Sabtu, 20 April 2013

Korek Harian RX King

1. Naikkan kompresi
Banyak cara penunggang naikin kompresi, bisa dengan cara dibubut, dll. Untuk standar cukup ganti paking yang lebih tipis.

2. Kepala busi nol resistor
Untuk memperbesar pengapian bisa dengan menggunakan kepala busi (cop busi) nol resistor.

3. Knalpot variasi
Peranti yang satu ini sangat berperan dalam proses induksi dan exhaust. Untuk tambah performa silahkan bawa ke tukang knalpot dan minta dibuat sekatnya berkurang. Kalau ada uang sih mending beli knalpot aftermarket.

4. Katup buluh/Membran (Reed valve)
Adanya di dalam intake (yang menghubungkan karburator ke arah intake blok mesin). Bisa ganti menggunakan katup buluh punya RGR. Murah, paling cuma Rp. 20-30 ribu sepasang. Atau model carbon cuma agak mahalan harganya bisa nyampe Rp.100 ribuan. Lidah reed valvenya (besi melengkung yang nyabang kaya lidah ular) dirapatkan lagi jaraknya agar buka tutup reed valve lebih cepat. Hanya saja kekurangan katup model ini enggak tahan lama paling cuma tiga bulan ujung reed valve biasanya udah pada grepes atau rompal. Kelebihannya cuma lebih lentur aja.

5. Setting ulang karburator
Untuk standar gak perlu di reamer, cukup ganti pilot dan main jetnya aja. Coba aja ganti kedua spuyer tersebut step by step. Misal PJ/MJ standar 22.5/150 naikin 1 step dulu ke 25/155 (biasanya kenaikan ukuran adalah 2.5) kalo masih kurang sip naikin 1 step lagi PJ menjadi 27.5/155. itu udah cukup.

6. Porting polish
Kulit jeruk yang ada di blok mesin dihaluskan agar lebih lancar lagi arus masuk dan buangnya.

16 komentar:

  1. Gua tambahin 1 lagi ya, biar mangkin yahut..cara ini uda pernah gua aplikasiin di motor rx king tahun 90 gua 5 tahun yg lalu buat naikin kompresi korek harian motor gua.lansung ja step
    1.Buka maghnet
    2.Buka tapak dudukan spul
    3.Dan pada tapak dudukan spul buat lubang baru. Kalau yang atas di titik sebelah kanan dari lubang yg sebelumnya di pakai dan yg bawah di titik sebelah kiri dari lubang baut yg sebelumnya di pakai ingat pergeseran searah perputaran jarum jam..
    4.Alat2 yang harus di persiapkan untuk membuat lubang baru di atas mata bor 10 dan 12 cara pengerjaan 1.bor titik yg sudah di tetapkan diatas dgn mata bor 10 sampai tembus 2.bor lagi lubang tersebut dgn mata bor 12 jagan sampai tembus kira kepala baut atau scrup rata dengan tapak spul tersebut dan hasilnya lubang akan sama persis dengan lubang aslinya.
    5.Pasang kembali tapak spulnya dan putar, pasanglah tapak di lubang yg baru di buat di atas, pasang maghnet dan selesai,testing nyalain mesin dan rasakan perbedaan kompresi dari kompresi sebelumnya..1 lgi sesuaikan setingan bahan bakar dengan permintaan mesin anda..alasanya api sudah besar,suplai harus sesui dengan pembakaran..selamat mencoba...

    BalasHapus
  2. itu mah bukan memperbesar rasio kompresi.. tapi memajukan timing pengapian..
    jadi walau kompresi kecil, rasa nya seperti kompresi besar..
    mirip2 tapi kalau pakai cara itu bahan bakar harus mengikuti.. kalau muncul detonasi ya harus pertamax..
    berbeda kalau timing pengapian tetap, rasio kompresi yang naik.. tergantung pembesaran rasio kompresi nya aja.. bisa dilihat minum premium/pertamax nya.. hehe

    BalasHapus
  3. bang terima korek rx-spesial dak ya?

    BalasHapus
  4. maaf bukan bengkel mas.. hanya blogger hehe
    dari data yg ada saya buat supaya mudah membacanya dan mengikuti hehe

    BalasHapus
  5. cukup dengan lubang transfernya di ambil/ di perbesar 1mm kiri dan kanan, sekat pembelah prtingnya di landaikan atau di bikin tajam, pokonya lekukan patahnya itu di landaikan,rumah membran di blok di halskn pk bor amplas, sekat pepmbelahnya di bikin tirus, simetris, bi perbesar 0,5m lobang yg di piston juga di samakan ikurannya, lobang exhaustnya di majukan 1,5 - 2 mm, di bikin 25 -24 mm dri bibir blok,lubang bilasnya juga di landaikan, headnya papas 1mm,cdi ganti pake suzuki rc. koil kharisma, kpl busi kitaco, busi paltinum, jetting ulang..,knalpot bobok terompet, insya allah ngacir.., gir standar aja..,

    BalasHapus
  6. lubang transfernya di perbesar 1mm , ke empat2nya..sekat pemisahnya di landaikan tekukannya klo bgs lagi di bikin kayak mata kampak,pokonya di landaikan,tempat mmbran di poting pk bor amplas,sekatnya dibikin tirus kyk mata kapak, simetris, boleh juga di perbesar,0,5mm jgn lupa lubng d pinton disamakan dg lubng yg d blok,lubang bilasnya di landaikan, lubang exhaust nya di majukan 1 - 2mm memdekati bibir blok, 25-24mm kira2 dr bibir blok, head papas 1mm, cdi suzuki RC, koil kharisma, busi ngk platinum,cop busi kitaco, knalpot bobok,jarum kerbunya ganti pake rx-spesial punya, jetting ulang, insya allah bisa lah buat main2 di jalan, hehehehe,klo mau maksimal, ganti rasio ymaha DT, papas magnet 1mm, gear stdr, membran rg atau rx-z,loncat2 deh

    BalasHapus
  7. bang ane pnya mtr rx k 83
    ad mslh ni am motor ksyngn ane
    suara mesin'y nglotok
    pas ane buka head'y trus ane cek seher'y goyang kiri kanan dari ats head
    trus oli kluar dri jarum stut kopling
    kira" ap'y y bang
    mohon bantuan'y y bang

    BalasHapus
  8. untuk ol;i yg kluar dr stut ya ganti sil nya hehe
    piston pkok ga beret gpp bro hehe
    ya di servis lg aja biar mantep :D

    BalasHapus
  9. Bos klo bkin bandul kruk as rx k brpa titik ??

    BalasHapus
  10. Tarif'y biasa'y brpa y bos ??
    trus klo d pendemin piston 50 enak g tarikan'y bos
    tpi pke membran RGR
    koil yz, cdi standar

    BalasHapus
  11. standar enak kok hehe
    kalau di oversize ya tambah enak lah, wong kapasitas mesin meningkat walau sedikit..
    yang penting sehat bro, meski standar kenceng kok kalau bener hehe

    BalasHapus
  12. Yang gambar paling bawah mah udah di bore up juha tuh. Dan itu bukan bloknya rx king. Copaaas copas. Huh

    BalasHapus
  13. emang gambar dr google bro.. :P
    yg penting isi artikel nya mudah dipahami, gambar itu ilustrasi lah..

    BalasHapus
  14. membran rg harga 20-30rb beli dimana?

    BalasHapus
  15. ya di toko bro.. beli pnya suzuki RG..
    tiap merk pun ga sama harga nya..

    BalasHapus