Senin, 21 Januari 2013

Korek Harian Honda Grand 165cc

1. Stroke Vega ZR dengan langkah 57.9mm
Ruang kruk as di crankcase ditata ulang dan pengelasan ulang untuk bandul Vega ZR ini.

2. Piston Honda Sonic oversize 200 dengan diameter 60mm
Piston dikombinasikan dengan kruk as Vega ZR ini mampu membuat volume silinder menjadi 163,7cc, jadi dengan pembulatan cc nya menjadi 165cc.

3. Pompa Oli Jupiter-Z
Dudukan pompa oli ditutup las aluminium dan dipaskan sama pompa oli jupiter. Sekalian merubah tempat dudukan baut tanam, ditutup las alumunium bagian atas geser 3 sampe 4mm, yang bawah geser menjauh skitar 5mm. Alhasil bisa dijejeli boring honda sonic serta pistonya yang da over size 100.

4. Klep Mobil Toyota Camry
diameter klep turut dirombak dan dibenamkan klep mobil toyota camry, payung in dibubut menjadi 29mm dan klep out dibubut menjadi 25mm, batang klep disamakan dengan batang klep standar 5mm, dengan jarak antar klep 4,5mm.

5. Lubang Inlet 25mm & Lubang Outlet 26mm
Lubang dibesarkan menyesuaikan ruang bakar, serta pemakaian manifold honda win costum difusi dengan manifol fu yang sudah porting polish.

6. Karburator PE28 reamer
Karbu nsr sp yang dah kena reamer menjadi 31mm. Main jet 95 pilot jet 45.

7. Magnet standar dibubut
Dibubut hingga sisa 600gr

8. CDI Shogun kebo
CDI yang terkenal unlimiter.

9. Final Gir 15/30
Rasio final gear dibuat sangat berat untuk jalan datar. Kalau final gear berat, power putaran atas akan sangat panjang. Namun hal ini dapat memperberat kerja mesin. Kalau mesin mampu sih malah enak. Untuk tanjakan sebaiknya menggunakan 14/35 (standar) atau 14/33. Opsi lain adalah 15/38 mirip Jupiter (lebih ringan sedikit dari standar).

44 komentar:

  1. abis 2,5-3,5 juta..tergantung harga part sekarang

    BalasHapus
  2. gear 15/30 kalo ditanjakkan gak ada tenaganya..
    usahakan pake 13/30..jalan datar/ tanjakkan gak ada masalah...

    BalasHapus
  3. @rey
    bener bro..soalnya jalan datar kalo 15/30 hehe

    ntar lagi gue tambah data aja dah biar yang baca ga salah..haha
    anyway thanx gan!

    BalasHapus
  4. Kalo soal silindernya gimana tuh gan ? setau ane silinder Grand itu kan kecil :/

    BalasHapus
  5. @91
    nah ya itu bro masalah utama motor C100 honda.. mepet banget hehe
    pastinya geser baut tanam dan pasang liner motor yg gede an lg..
    crankcase wajib gede lubang nya biar masuk linernya.. hehe

    BalasHapus
  6. maaf baru bales gan hehe
    iya pake Kaze aja udah mepet kali, ( punya temen )
    ohiya betul betul .. nah crankcase nya itu di reamer maksudnya ? maaf banyak tanya ane newbie :)

    BalasHapus
  7. lubang blok/boring yang ada di mesin itu diperlebar sesuai dengan diameter luar boring.. biar masuk gan..
    kalau g dibesarkan yah pasti ga bakal masuk blok sama kop mesin haha

    BalasHapus
  8. Salam kenal bro,, mo tanya seputar motor Revo lama gua. Gini bro, revo gua kan da aplikasi jup oz 75, karbu sp, koil kawahara, manipol tdr, polish lubang in ex, noken papas. Masalahnya, larinya gak ada perubahan. Kira2 apa lagi yg perlu di set kembali. Trims ea..

    BalasHapus
  9. @Revo lawas
    karbu sp ini shogun SP atau PE28 NSR SP?
    semoga karbu shogun sp yak, soalnya kalau pe28 dah ga bagus buat spek motor mu.. mubazir tuh
    noken yakin bener n mulus?
    soalnya noken kalau bergelombang = gagal
    ada yg g bner, monggo di cek lagi.. pasti berubah drastis sekitar 40% lah

    BalasHapus
  10. Salam gan... Gini gan, sy udh ngkutin posting agan yg dulu. Honda grand pake kaze OZ.0,0 , karbu honda win, in sma ex kena porting polish, knalpot racing, sisanya standr. Yg sy mau tnyakn kalo pake krbu rx-king knapa ptran ats buknya teriak malah mberebet. Kalo pake PE, Yg cocok pake ukrn berapa? Soalnya biar tampilnya gahar gitu, hehehe. Kalo masalah larinya udh enakan gas pol rpm trus nambh gk ad matinya, semua bebek standar 135cc kebawah udah lewat, hehehe. Mhon pncerahan nya, sbelum nya terima kasih gan.

    BalasHapus
  11. soalnya main jet terlalu besar.. ga teriak.. coba main jet pakai punya rx s (#130) atau antara 120 - 130 aja..
    untuk pe ga enak sebenarnya.. kalau bner2 maksa pe24 dah maksimal (karbu king 26 mm aja kebesaran)

    per kopling coba smash di ganjal 2 mm
    kampas kopling ori standar pabrik bisa

    BalasHapus
  12. Ok gan mksh, per kopling smash? Ok deh ntar d coba.

    BalasHapus
  13. iya.. per kopling nya smash.. tp agak keras tipe nya.. enak lari nya tp ga enak di tangan (kopling tangan) atau kaki kalau standar koplingnya
    haha

    BalasHapus
  14. iya.. per kopling nya smash.. tp agak keras tipe nya.. enak lari nya tp ga enak di tangan (kopling tangan) atau kaki kalau standar koplingnya
    haha

    BalasHapus
  15. Ok deh gan, ntar dah skalian plat kopling, soalnya minggu2 ini lg bnyak pngeluarn, hehehe. Kok jd curcol yah? Hahaha. Btw, plat koplingnya yg enak pake apa yah? yg gx trlalu nguras kntong gitu. Hehehe

    BalasHapus
  16. curcol pun gpp..
    asli nya dong.. ckck
    kan paling2 45rb 1 set?? haha

    BalasHapus
  17. kalo pake kruk as kawak zx130 gimana, kan strokenya lebih panjang... 59mm kali gak salah.

    BalasHapus
  18. ya ati2 jebol crankcase nya dan ubahannya siap2 aja dana hehe

    BalasHapus
  19. blok kop.a pake punya apa ? mio kah

    BalasHapus
  20. gan saya punya grand piston jupiter 100 tapi haed blom di orek minta saran buat orek headnya gan

    makasih

    BalasHapus
  21. itu jupiter z os 100 atau jupiter lama os 100??
    kalau jupiter z os 100, klep coba pakai punya jupiter z1 atau klep 26/21 aja..
    noken bubut harian, per klep smash..

    BalasHapus
  22. Harga kelep new camry kisaran berapa gan?

    BalasHapus
  23. kalo dikasih piston honda sonic, crankcase'nya diganti apa tetep?

    BalasHapus
  24. kalo grand udah pake piston jupiter , apa lagi yang harus di setting gan ?

    BalasHapus
  25. per kopling smash aja bro
    hehe

    BalasHapus
  26. Gan klo per kopling shogun125 sama gak ama per kopling smasg soalnya ada per kopling shogun sp di rumah nganggur di kasi temen gara2 salah beli spare part. gimna tuh sama apa kaga??

    BalasHapus
  27. sama aja hehe
    ganjal ring 2 mm aja biar sip

    BalasHapus
  28. Bang piston kaze ke liner grand Harus gedein lobang crankcase gak
    thanks

    BalasHapus
  29. kalau bisa sih ganti boring dan perbesar crankcase hehe

    BalasHapus
  30. masbos, spek yg bner2 kuat dan tahan banting untuk harian tp ngeblesak gtu .
    speknya kira2 apa ia masbos ??
    makasi sbelumnya masbos .
    :-)

    BalasHapus
  31. Tanya mas
    Mesin grand std dibuat harian 130cc
    Ngerubah apa saja mas?
    Enaknya pakai blok seher apa?
    Masih pakai askruk grand

    BalasHapus
  32. yg bener" tahan ya standar pabrik..
    ambil contoh vixion kan kenceng tuh drpd grand karena kelasnya udah beda..

    pasti tahan banting tuh..
    kalau modif yg mantep ada hitungannya, se-ekstrim apapun itu kalau masih di batas aman tahan kok

    BalasHapus
  33. Bos maaf sebelum nyaa
    Kalau d banda aceh
    Mekanik nya kalau krta grand ngk perlu pakek kabru gedek* PE 24. Cma pakek karbu standar aja yg udah di remal
    Trus cma pakek klep standar aja :D
    Tp lari nya cma 186 cc loo

    Kok beda boar up sana sama boar up banda aceh ya :D
    Serius aku bilang ni bos


    Kasih saran nya yaa

    BalasHapus
  34. maksud lari nya 186 cc??
    bahasa nya salah tuh saya ga paham ckck

    grand standar piston 50 mm, optimal klep in adalah 25 mm
    karbu yg cocok untuk 100 cc pun cocok pakai 20 mm aja alias karbu standar reamer msh mampu..

    beda topik kalau bore up gede" sampai 125 cc, ekstrim >150 cc
    penyesuaian banyak sekali bro..

    BalasHapus
  35. maaf broo numpang nanya nokes as nya di modif pa gk terus lubang baut tanam di head nya di geser apa gak

    BalasHapus
  36. terserah deh bro.. hehe
    alangkah baiknya semua disesuaikan smaa motor nya..
    hehe

    BalasHapus
  37. Kalo klepnya gde berarti ngrubah derajat klep dong

    BalasHapus