Minggu, 13 Januari 2013

Korek Harian Yamaha Vega ZR 142cc

1. Klep 23mm (in) 20mm (out) <<std di custom
Klep in dan out dipapas 1mm pada bagian payungnya, batang klep kna potong 0,25mm pada diameter pangkalnya alias katanya itu back cut valve namanya.

Letak klep ditata ulang dengan jarak 3,8mm biar tetep adem mesinya. Lubang inlet melebar 24mm kedalam dengan sudut landai agar aliran campuran bahan bakar plus udara kedalam ruang bakar jadi fokus dan makin deras, lubang outlet melebar 23mm, ruang bakar ditata ulang dengan mengecor head pada squishnya, jadi model bath up walau klep kecil.

2. Piston Kaze Blitz Joy dengan diameter 56mm
Dengan pengecoran kembali, atapnya dibuat dome dengan kompresi aman buat harian. Mantap menghajar isi ruang bakar menjadikan kompresi melonjak. Volume silinder sekarang mencapai 142.6cc.

3. Noken as Custom
Atau untuk praktisnya silahkan beli noken as aftermarket seperti merek CLD, Kawahara, dst.

4. Karburator Standar Reamer
Venturi diubah menjadi 22mm dan skep suzuki tornado pun terbenam menggantikan skep standat vega zr. Jadi masih terlihat standar. Tetapi putaran atasnya dapat dengan sedikit mengorbankan putaran bawahnya.

5. CDI unlimiter
Pengapian cukup ditunjang cdi pnp unlimiter aftermarket, seperti BRT atau Rextor, dll.

6. Koreksi Kerja Kampas Kopling standar
Kopling otomatis atau sentrifugal dibenerin lagi biar ga slip kopling karena motor tidak menggunakan kopling tangan.

7. Final Gear 15/41
Standar nya  15/43 dan diperberat menjadi 15/41. Hal ini untuk memperberat tarikan agar top speed tercapai dan membuat mesin awet karena RPM mesin tidak cepat naik. Namun dengan ubahan diatas, motor ini tetap dapat lari dengan RPM rendah. Berarti motor ini punya kenaikan torsi dan power yang cukup besar dibanding standarnya.

8. Knalpot Custom
Knalpot tinggal dibawa ke ahlinya dan header minta di buat lancar. Atau knalpot aftermarket seperti AHRS, NOB1, dsb.

63 komentar:

  1. Bsa dibuat untuk vega r gan?

    BalasHapus
  2. bisa aja..cuma volume silinder berkisar 133cc aja..
    kan langkah kruk as cuma 54mm untuk vega r
    vega zr punya langkah 57.9mm

    BalasHapus
  3. kalo punya gue tu gue kasih seker tiger n klap gl ,, tpi malah kmpas nya selip ,, bagaimana om cz pakek kopling tangan ,, ..pakek matahari pula ,, bagaiman agar tidak selip

    BalasHapus
  4. @anonim
    itu mah kalo buat 183cc
    biar ga selip coba aja beli kopling tangan TDR yg paket 2 seharga 650rb..
    itu sudah ada isinya rumah kopling per..
    kalau mau lebih mantab lagi cari house kopling SYS 6 per dan bubut dan beri kampas FR80

    dijamin ga selip..
    paket kopling TDR ke 2 650rb
    rumah kopling SYS 280rb
    kampas kopling FR80 150rb
    bubut tergantung bengkel bubut nya..

    BalasHapus
    Balasan
    1. om klau noken as cld kwahara brapa om

      Hapus
    2. om brapa hrga noken as cld kawahara

      Hapus
  5. Brati kalo yg seperti om bicarakan td cuma kopling tangan tanpa rumah kopling sys ga selip ya om ?

    BalasHapus
  6. @lafi
    kalau masih rumah kopling standar ya selip masbro..
    coba ganti rumah koplingnya aja ke model per yang masih konvensional...
    bisa dengan paket kopling tangan TDR yang seri II seharga 650rb
    atau beli rumah koplingnya aja SYS malaysia
    atau kanibal part lain aja hehe

    BalasHapus
  7. Gw pake bak tdr sama rumah kopling astrea bisa juga ko.. Mtr gua bisa angka 1 malah..

    BalasHapus
  8. Bro Kalau vega r jadi 150cc speknya apa Aja?

    BalasHapus
  9. @anonim
    pakai piston berdiameter 57,25 atau 57,5 mm
    atau sekalian piston sonic 58mm jadi 153cc bro

    untuk ubahan harus mengimbangi kapasitas mesin ya
    1. piston 58 mm → ganti liner
    2. klep 28 mm bisa sonic/CS1, berikut per klep nya juga
    3. diameter porting turut diperbesar
    4. knalpot dimodif, bobok halus n leher yg lebih besar
    5. cdi yg kuat pengapiannya, bisa BRT + koil YZ (std aja gpp)
    6. kopling harus diakal biar ga selip, bisa ganti rumah kopling model per n dibuat kopling manual
    7. rasio gigi agak berat dkit
    8. karburator pakai rx king aja, intake manifold Beat atau Mio, dll.

    BalasHapus
  10. Habis brp Kira" bro?

    BalasHapus
  11. ubahan yg mana? yang di posting atau komentar barusan?
    yang di posting 1,5 jutaan
    kalau yang barusan di komentar mahal, 3-3,5 juta.. tapi manteb bner n ga main2 haha
    jarang rewel tentunya

    BalasHapus
  12. Yg dikomentar itu bisa buat harian kan bro?

    BalasHapus
  13. ya bisa lah, liat tuh judulnya korek harian
    kalau korek balap drag/road race jelas tanggung akibatnya sendiri haha

    BalasHapus
  14. Mas Noval Klau tau Beresnya Gmana Tuh?

    BalasHapus
  15. maksudnya beresnya gimana?
    BeRes = Bengkel Resmi? ya Yamaha
    beres = jadi, ya hasilnya mantap kalau yg kerjain sip..

    BalasHapus
  16. wahhh bisa di coba nie...
    bengkelnya di mana nie bos...

    BalasHapus
  17. bukan bengkel saya bro..
    mending bawa ke bengkel resmi yg mau korek2 mesin.. kalau d Jember bisa mencoba di Citra Motor Yamaha..
    hehe

    BalasHapus
  18. kalo untuk new jupiter z 115 gmn?

    BalasHapus
  19. basic mesin sama aja.. monggo..

    BalasHapus
  20. Mas kalo rumah kopling mx masuk gak buat zr..??

    BalasHapus
  21. om numpang tanya itu kl d kasih piston 58 besarin mesin tengah gak .
    kl tanpa besarin mesin tengah kira2 pakek piston ukuran berapa .

    BalasHapus
  22. untuk kasusnya Vega ZR dan New Jupiter Z, piston Tiger (63,5 mm) pun masuk aja tanpa perbesar crankcase bro..
    lubangnya udah gede kok hehe

    BalasHapus
  23. Aman gk d pkek bwt harian vega new pkek piston kz blitz joy

    BalasHapus
  24. aman.. tergantung perawatan..

    BalasHapus
  25. Jadi kepengennnn mas broo...
    Bisa abis sekitar 5jutaan ya untuk nambahin cc sama pasang kopling manualnya.. (˘ε˘ƪ)
    Di cirebon kira" dimana ya tempatnya... Saya masih blum ngerti mesin,yang ada nanti di upp biayanya..

    BalasHapus
  26. untuk bore up sperti di atas 2 juta udah kembali banyak kok hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mlm gan ,, ane mau konsultasi kopling manual new jupiter z 115 nih ..

      Hapus
  27. Brother ane mau tanya nie klw vega zr pke piston blist joy tpi klep standar gimna?
    Klw ubhan klepnya pke grand gimna?
    Mohon corat coretnya...

    BalasHapus
  28. Klw pke klep grand gimna bro..piston blizt joy...

    BalasHapus
  29. kan sama aja, percuma..
    cuma memperbesar batang klep doang..
    piston blitz joy pakai klep 28/24 biar nafas panjang.. kalau irit 26/21

    BalasHapus
  30. gan klo batang klep lebih bsr katanya putaran atasya bisa teriak!!

    BalasHapus
  31. kalau klep nesar putaran atas nya teriak, tp kalau batang klep besar, malah terhambat aliran gas nya..

    hehe
    yg racing aja batang klep kecil dan payung klep nya yg besar

    BalasHapus
  32. nah 1 more ....
    gue mau cari koil yz tpi di daerah gue tu susah cari koil yz ...

    nah di rmh gue ada koil mobil enak apa kga klo di pake...
    koil nya daihatsu terios

    BalasHapus
  33. dicoba aja hehe
    kelemahannya adalah terlalu besarnya api menyebabkan busi cepat aus hehe

    BalasHapus
  34. alhamdu enak koil mobil dipasang ke shogun sp + karbu king = elektroda busi coklat ke merah2an

    BalasHapus
  35. Mas, mohon pencerahan. Saya hendak memasang karbu mikuni tm24 ke jupiter z burhan, agar rapi tertutup sayap body kira-kira pakai intake manifold jenis / merk apa ya mas? Jadi ntar karbu agar hadap depan. Iya filter udaranya aku pasangin filter racing.

    BalasHapus
  36. pakai punya mio seingat saya sip bro hehe
    kalau kurang tinggi tambah adapter hehe

    BalasHapus
  37. mas mau nnya klo per klep std vega zr di gnti dgn per klep swedia, apa aja yg harus di ubah :D

    BalasHapus
  38. ga ngubah kok bro..
    tp kalau noken standar percuma jadinya hehe

    BalasHapus
  39. Gan ane mau tnyya nih new jupi ane pke stang seher jup mx seher klx over 100 (59) klep standart yg enk pke klep uk brpe ye?

    BalasHapus
  40. pakai klep EE aja in 30 mm dan ex pakai 25.5 mm

    BalasHapus
  41. Bro mau nanya, saya punya Vega ZR tahun 2010 untuk koplingnya saya mau ganti dengan yang menggunakan per tetapi masih kopling automatis, kira-kira apa saja yang di butuhkan? apa mesti beli rumah + bak kopling merk sys? atau tdr atau menggunakan kanpas kopling kharisma? mohon pencerahannya, thanks

    BalasHapus
  42. ga usah bro... ckup beli rumah kopling per 1 set aja beres..
    ga perlu bak kopling dsb..

    BalasHapus
  43. mtor gua vega zr pakek klap tiger seher SBR up 100
    CDI hayperban BRT koil std busi NGK aki nyala bak kopling TDR hous kopling pkek jupiter lama kampas kopling jupi
    kok masih selip dan tidak punya tenaga wktu gigi 1 2 3 yang terakhir pda jarak 500 m bru bisa kenceng padahal lintasan drag 201 m gmna bang apa tu pnyebab nya

    BalasHapus
    Balasan
    1. ada kemungkinan slip akibat per kopling kurang cepat balik maupun kampas udah terbakar..

      Hapus
  44. Mas kalo seher 58 tp klep stdr gmn .. tp sdh di prting polish.. mohon pencerahan'a mas

    BalasHapus
    Balasan
    1. kurang besar bro.. adanya nafas pendek dan ngelitik..
      minimal 28/24 mm

      Hapus
  45. #ask
    Novanda kalau vega zr 2009 di bor up trus piston diganti sma kaze ,klep di skir/di papas,noken as custom,karburator keihinPE24,,kira2 vega zr jdi brapa cc ?
    Terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. 127.8 cc kalau stroke standar pakai piston kaze..
      karbu, porting, noken, klep ga pengaruh ke kapasitas atau cc mesin bro..
      tp mendukung aja

      Hapus
    2. maksud saya mendukung performa, bukan cc hehe

      Hapus
  46. Mw tya boz bro .. Gmn craya nmotor standrat vega r mnjdi lbih kncag dn tarikan mantap .. Kn pya aku sdah di buat kopling tangan ..

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalau ga mau bore up ya maksimal kan yg lain..
      kompresi dibuat lbh padat
      pengapian pakai racing
      noken as durasi tinggi
      gearbox close

      dah sip bgt

      Hapus
  47. Mas sorry nanya bntar :D
    Vega saya udh pake kopling manual paketan tdr rumah kopling sys per 6,cdi brt,karbu pe28(kw)(gas sering nyangkut),knalpot nob1..
    Masih kaga ada lari nya,mentok topspeed cuma 100
    Kan ngebatin :D
    vega zr 2009 biar jadi 250cc gmana?
    Abis berapa kira kira?
    Gausah extreme,malu kaya alay,tampilan standar mas.
    Referensi bengkel dong wilayah jaktim.

    BalasHapus
    Balasan
    1. untuk 250 cc ya harus bore up dan stroke up..
      cuma 2 itu aja intinya ke cc mesin..

      kalau cm lari 100 kpj mah berarti rasio gir blm berubah :D
      blm lagi noken blm berubah dan jg kop blm di ubah sama sekali kan? hehe

      Hapus
    2. kalau bore up aja no stroke up
      pakai piston 74 mm dr std 50 mm..
      langsung jadi 249.1 cc cm masalahnya baut tusuk mesin ga sanggup lg, hehe

      Hapus
    3. kalau cm stroke aja plg tinggi as kruk dr thailand aja cm mampu katrol 150 cc
      jd harus kombinasi keduanya

      stroke 5 mm (stroke = 67.9 mm)
      bore 68 mm
      cc = 246.7 cc

      ubah di atas aja bs 1.5 - 2 juta bro..
      blm ubah klep, karbu, knalpot, noken,
      bs tembus tuh 7 juta

      Hapus
  48. Bro vega zr saya pke seher karisma oz 50 per klep ganjal ring . Head di korek dikit tapi larinya cuma 90 kpj . Kalo mau naikin jadi 110 kpj gimana ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. spuyer disetting lg bro, knalpot dimodif dkit..

      Hapus