Minggu, 13 Januari 2013

Korek Harian Yamaha Vega ZR 142cc

1. Klep 23mm (in) 20mm (out) <<std di custom
Klep in dan out dipapas 1mm pada bagian payungnya, batang klep kna potong 0,25mm pada diameter pangkalnya alias katanya itu back cut valve namanya.

Letak klep ditata ulang dengan jarak 3,8mm biar tetep adem mesinya. Lubang inlet melebar 24mm kedalam dengan sudut landai agar aliran campuran bahan bakar plus udara kedalam ruang bakar jadi fokus dan makin deras, lubang outlet melebar 23mm, ruang bakar ditata ulang dengan mengecor head pada squishnya, jadi model bath up walau klep kecil.

2. Piston Kaze Blitz Joy dengan diameter 56mm
Dengan pengecoran kembali, atapnya dibuat dome dengan kompresi aman buat harian. Mantap menghajar isi ruang bakar menjadikan kompresi melonjak. Volume silinder sekarang mencapai 142.6cc.

3. Noken as Custom
Atau untuk praktisnya silahkan beli noken as aftermarket seperti merek CLD, Kawahara, dst.

4. Karburator Standar Reamer
Venturi diubah menjadi 22mm dan skep suzuki tornado pun terbenam menggantikan skep standat vega zr. Jadi masih terlihat standar. Tetapi putaran atasnya dapat dengan sedikit mengorbankan putaran bawahnya.

5. CDI unlimiter
Pengapian cukup ditunjang cdi pnp unlimiter aftermarket, seperti BRT atau Rextor, dll.

6. Koreksi Kerja Kampas Kopling standar
Kopling otomatis atau sentrifugal dibenerin lagi biar ga slip kopling karena motor tidak menggunakan kopling tangan.

7. Final Gear 15/41
Standar nya  15/43 dan diperberat menjadi 15/41. Hal ini untuk memperberat tarikan agar top speed tercapai dan membuat mesin awet karena RPM mesin tidak cepat naik. Namun dengan ubahan diatas, motor ini tetap dapat lari dengan RPM rendah. Berarti motor ini punya kenaikan torsi dan power yang cukup besar dibanding standarnya.

8. Knalpot Custom
Knalpot tinggal dibawa ke ahlinya dan header minta di buat lancar. Atau knalpot aftermarket seperti AHRS, NOB1, dsb.

69 komentar:

Anonim mengatakan...

Bsa dibuat untuk vega r gan?

Novanda S.T. mengatakan...

bisa aja..cuma volume silinder berkisar 133cc aja..
kan langkah kruk as cuma 54mm untuk vega r
vega zr punya langkah 57.9mm

Anonim mengatakan...

kalo punya gue tu gue kasih seker tiger n klap gl ,, tpi malah kmpas nya selip ,, bagaimana om cz pakek kopling tangan ,, ..pakek matahari pula ,, bagaiman agar tidak selip

Novanda S.T. mengatakan...

@anonim
itu mah kalo buat 183cc
biar ga selip coba aja beli kopling tangan TDR yg paket 2 seharga 650rb..
itu sudah ada isinya rumah kopling per..
kalau mau lebih mantab lagi cari house kopling SYS 6 per dan bubut dan beri kampas FR80

dijamin ga selip..
paket kopling TDR ke 2 650rb
rumah kopling SYS 280rb
kampas kopling FR80 150rb
bubut tergantung bengkel bubut nya..

lafi mengatakan...

Brati kalo yg seperti om bicarakan td cuma kopling tangan tanpa rumah kopling sys ga selip ya om ?

Novanda S.T. mengatakan...

@lafi
kalau masih rumah kopling standar ya selip masbro..
coba ganti rumah koplingnya aja ke model per yang masih konvensional...
bisa dengan paket kopling tangan TDR yang seri II seharga 650rb
atau beli rumah koplingnya aja SYS malaysia
atau kanibal part lain aja hehe

achmad fikri mengatakan...

Gw pake bak tdr sama rumah kopling astrea bisa juga ko.. Mtr gua bisa angka 1 malah..

Anonim mengatakan...

Bro Kalau vega r jadi 150cc speknya apa Aja?

Novanda S.T. mengatakan...

@anonim
pakai piston berdiameter 57,25 atau 57,5 mm
atau sekalian piston sonic 58mm jadi 153cc bro

untuk ubahan harus mengimbangi kapasitas mesin ya
1. piston 58 mm → ganti liner
2. klep 28 mm bisa sonic/CS1, berikut per klep nya juga
3. diameter porting turut diperbesar
4. knalpot dimodif, bobok halus n leher yg lebih besar
5. cdi yg kuat pengapiannya, bisa BRT + koil YZ (std aja gpp)
6. kopling harus diakal biar ga selip, bisa ganti rumah kopling model per n dibuat kopling manual
7. rasio gigi agak berat dkit
8. karburator pakai rx king aja, intake manifold Beat atau Mio, dll.

Anonim mengatakan...

Habis brp Kira" bro?

Novanda S.T. mengatakan...

ubahan yg mana? yang di posting atau komentar barusan?
yang di posting 1,5 jutaan
kalau yang barusan di komentar mahal, 3-3,5 juta.. tapi manteb bner n ga main2 haha
jarang rewel tentunya

Anonim mengatakan...

Yg dikomentar itu bisa buat harian kan bro?

Novanda S.T. mengatakan...

ya bisa lah, liat tuh judulnya korek harian
kalau korek balap drag/road race jelas tanggung akibatnya sendiri haha

Anonim mengatakan...

Mas Noval Klau tau Beresnya Gmana Tuh?

Novanda S.T. mengatakan...

maksudnya beresnya gimana?
BeRes = Bengkel Resmi? ya Yamaha
beres = jadi, ya hasilnya mantap kalau yg kerjain sip..

Mochamad Irfan mengatakan...

wahhh bisa di coba nie...
bengkelnya di mana nie bos...

Novanda S.T. mengatakan...

bukan bengkel saya bro..
mending bawa ke bengkel resmi yg mau korek2 mesin.. kalau d Jember bisa mencoba di Citra Motor Yamaha..
hehe

Eko arif Fachrudy mengatakan...

kalo untuk new jupiter z 115 gmn?

Novanda S.T. mengatakan...

basic mesin sama aja.. monggo..

Daniel Gembel mengatakan...

Mas kalo rumah kopling mx masuk gak buat zr..??

Novanda S.T. mengatakan...

ga masuk.. beda.. heehe

Daniar Sasmito mengatakan...

om numpang tanya itu kl d kasih piston 58 besarin mesin tengah gak .
kl tanpa besarin mesin tengah kira2 pakek piston ukuran berapa .

Novanda S.T. mengatakan...

untuk kasusnya Vega ZR dan New Jupiter Z, piston Tiger (63,5 mm) pun masuk aja tanpa perbesar crankcase bro..
lubangnya udah gede kok hehe

Anonim mengatakan...

Aman gk d pkek bwt harian vega new pkek piston kz blitz joy

Novanda S.T. mengatakan...

aman.. tergantung perawatan..

imam rahman mengatakan...

Jadi kepengennnn mas broo...
Bisa abis sekitar 5jutaan ya untuk nambahin cc sama pasang kopling manualnya.. (˘ε˘ƪ)
Di cirebon kira" dimana ya tempatnya... Saya masih blum ngerti mesin,yang ada nanti di upp biayanya..

Novanda S.T. mengatakan...

untuk bore up sperti di atas 2 juta udah kembali banyak kok hehe

Anonim mengatakan...

Mlm gan ,, ane mau konsultasi kopling manual new jupiter z 115 nih ..

Novanda S.T. mengatakan...

knpa bro kopling nya?

masa jaah mengatakan...

Brother ane mau tanya nie klw vega zr pke piston blist joy tpi klep standar gimna?
Klw ubhan klepnya pke grand gimna?
Mohon corat coretnya...

masa jaah mengatakan...

Klw pke klep grand gimna bro..piston blizt joy...

Novanda S.T. mengatakan...

kan sama aja, percuma..
cuma memperbesar batang klep doang..
piston blitz joy pakai klep 28/24 biar nafas panjang.. kalau irit 26/21

Anonim mengatakan...

gan klo batang klep lebih bsr katanya putaran atasya bisa teriak!!

Novanda S.T. mengatakan...

kalau klep nesar putaran atas nya teriak, tp kalau batang klep besar, malah terhambat aliran gas nya..

hehe
yg racing aja batang klep kecil dan payung klep nya yg besar

Anonim mengatakan...

nah 1 more ....
gue mau cari koil yz tpi di daerah gue tu susah cari koil yz ...

nah di rmh gue ada koil mobil enak apa kga klo di pake...
koil nya daihatsu terios

Novanda S.T. mengatakan...

dicoba aja hehe
kelemahannya adalah terlalu besarnya api menyebabkan busi cepat aus hehe

Anonim mengatakan...

alhamdu enak koil mobil dipasang ke shogun sp + karbu king = elektroda busi coklat ke merah2an

Anonim mengatakan...

Mas, mohon pencerahan. Saya hendak memasang karbu mikuni tm24 ke jupiter z burhan, agar rapi tertutup sayap body kira-kira pakai intake manifold jenis / merk apa ya mas? Jadi ntar karbu agar hadap depan. Iya filter udaranya aku pasangin filter racing.

Novanda S.T. mengatakan...

pakai punya mio seingat saya sip bro hehe
kalau kurang tinggi tambah adapter hehe

Anonim mengatakan...

mas mau nnya klo per klep std vega zr di gnti dgn per klep swedia, apa aja yg harus di ubah :D

Novanda S.T. mengatakan...

ga ngubah kok bro..
tp kalau noken standar percuma jadinya hehe

Imam Kusumq mengatakan...

Gan ane mau tnyya nih new jupi ane pke stang seher jup mx seher klx over 100 (59) klep standart yg enk pke klep uk brpe ye?

Novanda S.T. mengatakan...

pakai klep EE aja in 30 mm dan ex pakai 25.5 mm

arief arovah mengatakan...

Bro mau nanya, saya punya Vega ZR tahun 2010 untuk koplingnya saya mau ganti dengan yang menggunakan per tetapi masih kopling automatis, kira-kira apa saja yang di butuhkan? apa mesti beli rumah + bak kopling merk sys? atau tdr atau menggunakan kanpas kopling kharisma? mohon pencerahannya, thanks

Novanda S.T. mengatakan...

ga usah bro... ckup beli rumah kopling per 1 set aja beres..
ga perlu bak kopling dsb..

obie mengatakan...

mtor gua vega zr pakek klap tiger seher SBR up 100
CDI hayperban BRT koil std busi NGK aki nyala bak kopling TDR hous kopling pkek jupiter lama kampas kopling jupi
kok masih selip dan tidak punya tenaga wktu gigi 1 2 3 yang terakhir pda jarak 500 m bru bisa kenceng padahal lintasan drag 201 m gmna bang apa tu pnyebab nya

Novanda S.T. mengatakan...

ada kemungkinan slip akibat per kopling kurang cepat balik maupun kampas udah terbakar..

Frizll Ajh mengatakan...

Mas kalo seher 58 tp klep stdr gmn .. tp sdh di prting polish.. mohon pencerahan'a mas

Novanda S.T. mengatakan...

kurang besar bro.. adanya nafas pendek dan ngelitik..
minimal 28/24 mm

rusti mana mengatakan...

#ask
Novanda kalau vega zr 2009 di bor up trus piston diganti sma kaze ,klep di skir/di papas,noken as custom,karburator keihinPE24,,kira2 vega zr jdi brapa cc ?
Terima kasih

ari noviyanto mengatakan...

Mw tya boz bro .. Gmn craya nmotor standrat vega r mnjdi lbih kncag dn tarikan mantap .. Kn pya aku sdah di buat kopling tangan ..

Novanda S.T. mengatakan...

127.8 cc kalau stroke standar pakai piston kaze..
karbu, porting, noken, klep ga pengaruh ke kapasitas atau cc mesin bro..
tp mendukung aja

Novanda S.T. mengatakan...

maksud saya mendukung performa, bukan cc hehe

Novanda S.T. mengatakan...

kalau ga mau bore up ya maksimal kan yg lain..
kompresi dibuat lbh padat
pengapian pakai racing
noken as durasi tinggi
gearbox close

dah sip bgt

Anonim mengatakan...

om klau noken as cld kwahara brapa om

Anonim mengatakan...

om brapa hrga noken as cld kawahara

Novanda S.T. mengatakan...

mungkin 400 rb bro.. hehe

eghie quinz mengatakan...

Mas sorry nanya bntar :D
Vega saya udh pake kopling manual paketan tdr rumah kopling sys per 6,cdi brt,karbu pe28(kw)(gas sering nyangkut),knalpot nob1..
Masih kaga ada lari nya,mentok topspeed cuma 100
Kan ngebatin :D
vega zr 2009 biar jadi 250cc gmana?
Abis berapa kira kira?
Gausah extreme,malu kaya alay,tampilan standar mas.
Referensi bengkel dong wilayah jaktim.

Novanda S.T. mengatakan...

untuk 250 cc ya harus bore up dan stroke up..
cuma 2 itu aja intinya ke cc mesin..

kalau cm lari 100 kpj mah berarti rasio gir blm berubah :D
blm lagi noken blm berubah dan jg kop blm di ubah sama sekali kan? hehe

Novanda S.T. mengatakan...

kalau bore up aja no stroke up
pakai piston 74 mm dr std 50 mm..
langsung jadi 249.1 cc cm masalahnya baut tusuk mesin ga sanggup lg, hehe

Novanda S.T. mengatakan...

kalau cm stroke aja plg tinggi as kruk dr thailand aja cm mampu katrol 150 cc
jd harus kombinasi keduanya

stroke 5 mm (stroke = 67.9 mm)
bore 68 mm
cc = 246.7 cc

ubah di atas aja bs 1.5 - 2 juta bro..
blm ubah klep, karbu, knalpot, noken,
bs tembus tuh 7 juta

Steven Halim mengatakan...

Bro vega zr saya pke seher karisma oz 50 per klep ganjal ring . Head di korek dikit tapi larinya cuma 90 kpj . Kalo mau naikin jadi 110 kpj gimana ya

Novanda S.T. mengatakan...

spuyer disetting lg bro, knalpot dimodif dkit..

agus mengatakan...

Mas mau tanya ,zr ane dah porting sama papas cylinder 0,6 cm ,akibatnya seher orsi harus di coak dikit biar klep gak nabrak,yang saya tanyain knapa setelah kompresi motor lbh padat tp power saya rasa masih krg? Sempet pakai karbu PE venturi 28 intake mio motor rpm bwh brebet ,saya pakai final gear 15-35.Mohon bantuannya biar motor enak di rpm atas/bwh

Novanda S.T. mengatakan...

memang ga enak pakai pe28 itu bro..
seharusnya kalau hanya memperbesar kompresi mah ga mengurangi power mesin..
kalau porting terlalu besar hanya enak saat gas dibuka besar bro hehe

agus mengatakan...

Ane balikin karbu std om ,, trs final gear enak nya pakai berapa ? 15-35 ,apa depan turun satu angka om ?

Novanda S.T. mengatakan...

dr standar nya maksimal 0.1 hingga 0.2 rasio nya bro
standar nya vega zr 41/15 = 2.733
ubahan ke 2.633 atau mendekati, bisa 39/15 bro..
jelas terlalu berat 15/35 itu jd power mesin serasa ngedrop di gigi 3 dan 4
yah yg depan ganti 14 biar ga terlalu ribet

AZIZ sAlLANI mengatakan...

mas, saya mau tanya,motor saya jupiter burhan,
sehernya nggores(fim 53,4) kalo di lemer ulang pkek seher diatasnya yg aman buat harian apa mas?
terimakasih...

Novanda S.T. mengatakan...

ganti liner yg lbh besar.. piston 54 mm yg diatasnya 53.4 bro..
bisa comot punya kawasaki kaze os 100