Jumat, 05 Oktober 2012

Korek Harian Yamaha Jupiter Z 115 cc

Yamaha Jupiter korek harian mirip road race.

1. Klep
Klep menggunakan standar Honda Grand 23mm untuk Klep In dan standar Mio 20mm untuk Klep Out. Panjang Klep nya sama hanya saja memperbesar bos klep nya sebesar 0.5mm. Sitting klep diperdalam 1mm dan didapat jarak ubahan antar klep menjadi 3.5mm. Hal ini bertujuan agar di dapat jarak renggang atau gap yang pas sewaktu noken as di bubut agar bila dibuat overlap, tidak terjadi tabrakan antar klep yang berakibat klep patah/piston bolong dan mbrembet.

2. Porting
Intake port nya di ubah sebesar 22mm dan port out nya 24mm.

3. Noken As
Noken as di grinding dan lift nya menjadi 7.5mm dan dikawal per klep shogun 125 dan ring serta penguncinya tak lupa ganjal 2mm. Pengganjalan ini akan menjaga harmonisasi ritme buka tutup klep sehingga klep tidak floating saat putaran tinggi.

4. Piston Jupiter-Z Oversize 100 dengan diameter 52mm.
Piston ini mampu membengkakkan kapasitas mesin menjadi 114cc. Piston di las untuk ditambah dagingnya agar menyesuaikan kubah ruang bakar yang baru. Rasio kompresi dinaikkan dan piston di coak mengikuti klep dan diperdalam lagi 1mm.

5. Jetting Ulang Pilot Jet dan Main Jet
6. Knalpot Freeflow

21 komentar:

irfan hafis mengatakan...

Mas nmpang nanya, supra fit pke piston sonic, bubut crankase gak mas?
Aman gak d bwa harian?

Novanda S.T. mengatakan...

@irfan hafis
harus,, soalnya liner mesti ganti dan menyesuaikan diameter linernya..
aman buat harian, asal rasio kompresi tidak terlalu besar..

riki oxide mengatakan...

numpang nanya mas, kalo jupiter pake piston kaze os 100 boring bawaan nya masih bisa di pake gak, kalo gk bisa di ganti boring apa, plush bubut crank case juga gak,,

Novanda S.T. mengatakan...

ganti liner aja kalau untuk harian..
ga usah bro, jauh sama lubang crankcase nya kok.. sampe piston 55,25 mm + liner tebal 2 mm masih masuk..

riki oxide mengatakan...

kalo di kasih mentok sampai batas maksimal ukuran likaran crank case di kasih boring apa ya mas,?

Motor saya jupiter burung hantu tahun 2009.

Novanda S.T. mengatakan...

lingkaran crankcase mentok diameter luar liner standar..
coba lihat linernya kan mengecil di tengah.. itu ganti sama liner yg lurus biar bisa masuk piston maksimal 55,25 mm..
ini dah ga memperbesar lingkar crankcase kok..

riki oxide mengatakan...

betul itu mas.. cuma kurang perhatiin ukuran nya. pernah mau ngukur tapi gak punya jangka sorong.

kalo di ganti tinggal ngomong ma tukang bubut nya, ganti liner yang sama ukuran depan sama belakangnya ya mas??

Novanda S.T. mengatakan...

bilangnya tinggal ganti liner untuk ni seker (di bawa sekernya).. bilangin juga kalau ingin liner yang lurus dari liner standar nya.. hehe

Anonim mengatakan...

Klo supra x 100 itu max.diameter seher ny 1mm atau 2mm

Novanda S.T. mengatakan...

diameter piston supra x 100 adalah 50 mm..
untuk liner standar hanya mampu oversize 100 atau 51 mm..
jika ganti boring harus perbesar crankcase jg hehe :D

bisa sampai piston 56 mm tp sisa crankcase tipis dan liner jg tipis haha

mending perbesar crankcase + piston kaze aja hehe
minta di tukang bubut nya :D

riki oxide mengatakan...

mas kalo piston kaze itu mau di dalamin coakan klep nya, apa bisa langsung di dalamin, apa sama dengan jarak coakan standar jupiter z,,


soal nya aku dah bore up kmarin, tp pas aku liat piston nya, wahh,, mekaniknya asal2an ngerjain nya, masa motong ma bikin coakan nya di grenda aja, gk rapi, trus coakan nya besar,. trus dalem banget, ya sama aja bohong pake piston besar tp coakan nya kayak bgitu.

rencana mau aku os lagi, tp ya itu masih ragi masalah coak nya , bisa bantu saya mas??

Novanda S.T. mengatakan...

dilas lagi aja pakai las argon buat nambal.. kan buang2 uang kalau oversize lg..
nanti ngelasnya harus diberi ampas karbit basah di dlm pistonnya biar ga melintir..

setelah tertutup/tertambal silahkan buat lg hehe

riki oxide mengatakan...

orang2 di sini kalo ngerjain yg bginian tuh gk ada yang bisa rapi mas,

gpp kolter lagi, soal nya masih blom berasa kenceng,

mau ganti cdi juga nih kayak nya, spertinya rpm atas nya di limit. kayak gimana gitu rasanya,

pas mau laju tp sperti ada uang narik kebelakang.

Novanda S.T. mengatakan...

ya terserah sampean dah hehe

limit itu cz emg udah limiter rpm kalau nggk spuyer main jet yg kurang gede..
bisa juga gear nya terlalu ringan perbandingannya hehe

riki oxide mengatakan...

rasanya pengen langsung upgrade ke ninja 650 aja nih mas,,

Novanda S.T. mengatakan...

monggo :D
kpan hari ada tuh pnya om nya temen haha
gede bner motor nya haha

rangga setyawan mengatakan...

Mas kalau jupiter z 2004 di oversize piston kaze os 125 ketemu cc berapa? Aman gag buat harian

Novanda S.T. mengatakan...

Jupiter Z pakai piston kaze os 100 bro yang ori kawasaki aja
ketemu 123.7 cc alias masuk kelas 125cc hehe
aman jika ganti boringnya, tergantung cara bawa dan perawatan hehehe

riki oxide mengatakan...

kapan nih ada postingan bore up motor besar, kayak byson gituh.

Novanda S.T. mengatakan...

okee bro, makasih sarannya nih hehe
soalnya mtor cc gede2 bnyak haha

riki oxide mengatakan...

di tunggu link postingan nya mas,