, bubut crankase gak mas?
Aman gak d bwa harian?

Novanda S.T. mengatakan...

@irfan hafis
harus,, soalnya liner mesti ganti dan menyesuaikan diameter linernya..
aman buat harian, asal rasio kompresi tidak terlalu besar..

riki oxide mengatakan...

numpang nanya mas, kalo jupiter pake piston kaze os 100 boring bawaan nya masih bisa di pake gak, kalo gk bisa di ganti boring apa, plush bubut crank case juga gak,,

Novanda S.T. mengatakan...

ganti liner aja kalau untuk harian..
ga usah bro, jauh sama lubang crankcase nya kok.. sampe piston 55,25 mm + liner tebal 2 mm masih masuk..

riki oxide mengatakan...

kalo di kasih mentok sampai batas maksimal ukuran likaran crank case di kasih boring apa ya mas,?

Motor saya jupiter burung hantu tahun 2009.

Novanda S.T. mengatakan...

lingkaran crankcase mentok diameter luar liner standar..
coba lihat linernya kan mengecil di tengah.. itu ganti sama liner yg lurus biar bisa masuk piston maksimal 55,25 mm..
ini dah ga memperbesar lingkar crankcase kok..

riki oxide mengatakan...

betul itu mas.. cuma kurang perhatiin ukuran nya. pernah mau ngukur tapi gak punya jangka sorong.

kalo di ganti tinggal ngomong ma tukang bubut nya, ganti liner yang sama ukuran depan sama belakangnya ya mas??

Novanda S.T. mengatakan...

bilangnya tinggal ganti liner untuk ni seker (di bawa sekernya).. bilangin juga kalau ingin liner yang lurus dari liner standar nya.. hehe

Anonim mengatakan...

Klo supra x 100 itu max.diameter seher ny 1mm atau 2mm

Novanda S.T. mengatakan...

diameter piston supra x 100 adalah 50 mm..
untuk liner standar hanya mampu oversize 100 atau 51 mm..
jika ganti boring harus perbesar crankcase jg hehe :D

bisa sampai piston 56 mm tp sisa crankcase tipis dan liner jg tipis haha

mending perbesar crankcase + piston kaze aja hehe
minta di tukang bubut nya :D

riki oxide mengatakan...

mas kalo piston kaze itu mau di dalamin coakan klep nya, apa bisa langsung di dalamin, apa sama dengan jarak coakan standar jupiter z,,


soal nya aku dah bore up kmarin, tp pas aku liat piston nya, wahh,, mekaniknya asal2an ngerjain nya, masa motong ma bikin coakan nya di grenda aja, gk rapi, trus coakan nya besar,. trus dalem banget, ya sama aja bohong pake piston besar tp coakan nya kayak bgitu.

rencana mau aku os lagi, tp ya itu masih ragi masalah coak nya , bisa bantu saya mas??

Novanda S.T. mengatakan...

dilas lagi aja pakai las argon buat nambal.. kan buang2 uang kalau oversize lg..
nanti ngelasnya harus diberi ampas karbit basah di dlm pistonnya biar ga melintir..

setelah tertutup/tertambal silahkan buat lg hehe

riki oxide mengatakan...

orang2 di sini kalo ngerjain yg bginian tuh gk ada yang bisa rapi mas,

gpp kolter lagi, soal nya masih blom berasa kenceng,

mau ganti cdi juga nih kayak nya, spertinya rpm atas nya di limit. kayak gimana gitu rasanya,

pas mau laju tp sperti ada uang narik kebelakang.

Novanda S.T. mengatakan...

ya terserah sampean dah hehe

limit itu cz emg udah limiter rpm kalau nggk spuyer main jet yg kurang gede..
bisa juga gear nya terlalu ringan perbandingannya hehe

riki oxide mengatakan...

rasanya pengen langsung upgrade ke ninja 650 aja nih mas,,

Novanda S.T. mengatakan...

monggo :D
kpan hari ada tuh pnya om nya temen haha
gede bner motor nya haha

rangga setyawan mengatakan...

Mas kalau jupiter z 2004 di oversize piston kaze os 125 ketemu cc berapa? Aman gag buat harian

Novanda S.T. mengatakan...

Jupiter Z pakai piston kaze os 100 bro yang ori kawasaki aja
ketemu 123.7 cc alias masuk kelas 125cc hehe
aman jika ganti boringnya, tergantung cara bawa dan perawatan hehehe

riki oxide mengatakan...

kapan nih ada postingan bore up motor besar, kayak byson gituh.

Novanda S.T. mengatakan...

okee bro, makasih sarannya nih hehe
soalnya mtor cc gede2 bnyak haha

riki oxide mengatakan...

di tunggu link postingan nya mas,

Anonim mengatakan...

Mas kalo jupiter 2001 pake piston kaze os 0 perlu ganti linet atau ga? Buat harian?

Novanda S.T. mengatakan...

ga usah.. tp oli harus yg berkualitas cz boring sisa 1,5 mm an lah..
hehe
aman bersyarat

Anonim mengatakan...

Oh iya mas, mas kalo pake seher tdr 52 mm mentok ga ? Trus kompresi jadi berapa?

Novanda S.T. mengatakan...

pengalaman saya pakai piston tdr noken standar ga enak bro..
piston cepet aus akibat detonasi, malahan stang saya pecah roches nya haha

rasio kompresi yang saya ukur sekitar 11.5 : 1 dan wajib pertamax ke atas..

Anonim mengatakan...

Oh gtu ya mah, jadi lebih enak pake seher apa mas? Jupiter z os 100 atau 150? Ya harian aja mas buat kuliah jarak rumah sampe kampus lumayan:D trus apa perlu porting polish? Trus klep d ganti?

Novanda S.T. mengatakan...

kalau saya sih ga usah bore up aja udah enak kok, tinggal ke kop dan pengapian aja..

kop pakai klep 26/22 juga enak untuk piston standar..
otomatis porting dong..
cdi pakai mio lama juga udah sip kok..

muchamad leo falazqy mengatakan...

Kalo zr pake seher kaze 100 ganti boring ga?

Novanda S.T. mengatakan...

ganti boring..
hehe

riki oxide mengatakan...

udah jadi motor ku mas, ya memang yang kena pasti stang piston nya karna kompresinya naik.

Novanda S.T. mengatakan...

pnya saya jg pernah roches stangnya ambrol.. pecah.. haha

riki oxide mengatakan...

kmarin udah konsultasi ma bengkel, katanaya abis 700 an, ganti stang ma bearing nya,

jupiternya mas pake kampas kopling apa, per nya apa??

punyaku pake kampas NPP , per TDR king, masih aja selip.

Novanda S.T. mengatakan...

mahal bener ya?
stang NPP 100rb an
ongkos ganti 25rb
ga pakek jasa bengkel saya, laher kiri kanan 80rb ori..
sama ganti oli,
total plg mahal 250rb bro

mr.boy mengatakan...

Mas motor saya jupiter z 2005.klo pke seher kaze aman ga buat harian cz tuh motor sering sya pke jln jauh jga...

Novanda S.T. mengatakan...

aman dan tergantung perawatan..

Novanda S.T. mengatakan...

aman dan tergantung perawatan..

riki oxide mengatakan...

gak tau tuh mas, di sini mahal amet.

Ahmad Ussysa mengatakan...

Mas, mo nanya kalo pake seher 53 mm, klo ndak ganti liner apakah aman? Pemakaian buat harian sekitar 75 km, oli pke motul Sae 15.Tolg mas jawabnya yo...Smoga mase selalu diberkahiNya.Amiin

Novanda S.T. mengatakan...

ganti boring.. ga aman banget.. ckck

Noviyan Adi Waluyo mengatakan...

mas mau nanya motor ane vega R 2004.
mau ane pasang boring jupiter dan pke seher ori jupiter oz 100..

berapa ukuran intake dan ex jika di porting??
apa harus ganti ratai keteng beserta gearnya?
total kompresi dapet brapa?
apakah harus membubut crankcase?
dan apakah seher jupiter di profil ulang??

kalo menggunakan karburator standar main dan pilotnya harus di ganti ukurana berapa ya mas.

maap mas bnyak tanya soalnya motor ane dah parah.
hhee

Novanda S.T. mengatakan...

vega r lama ya?
pakai piston jupiter z os 100 ga perlu ganti boring cz sama kok boringnya..
ckup kolter aja dan dome piston dibubut..
bentuk dome dibikin mirip smash, bilang ke tukang bubutnya 'perdalam 2 mm dibikin jenong'
lebarnya 7 mm aja dan coakan klep diperdalam 0.5-1 mm

kompresi bisa sampai 10.5 : 1 bro..

ukuran intake 22 mm dan ex 20 mm sudah enak kok..
rantai keteng dan gear standar
crankcase standar
karbu standar ga bisa dipakek lg, ganti pnya shogun 125 aja hehe

Jhawa G Bastian mengatakan...

Mas novanda motor saya jupiter z th 2006 (bukan burhan) udh pake kopling x1 tapi kurang asik .. harus ganti apa lagi yg ganti nya itu gak terlalu ribet tapi dapet tenaga nya di bawah sma di atas nya .. itu apa aja bahan nya ? Kira2 butuh dana brapa ? Mkasih

Novanda S.T. mengatakan...

kunci performa 4 tak ada pada komponen di kop..
coba noken as aja bro..

Anonim mengatakan...

Om, minta masukan astrea star biar perform buat touring enaknya di gimanain yha...???

ageng sutiono mengatakan...

bos motor saya jupiter tahun 2003 kemaren udaa saya ganti seher kaze ukuran 53mm tingal ganti ukuran klepx aj tpi gak tau ukuranx yg pas kira" pakai klepx ap....

Novanda S.T. mengatakan...

sudah ada postingnya bro..
1. bore up
2. kopling

Novanda S.T. mengatakan...

sekalian 27/23 atau 28/24 mm

Rikriyan Rangga mengatakan...

Mas mau nanya ?
gmana sih caranga nyeting motor vega lama dengan mudah ? atu dengan simple ?

Novanda S.T. mengatakan...

vega lawas itu simple bgt.. sama dg crypton atau jupiter
ckup ganti noken as racing aja dah sip..

Anonim mengatakan...

mas mau tanya?