Sabtu, 02 Februari 2013

Korek Harian Honda Astrea Star 120cc

1. Piston Standar oz 200 dengan diameter 52mm
Dome dibuat setinggi 1,5mm dengan coak piston untuk klep agar tidak berbenturan. Hasil kompresi pasti lebih besar dari sebelumnya. Pengapian dapat dimundurkan agar tidak terjadi knocking.

2. Kruk as Mocin Solomo dengan stroke 55.5mm
Kruk as Mocin Solomo memiliki panjang naik turun stang piston 55,5 mm, maka didapat kapasitas silinder 117cc. Jika dibulatkan menjadi 120cc.

3. Kalter Kopling Mocin Jialing Bangau
Penggantian kalter bak kanan dengan Mocin Jialing Bangau dimaksudkan untuk memasang pompa oli yang sudah menganut gir dan berputar ikut gir sentrifugal. Jadi tak perlu lagi as penyambung dari gir keteng kamprat ke pompa oli. Lubang kalter untuk silinder blok dicukur hingga ukuran 60,5mm agar dapat dibenamkan blok piston Mocin Bangau.

4. Kopling Manual Tangan
Kopling sentrifugal dilepas dan diganti balancer 800gr. Area kopling diganti model manual dengan kampas kopling Honda Tiger serta penambahan satu buah plat kopling. Per kopling Honda GL Pro yang telah dipotong disesuaikan dengan panjang yang sama dengan pir aslinya agar tidak terjadi slip kopling mubadzir yang menyebabkan terbuangnya tenaga dari ruang bakar.

5. Magnet dibubut menjadi 800gr
Magnet dibubut dan spul dari Honda Grand digulung ulang dengan tahanan yang lebih besar sedikit dari standar. Pengapian dan pengisian nantinya akan dibuat menjadi DC agar suplai listrik lebih stabil.

6. CDI Shogun Kebo dengan tipe pengapian DC
Pengapian dicomot dari Honda Grand full yang sudah digulung ulang dan CDI unlimiter Shogun Kebo.

7. Aki Honda Tiger
Aki Honda Tiger agar suplai listrik tercukupi dan arus yang lebih besar.

8. Porting n Polish
Port polish in dan ex wajib dilakukan guna mempercepat laju masuk keluar bahan bakar dan menambah power di putaran atas.

9. Noken As Custom
Noken as spesial putaran atas bikinan tangan biar nafas tidak cepet habis.

10. Karburator Suzuki Smash Reamer
Karburator Smash dengan skep Suzuki RC100 diameter 19mm. Jadinya dari luar terlihat kesan standarnya.

11. Knalpot Freeflow
Knalpot KW yang dibobok ulang atau merek kualitas biar suara tidak nyempreng.

45 komentar:

Dhymas Dicky mengatakan...

pnginya ni gan..

grand ane pngin ganti piston kaze 200, itu perlu ganti karbu ngga ya?

kalo kaya astreanya agan itu abis berapa tu semua?

mohon di balas gan..
terima kasih ni sebelumya..

:)

Novanda S.T. mengatakan...

@Dhymas Dicky
itu astrea bkn pnya saya..
saya hanya mengulas ulang milik orang..hehe maaf

grand dengan piston kaze oz 200 minim ganti liner juga..karburator minimal venturi 24mm
bisa milik RX-s atau Pe24

Dhymas Dicky mengatakan...

kalo ganti piston kaze oz 200 sama ganti linernya tu abis brp ya? trus sama liner yang cocok pake liner apa tuh?
satu lagi deh gan, karbu rxs yang ori dan KWan kisaran brp ya harganya..?

maklum masih awam ni gan soal daleman mesin..
:)

makasi ni gan sebelumnya...
:)

Novanda S.T. mengatakan...

@Dhymas Dicky
piston nya sendiri kalo merek NPP sekitar 150rb
ganti liner kadang dipatok 200rb
yah 300-350 rb bro..

kalo karbu RX S Kw sih ada yg 100rb, 200rb..

Dhymas Dicky mengatakan...

thanx ni gan atas semua jawabanya.
sangat membantu banget ni..
:):):)

Novanda S.T. mengatakan...

uda beli blum bro?
kalo udah apa sesuai apa nggk?

dan jangan lupa jetting ulang karbu kalau kurang pas settingnya..

Dhymas Dicky mengatakan...

belom ni bro..
hhahahaahah... maklum pelajar, uang ngumpulin dulu..
:)
tapi ane ditawarin tukang bengkel karbu RXS tapi mereknya mokini, apaan tuh gan ? setau ane adanya kan mikuni gan ya.. perlu ane ambil ga tu karbunya..?

mau nanya lagi ni gan..
kalo geser baut tanam tuh yang atas apa yang bawah tuh gan? trus kalo geser baut tanam apa aja ni yang harus di perhatikan? trus ada yang harus di ganti ga tuh..?

Novanda S.T. mengatakan...

wah..harusnya mikuni VM24
kalo mokini takutnya abal2..haha jangan2 ngarang itu orang..

gesernya tergantung mau modif gimana dulu?
kalo ganti blok ya sesuai kan dengan blok nya..

Dhymas Dicky mengatakan...

itu harga karbu mikuni VM24 brp ya?
kga ngarang gan, emang di karbunya begitu tulisane, ane udah ngeliyat sendiri..


iyyaa ane mau modif ganti boring kaze trus pake piston kaze oz 200..
naaaah itu emang mesti ganti blok mesin juga gan? kalo pake blok mesin yang standarnya bisa ngga..?
trus kalo creankasenya di bubut tuh apaya kekuranganya?

Novanda S.T. mengatakan...

@dhimas dicky..
kalo kaze oz 200 ya ganti boring..maksud ganti boring disini adalah liner yang di blok diganti dengan yang lebih besar..
blok ya aslinya hanya liner yang udah gantian..

kalo crank case ya ngikutin liner..digedein atau dibubut..
tidak apa2 kok bro..

Novanda S.T. mengatakan...

haha MOKINI?
palsu gan!

terserah Anda sih..paling kalo RX S asli 400rb an dapet..
hehe

Dhymas Dicky mengatakan...

makanya saya juga aneh ..
gan mau nanya lagi ni..

grand ane blok headnya udah di porting dan polish, nah trus ane pake paking satu lembar punyanya legenda,
gara2 pake paking tersebut, blok rembes oli, tarikan si agak lumayan tapi ko kalo udah 80km ke atas ko ngeden ya padahal sebelumnya kga kaya begitu, 1ookm aja kaga ada ngeden2 sama sekali, trus pernah saya bawa ketangerang 80-100km besoknya berasep gan tapi kalo di bawa normal kaga berasep..

itu kenapa gan ya?
apa kegedean kompresi atau gmn?
mohon bantuanya ni gan..

Novanda S.T. mengatakan...

bukan kegedean kompresi..
kayaknya bocor kompresi malahan..

btw yg blok bawah di kasih threebond/silicon packing ga? kasih aja tipis merata, tunggu kering benar. pasang!

Kalo cuma 1 lembar kayaknya bocor nih?
uda rata belum blok kop sama blok nya? kalo belum silahkan beli ampelas kertas paling halus..taruh di atas kaca
pegang blok nya trus asah deh sampe rata..jangan banyak2 penting rata..

coba packing nya yg paling tebel dulu baru kalo g bocor ganti yg tipisan lagi..

ngebul berasap?? wah2? busi warna apa sekarang? seher baret nggk?

Dhymas Dicky mengatakan...

kaga dikasih begitu2ab gan ama mekaniknya, langsung packnig doang kaga pake lem2 gitu dah..

iya rembes olo gitu pinggiranya,,
waduh bongkar block lagi tu ya, ngeri selek saya baut2nya, udah keseringan di bongkar soalnya..
tapi tar saya coba dah..

iya kalo pagi, tapi udahanya ma ilang gan asepe..
belom bongkar busi si, tar dah coba saya liat..

Novanda S.T. mengatakan...

bingung...kata agan packing 1 lembar?
tapi kok yang bawah ada packing nya?
ga di lem pun tidak apa2 bro..

oalah! baut slek penyebab kompresi bocor ga karuan..
ganti baut tusuk sate atau mur nya (yang slek yg mana itulah yg diganti)

Busi kalo basah oli, brarti cara memasang piston ga beener atau kolter nya miring..bahaya motor agan..
slek bautnya haha

pernah ada kejadian head blok lepas soalnya kompresi kegedean dan baut slek

Dhymas Dicky mengatakan...

iya satu lembar tu yang tengaaah..
naaa di situ rembesnyaa oli gan..

iyaa2..
belom di liat ni gan businya, balik malam mulu si sayanya..
udah keburu cape dan males bongkar2..
hahaha..

wih ada lagi aja itu..
:0
segede apa itu kompresi ampe copot begitu bloke..

Novanda S.T. mengatakan...

mungkin da ga rata ya blok nya?
bongkar aja dulu..
trus pake amplas halus di atas kaca gosok mpe semua bagian rata..
tanda rata nya itu kalau semua sudah jadi sama warnanya..hehe

blok kop sama blok mesin nya ya? jangan salah satu..

Dhymas Dicky mengatakan...

ya bisa jadi tu gan..
rang udah sering bongkar pasang itu blok..
yadah tar saya coba gan..


gan2..
mau nanya lagi nih..
kalo blok mesin supra 125 masuk ke astrea apa kga tu gan..? trus sama harga blok sesetnya berapa ya?

Novanda S.T. mengatakan...

baut tanam nya beda gan..hehe
bisa sih tapi nge rubah nya habis banyak tanpa hasil yang cukup memuaskan..
mending ya ganti liner aja dah..tampilan standar dalam nya gahar! hehe

Dhymas Dicky mengatakan...

wuokeh gan..

gan2..
nanya lagi nih..
kalo ganti piston kaze oz 0 itu klep harus ganti ngga ya? kalo ganti , yang cocok pake punya apa ni?

Novanda S.T. mengatakan...

ga usah gpp..soalnya standar nya udah lebar..
tinggal di halus in aja salurannya..
yg in jgn alus2
yang out kalo bisa sampe mengkilap haha
yg out gosok autosol berulang2 biar sip hehe

Dhymas Dicky mengatakan...

terus ni gan..
karbu dah tu gan, galau abis saya sebenarnya soal karbu.
pingin ganti malah dikasih mekanik yang abal2, kaga ganti tapi bingung harus kaya gmn..
mohon pencerahan ni gan..
mumpung dan udah sedikit ngumpul :)

Novanda S.T. mengatakan...

@Dhymas Dicky
karbu nya dapet imitasi ya?
PE24 kalo g slah ya?
atau VM24 punya RX-s?

coba jetting dulu, yg penting bisa langsam n mantab..
kalau semisal ga maksimal, coba inner kit nya racing..hehe

Dhymas Dicky mengatakan...

karbunya yang mokini itu gan RX-s..

gan saya udah liat businya gan, warna putih tuh tapi agak sedikit geseng tengahnya trus kering lagi..
pingin ganti pilot jet atau main jetnya kga ngatri saya.
hahahah....

tapi karbu standar punya saya udah bermasalah gan makanya saya pingin ganti.udah kaga bisa langsam lagi gitu.

Novanda S.T. mengatakan...

kok maksa mokini gan? ga langsam2 nanti zzzzz
busi nya kalau yg elektroda samping(atas) yg putih pilot jet nya kgde in lagi 1 step sesuai warna nya tadi
kalau yg tengah (dalam) putih main jet nya gede in..

sebaliknya kalau hitam kecil in lagi nomer nya
kalau karbu standar nya error ya mending karbu baru aja hahahaha
tp agan nih tanggung pke karbu imitasi..mending coba Kawahara 24mm cuma 600rb kok hehe
kalau RX s sekitar 400-500rb an asli

dido ari mengatakan...

bro bleh minta n0pe hp.nya gx soalnye ane mau tanya

Novanda S.T. mengatakan...

@dido ari
sms aja dah..
087712410404 XL

Dhymas Dicky mengatakan...

gan..

kalo pake plat kopling tiger tuh berapa si harganya..?

Novanda S.T. mengatakan...

kalo ga salah plat gesek nya 5000 selembar..
itu dah dari Ahass nya sendiri hehe

Anonim mengatakan...

gan klo ganti liner ganti punya apa gan????

Novanda S.T. mengatakan...

ganti liner ya sesuai sama sehernya aja..pasrah in ke tukang bubut..
kalau bisa yang tebel hehe

Anonim mengatakan...

Gan grand ane silindernya cina tp yg lain honda, enaknya pke silinder apa ya? Udah kopling manual, pernah di korting jg

Novanda S.T. mengatakan...

porting itu bro bukan korting.. korting = potongan harga
porting = saluran

ya udah gpp yang penting bisa jalan dlu aja.. pengaruhnya kecil banget kok..
yang penting sisa linernya lebih dari 2mm

Anonim mengatakan...

Salah tulis gan, maksud ane porting,, tp tenaga masih kurang, karbu ane pake karbu honda win, per kopling smash
Harus diapain lg ya biaar bertenaga, makasih gan

Novanda S.T. mengatakan...

pengapian nya.. CDI brt aja biar manteb..
yang lain ga saranin ah.. ckck
rasio kompresi tinggi nggak tuh?
trus jgan ada kebocoran di mesin biar kompresi jadi padat..

Dhymas Dicky mengatakan...

gan..
apa kabar ni..
minal a'idzin wal fa idzin ni gan..
baru bisa ol lagi ni arna menunggu yang gratisan...
hahahahaha...

Novanda S.T. mengatakan...

haha anak kos nih? gratisan Wifi? haha

Anonim mengatakan...

Cdi brt harganya berapa gan?
Kompresi udah tinggi gaa ada kebocoran,

Novanda S.T. mengatakan...

cdi brt bnyak macamnya
saran dualband atau hyperband biar langsung pasang..
500-600rb harganya

kompresi tinggi oktan bahan bakar lebih tinggi, tp tergantung rasio kompresi nya..
sudah di ukur?

Dhymas Dicky mengatakan...

apa kabar gan?
gan2..
ane kalo mau sharing2 lewat hape aja gan ya? bisa kaga?

Novanda S.T. mengatakan...

lwat FB aja bro..
Add Novanda Sukiatmono Tanujaya aja hehe

Xena lauren mengatakan...

Gan tolong bikin postingan korek harian Honda C100 hingga 130 cc donk ! Ane cari di google kagak ade . kirim ke email ane juga boleh , Thank's sebelumnya .
By Xena

Novanda S.T. mengatakan...

wah kalau 130cc nih sedang dipersiapkan di akhir bulan hehe

ucuepozora mengatakan...

gan,kalau honda star di ganti piston juviter standart bisa pa ga

Novanda S.T. mengatakan...

bisa nya Jupiter Z bro..kalau jupiter lama diameter pistonnya lbh kecil hehe