Minggu, 13 Januari 2013

Korek Harian Yamaha Vega ZR 142cc

1. Klep 23mm (in) 20mm (out) <<std di custom
Klep in dan out dipapas 1mm pada bagian payungnya, batang klep kna potong 0,25mm pada diameter pangkalnya alias katanya itu back cut valve namanya.

Letak klep ditata ulang dengan jarak 3,8mm biar tetep adem mesinya. Lubang inlet melebar 24mm kedalam dengan sudut landai agar aliran campuran bahan bakar plus udara kedalam ruang bakar jadi fokus dan makin deras, lubang outlet melebar 23mm, ruang bakar ditata ulang dengan mengecor head pada squishnya, jadi model bath up walau klep kecil.

2. Piston Kaze Blitz Joy dengan diameter 56mm
Dengan pengecoran kembali, atapnya dibuat dome dengan kompresi aman buat harian. Mantap menghajar isi ruang bakar menjadikan kompresi melonjak. Volume silinder sekarang mencapai 142.6cc.

3. Noken as Custom
Atau untuk praktisnya silahkan beli noken as aftermarket seperti merek CLD, Kawahara, dst.

4. Karburator Standar Reamer
Venturi diubah menjadi 22mm dan skep suzuki tornado pun terbenam menggantikan skep standat vega zr. Jadi masih terlihat standar. Tetapi putaran atasnya dapat dengan sedikit mengorbankan putaran bawahnya.

5. CDI unlimiter
Pengapian cukup ditunjang cdi pnp unlimiter aftermarket, seperti BRT atau Rextor, dll.

6. Koreksi Kerja Kampas Kopling standar
Kopling otomatis atau sentrifugal dibenerin lagi biar ga slip kopling karena motor tidak menggunakan kopling tangan.

7. Final Gear 15/41
Standar nya  15/43 dan diperberat menjadi 15/41. Hal ini untuk memperberat tarikan agar top speed tercapai dan membuat mesin awet karena RPM mesin tidak cepat naik. Namun dengan ubahan diatas, motor ini tetap dapat lari dengan RPM rendah. Berarti motor ini punya kenaikan torsi dan power yang cukup besar dibanding standarnya.

8. Knalpot Custom
Knalpot tinggal dibawa ke ahlinya dan header minta di buat lancar. Atau knalpot aftermarket seperti AHRS, NOB1, dsb.

45 komentar:

Anonim mengatakan...

Bsa dibuat untuk vega r gan?

Novanda S.T. mengatakan...

bisa aja..cuma volume silinder berkisar 133cc aja..
kan langkah kruk as cuma 54mm untuk vega r
vega zr punya langkah 57.9mm

Anonim mengatakan...

kalo punya gue tu gue kasih seker tiger n klap gl ,, tpi malah kmpas nya selip ,, bagaimana om cz pakek kopling tangan ,, ..pakek matahari pula ,, bagaiman agar tidak selip

Novanda S.T. mengatakan...

@anonim
itu mah kalo buat 183cc
biar ga selip coba aja beli kopling tangan TDR yg paket 2 seharga 650rb..
itu sudah ada isinya rumah kopling per..
kalau mau lebih mantab lagi cari house kopling SYS 6 per dan bubut dan beri kampas FR80

dijamin ga selip..
paket kopling TDR ke 2 650rb
rumah kopling SYS 280rb
kampas kopling FR80 150rb
bubut tergantung bengkel bubut nya..

lafi mengatakan...

Brati kalo yg seperti om bicarakan td cuma kopling tangan tanpa rumah kopling sys ga selip ya om ?

Novanda S.T. mengatakan...

@lafi
kalau masih rumah kopling standar ya selip masbro..
coba ganti rumah koplingnya aja ke model per yang masih konvensional...
bisa dengan paket kopling tangan TDR yang seri II seharga 650rb
atau beli rumah koplingnya aja SYS malaysia
atau kanibal part lain aja hehe

achmad fikri mengatakan...

Gw pake bak tdr sama rumah kopling astrea bisa juga ko.. Mtr gua bisa angka 1 malah..

Anonim mengatakan...

Bro Kalau vega r jadi 150cc speknya apa Aja?

Novanda S.T. mengatakan...

@anonim
pakai piston berdiameter 57,25 atau 57,5 mm
atau sekalian piston sonic 58mm jadi 153cc bro

untuk ubahan harus mengimbangi kapasitas mesin ya
1. piston 58 mm → ganti liner
2. klep 28 mm bisa sonic/CS1, berikut per klep nya juga
3. diameter porting turut diperbesar
4. knalpot dimodif, bobok halus n leher yg lebih besar
5. cdi yg kuat pengapiannya, bisa BRT + koil YZ (std aja gpp)
6. kopling harus diakal biar ga selip, bisa ganti rumah kopling model per n dibuat kopling manual
7. rasio gigi agak berat dkit
8. karburator pakai rx king aja, intake manifold Beat atau Mio, dll.

Anonim mengatakan...

Habis brp Kira" bro?

Novanda S.T. mengatakan...

ubahan yg mana? yang di posting atau komentar barusan?
yang di posting 1,5 jutaan
kalau yang barusan di komentar mahal, 3-3,5 juta.. tapi manteb bner n ga main2 haha
jarang rewel tentunya

Anonim mengatakan...

Yg dikomentar itu bisa buat harian kan bro?

Novanda S.T. mengatakan...

ya bisa lah, liat tuh judulnya korek harian
kalau korek balap drag/road race jelas tanggung akibatnya sendiri haha

Anonim mengatakan...

Mas Noval Klau tau Beresnya Gmana Tuh?

Novanda S.T. mengatakan...

maksudnya beresnya gimana?
BeRes = Bengkel Resmi? ya Yamaha
beres = jadi, ya hasilnya mantap kalau yg kerjain sip..

Mochamad Irfan mengatakan...

wahhh bisa di coba nie...
bengkelnya di mana nie bos...

Novanda S.T. mengatakan...

bukan bengkel saya bro..
mending bawa ke bengkel resmi yg mau korek2 mesin.. kalau d Jember bisa mencoba di Citra Motor Yamaha..
hehe

Eko arif Fachrudy mengatakan...

kalo untuk new jupiter z 115 gmn?

Novanda S.T. mengatakan...

basic mesin sama aja.. monggo..

Daniel Gembel mengatakan...

Mas kalo rumah kopling mx masuk gak buat zr..??

Novanda S.T. mengatakan...

ga masuk.. beda.. heehe

Daniar Sasmito mengatakan...

om numpang tanya itu kl d kasih piston 58 besarin mesin tengah gak .
kl tanpa besarin mesin tengah kira2 pakek piston ukuran berapa .

Novanda S.T. mengatakan...

untuk kasusnya Vega ZR dan New Jupiter Z, piston Tiger (63,5 mm) pun masuk aja tanpa perbesar crankcase bro..
lubangnya udah gede kok hehe

Anonim mengatakan...

Aman gk d pkek bwt harian vega new pkek piston kz blitz joy

Novanda S.T. mengatakan...

aman.. tergantung perawatan..

imam rahman mengatakan...

Jadi kepengennnn mas broo...
Bisa abis sekitar 5jutaan ya untuk nambahin cc sama pasang kopling manualnya.. (˘ε˘ƪ)
Di cirebon kira" dimana ya tempatnya... Saya masih blum ngerti mesin,yang ada nanti di upp biayanya..

Novanda S.T. mengatakan...

untuk bore up sperti di atas 2 juta udah kembali banyak kok hehe

Anonim mengatakan...

Mlm gan ,, ane mau konsultasi kopling manual new jupiter z 115 nih ..

Novanda S.T. mengatakan...

knpa bro kopling nya?

masa jaah mengatakan...

Brother ane mau tanya nie klw vega zr pke piston blist joy tpi klep standar gimna?
Klw ubhan klepnya pke grand gimna?
Mohon corat coretnya...

masa jaah mengatakan...

Klw pke klep grand gimna bro..piston blizt joy...

Novanda S.T. mengatakan...

kan sama aja, percuma..
cuma memperbesar batang klep doang..
piston blitz joy pakai klep 28/24 biar nafas panjang.. kalau irit 26/21

Anonim mengatakan...

gan klo batang klep lebih bsr katanya putaran atasya bisa teriak!!

Novanda S.T. mengatakan...

kalau klep nesar putaran atas nya teriak, tp kalau batang klep besar, malah terhambat aliran gas nya..

hehe
yg racing aja batang klep kecil dan payung klep nya yg besar

Anonim mengatakan...

nah 1 more ....
gue mau cari koil yz tpi di daerah gue tu susah cari koil yz ...

nah di rmh gue ada koil mobil enak apa kga klo di pake...
koil nya daihatsu terios

Novanda S.T. mengatakan...

dicoba aja hehe
kelemahannya adalah terlalu besarnya api menyebabkan busi cepat aus hehe

Anonim mengatakan...

alhamdu enak koil mobil dipasang ke shogun sp + karbu king = elektroda busi coklat ke merah2an

Anonim mengatakan...

Mas, mohon pencerahan. Saya hendak memasang karbu mikuni tm24 ke jupiter z burhan, agar rapi tertutup sayap body kira-kira pakai intake manifold jenis / merk apa ya mas? Jadi ntar karbu agar hadap depan. Iya filter udaranya aku pasangin filter racing.

Novanda S.T. mengatakan...

pakai punya mio seingat saya sip bro hehe
kalau kurang tinggi tambah adapter hehe

Anonim mengatakan...

mas mau nnya klo per klep std vega zr di gnti dgn per klep swedia, apa aja yg harus di ubah :D

Novanda S.T. mengatakan...

ga ngubah kok bro..
tp kalau noken standar percuma jadinya hehe

Imam Kusumq mengatakan...

Gan ane mau tnyya nih new jupi ane pke stang seher jup mx seher klx over 100 (59) klep standart yg enk pke klep uk brpe ye?

Novanda S.T. mengatakan...

pakai klep EE aja in 30 mm dan ex pakai 25.5 mm

arief arovah mengatakan...

Bro mau nanya, saya punya Vega ZR tahun 2010 untuk koplingnya saya mau ganti dengan yang menggunakan per tetapi masih kopling automatis, kira-kira apa saja yang di butuhkan? apa mesti beli rumah + bak kopling merk sys? atau tdr atau menggunakan kanpas kopling kharisma? mohon pencerahannya, thanks

Novanda S.T. mengatakan...

ga usah bro... ckup beli rumah kopling per 1 set aja beres..
ga perlu bak kopling dsb..