Senin, 21 Januari 2013

Korek Harian Honda Grand 165cc

1. Stroke Vega ZR dengan langkah 57.9mm
Ruang kruk as di crankcase ditata ulang dan pengelasan ulang untuk bandul Vega ZR ini.

2. Piston Honda Sonic oversize 200 dengan diameter 60mm
Piston dikombinasikan dengan kruk as Vega ZR ini mampu membuat volume silinder menjadi 163,7cc, jadi dengan pembulatan cc nya menjadi 165cc.

3. Pompa Oli Jupiter-Z
Dudukan pompa oli ditutup las aluminium dan dipaskan sama pompa oli jupiter. Sekalian merubah tempat dudukan baut tanam, ditutup las alumunium bagian atas geser 3 sampe 4mm, yang bawah geser menjauh skitar 5mm. Alhasil bisa dijejeli boring honda sonic serta pistonya yang da over size 100.

4. Klep Mobil Toyota Camry
diameter klep turut dirombak dan dibenamkan klep mobil toyota camry, payung in dibubut menjadi 29mm dan klep out dibubut menjadi 25mm, batang klep disamakan dengan batang klep standar 5mm, dengan jarak antar klep 4,5mm.

5. Lubang Inlet 25mm & Lubang Outlet 26mm
Lubang dibesarkan menyesuaikan ruang bakar, serta pemakaian manifold honda win costum difusi dengan manifol fu yang sudah porting polish.

6. Karburator PE28 reamer
Karbu nsr sp yang dah kena reamer menjadi 31mm. Main jet 95 pilot jet 45.

7. Magnet standar dibubut
Dibubut hingga sisa 600gr

8. CDI Shogun kebo
CDI yang terkenal unlimiter.

9. Final Gir 15/30
Rasio final gear dibuat sangat berat untuk jalan datar. Kalau final gear berat, power putaran atas akan sangat panjang. Namun hal ini dapat memperberat kerja mesin. Kalau mesin mampu sih malah enak. Untuk tanjakan sebaiknya menggunakan 14/35 (standar) atau 14/33. Opsi lain adalah 15/38 mirip Jupiter (lebih ringan sedikit dari standar).

46 komentar:

Rif moo mengatakan...

harga'y semua'y berapa

Rif moo mengatakan...

berapa abis'y sih

Novanda S.T. mengatakan...

abis 2,5-3,5 juta..tergantung harga part sekarang

rey mengatakan...

gear 15/30 kalo ditanjakkan gak ada tenaganya..
usahakan pake 13/30..jalan datar/ tanjakkan gak ada masalah...

Novanda S.T. mengatakan...

@rey
bener bro..soalnya jalan datar kalo 15/30 hehe

ntar lagi gue tambah data aja dah biar yang baca ga salah..haha
anyway thanx gan!

Sembilan Satu ( IX-1 ) mengatakan...

Kalo soal silindernya gimana tuh gan ? setau ane silinder Grand itu kan kecil :/

Novanda S.T. mengatakan...

@91
nah ya itu bro masalah utama motor C100 honda.. mepet banget hehe
pastinya geser baut tanam dan pasang liner motor yg gede an lg..
crankcase wajib gede lubang nya biar masuk linernya.. hehe

Sembilan Satu ( IX-1 ) mengatakan...

maaf baru bales gan hehe
iya pake Kaze aja udah mepet kali, ( punya temen )
ohiya betul betul .. nah crankcase nya itu di reamer maksudnya ? maaf banyak tanya ane newbie :)

Novanda S.T. mengatakan...

lubang blok/boring yang ada di mesin itu diperlebar sesuai dengan diameter luar boring.. biar masuk gan..
kalau g dibesarkan yah pasti ga bakal masuk blok sama kop mesin haha

TPA FASTABIQUL KHAERAAT KILONGAN mengatakan...

Salam kenal bro,, mo tanya seputar motor Revo lama gua. Gini bro, revo gua kan da aplikasi jup oz 75, karbu sp, koil kawahara, manipol tdr, polish lubang in ex, noken papas. Masalahnya, larinya gak ada perubahan. Kira2 apa lagi yg perlu di set kembali. Trims ea..

Novanda S.T. mengatakan...

@Revo lawas
karbu sp ini shogun SP atau PE28 NSR SP?
semoga karbu shogun sp yak, soalnya kalau pe28 dah ga bagus buat spek motor mu.. mubazir tuh
noken yakin bener n mulus?
soalnya noken kalau bergelombang = gagal
ada yg g bner, monggo di cek lagi.. pasti berubah drastis sekitar 40% lah

Ardy mengatakan...

Salam gan... Gini gan, sy udh ngkutin posting agan yg dulu. Honda grand pake kaze OZ.0,0 , karbu honda win, in sma ex kena porting polish, knalpot racing, sisanya standr. Yg sy mau tnyakn kalo pake krbu rx-king knapa ptran ats buknya teriak malah mberebet. Kalo pake PE, Yg cocok pake ukrn berapa? Soalnya biar tampilnya gahar gitu, hehehe. Kalo masalah larinya udh enakan gas pol rpm trus nambh gk ad matinya, semua bebek standar 135cc kebawah udah lewat, hehehe. Mhon pncerahan nya, sbelum nya terima kasih gan.

Novanda S.T. mengatakan...

soalnya main jet terlalu besar.. ga teriak.. coba main jet pakai punya rx s (#130) atau antara 120 - 130 aja..
untuk pe ga enak sebenarnya.. kalau bner2 maksa pe24 dah maksimal (karbu king 26 mm aja kebesaran)

per kopling coba smash di ganjal 2 mm
kampas kopling ori standar pabrik bisa

Ardy mengatakan...

Ok gan mksh, per kopling smash? Ok deh ntar d coba.

Novanda S.T. mengatakan...

iya.. per kopling nya smash.. tp agak keras tipe nya.. enak lari nya tp ga enak di tangan (kopling tangan) atau kaki kalau standar koplingnya
haha

Novanda S.T. mengatakan...

iya.. per kopling nya smash.. tp agak keras tipe nya.. enak lari nya tp ga enak di tangan (kopling tangan) atau kaki kalau standar koplingnya
haha

Ardy mengatakan...

Ok deh gan, ntar dah skalian plat kopling, soalnya minggu2 ini lg bnyak pngeluarn, hehehe. Kok jd curcol yah? Hahaha. Btw, plat koplingnya yg enak pake apa yah? yg gx trlalu nguras kntong gitu. Hehehe

Novanda S.T. mengatakan...

curcol pun gpp..
asli nya dong.. ckck
kan paling2 45rb 1 set?? haha

Kholif Dian mengatakan...

kalo pake kruk as kawak zx130 gimana, kan strokenya lebih panjang... 59mm kali gak salah.

Novanda S.T. mengatakan...

ya ati2 jebol crankcase nya dan ubahannya siap2 aja dana hehe

Anonim mengatakan...

blok kop.a pake punya apa ? mio kah

Novanda S.T. mengatakan...

kop standar..

syem adrian mengatakan...

gan saya punya grand piston jupiter 100 tapi haed blom di orek minta saran buat orek headnya gan

makasih

Novanda S.T. mengatakan...

itu jupiter z os 100 atau jupiter lama os 100??
kalau jupiter z os 100, klep coba pakai punya jupiter z1 atau klep 26/21 aja..
noken bubut harian, per klep smash..

Supry BMR mengatakan...

Harga kelep new camry kisaran berapa gan?

Novanda S.T. mengatakan...

bisa 180 rb ke atas gan hehe

Brillian mengatakan...

kalo dikasih piston honda sonic, crankcase'nya diganti apa tetep?

Novanda S.T. mengatakan...

standar dibubut bisa hehe

azhar mengatakan...

kalo grand udah pake piston jupiter , apa lagi yang harus di setting gan ?

Novanda S.T. mengatakan...

per kopling smash aja bro
hehe

Anonim mengatakan...

Gan klo per kopling shogun125 sama gak ama per kopling smasg soalnya ada per kopling shogun sp di rumah nganggur di kasi temen gara2 salah beli spare part. gimna tuh sama apa kaga??

Novanda S.T. mengatakan...

sama aja hehe
ganjal ring 2 mm aja biar sip

yosep andaresta mengatakan...

Bang piston kaze ke liner grand Harus gedein lobang crankcase gak
thanks

Novanda S.T. mengatakan...

kalau bisa sih ganti boring dan perbesar crankcase hehe

nando segan mengatakan...

masbos, spek yg bner2 kuat dan tahan banting untuk harian tp ngeblesak gtu .
speknya kira2 apa ia masbos ??
makasi sbelumnya masbos .
:-)

Anonim mengatakan...

Tanya mas
Mesin grand std dibuat harian 130cc
Ngerubah apa saja mas?
Enaknya pakai blok seher apa?
Masih pakai askruk grand

Novanda S.T. mengatakan...

yg bener" tahan ya standar pabrik..
ambil contoh vixion kan kenceng tuh drpd grand karena kelasnya udah beda..

pasti tahan banting tuh..
kalau modif yg mantep ada hitungannya, se-ekstrim apapun itu kalau masih di batas aman tahan kok

Novanda S.T. mengatakan...

130 cc ada kok artikel nya

yuri mengatakan...

Bos maaf sebelum nyaa
Kalau d banda aceh
Mekanik nya kalau krta grand ngk perlu pakek kabru gedek* PE 24. Cma pakek karbu standar aja yg udah di remal
Trus cma pakek klep standar aja :D
Tp lari nya cma 186 cc loo

Kok beda boar up sana sama boar up banda aceh ya :D
Serius aku bilang ni bos


Kasih saran nya yaa

Novanda S.T. mengatakan...

maksud lari nya 186 cc??
bahasa nya salah tuh saya ga paham ckck

grand standar piston 50 mm, optimal klep in adalah 25 mm
karbu yg cocok untuk 100 cc pun cocok pakai 20 mm aja alias karbu standar reamer msh mampu..

beda topik kalau bore up gede" sampai 125 cc, ekstrim >150 cc
penyesuaian banyak sekali bro..

Anonim mengatakan...

maaf broo numpang nanya nokes as nya di modif pa gk terus lubang baut tanam di head nya di geser apa gak

Novanda S.T. mengatakan...

terserah deh bro.. hehe
alangkah baiknya semua disesuaikan smaa motor nya..
hehe

Anonim mengatakan...

Kalo klepnya gde berarti ngrubah derajat klep dong

Novanda S.T. mengatakan...

iya bro hehe

Afif Farid mengatakan...

Bro motor ane mocin udah bore up pake blok jupiter.
Pake piston sonik os 150 keleb sonik askruk supra fit.
Tapi noken masih standart.
Kasih solusi lainnya biar tmbah sip tp buat harian bos.

Novanda S.T. mengatakan...

ya noken as bro..
ganti aja yg racing