Jumat, 19 April 2013

Korek Harian Yamaha Vega ZR 130cc

1. Piston Kaze dengan diameter 53 mm
Piston favorit yang kekuatan materialnya masih terjamin, karena kuantitas produksinya kecil. Diameter pistonnya lebih besar di kalangan kapasitas 110 cc yaitu 53 mm. Beli piston set orisinil tak sampai 200 ribu.  Mau lebih murah dan tetap kuat bisa pakai piston kit merk NPP seharga 120 ribu an. Pemasangan cukup membentuk dome piston dan ganti liner agar awet.

Standar Vega ZR yang punya spek 50,0 x 57,9 (bore x stroke) menjadi 113 cc, dengan piston Kaze berdiameter 53 mm menjadi 127 cc. Ada 3 pertimbangan pakai piston Kaze, cc naik, ukuran pin piston sama (13 mm), dan desain panjang piston persis dengan Vega.

2. Karbu standar setting ulang.
Jetting tak banyak bergerak dari 20 pilot-jet dan 112 main-jet.

85 komentar:

Anonim mengatakan...

Hbis berapa itu gan?

Novanda S.T. mengatakan...

kalo seher kaze 1 kit 150rb an
ongkos kolter di tukang bbut 50-80rb
spuyer pilot+main jet 50rb

mungkin kalo ada ongkos bengkel 50-100rb

pukul mahal 350rb aja

Anonim mengatakan...

kalau pake karbu RX 100 gan
lebih enak mana ?

Novanda S.T. mengatakan...

@anonim
terserah aja.. tinggal pasang kok..
atau sekalian karbu rx s venturi 24mm
masih ga boros kok

yayan mengatakan...

kalau gak pake kopling tangan selip gak gan?

Novanda S.T. mengatakan...

@yayan
kalau pake kopling tangan TDR paket 2 yang beserta rumah kopling per ga selip kok.. 850rb/set kalau ga salah hehe
manteb dah..

Anonim mengatakan...

klo noken nya gmna bang???
n panjang seher.x gmna???
apa mesti seher.x di potong lagi...
maav bang bnyak nanya....
colx masih neubi bang....
mohon pencerahan.x bang...

Novanda S.T. mengatakan...

noken standar aja..
panjang piston aman2 aja kok..
tinggal pasang emang bro

muhammad miftah mengatakan...

bang, jenis plat buat bikin reed valve tu apa ya?

Novanda S.T. mengatakan...

plat? kurang tahu kalau bahannya bro..
untuk V-Force serat karbon.. ada juga yang akal2an dari mika plastik tahan panas..

robi herdiansah mengatakan...

punya gw dah coba hasilnya juga oke ngelawan satria fu, di pantatin aja, trgantung bengkelnya juga si.

Novanda S.T. mengatakan...

tergantung yg kerja bro.. hehe
sama joki nya :D

Asv BaNkaiiyy mengatakan...

mau solusi ya donggg
motor saya vega zr...udah ganti piston sama kz os 125 klep jg udah d gdein ,..tp karbu masih standar.. bisa ga ganti mj sama pj.. tp y enak pke ukuran brapa...tau ganti sama rx king ja

Novanda S.T. mengatakan...

karbu king aja.. pakai 17.5/130 hehe
intake manifold bisa pnya mio, fino, beat

Asv BaNkaiiyy mengatakan...

kalo karbu standar bgus nya pake pj/mj brapa boss

Novanda S.T. mengatakan...

anginnya kurang bro.. ga lari ntar motornya :D
ya trial error aja, sya blm nyoba nih

Novanda S.T. mengatakan...

anginnya kurang bro.. ga lari ntar motornya :D
ya trial error aja, sya blm nyoba nih

Asv BaNkaiiyy mengatakan...

saya pake karbu king pakai 22/150 jalan nya berebet..bensin boros bnget...klo pke 17.5/130 bros ga boss

Asv BaNkaiiyy mengatakan...

skalian mau pencerahan lagi bosss
kalo pake seher blitz joy cocok ga bos ?? blitz joy panjang kan bos nahh itu harus kena potong ga pantat nya tau tinggal pasang ja..

Asv BaNkaiiyy mengatakan...

mj 112 buat vega zr ga da bos..itu cocok nya pake apa

Novanda S.T. mengatakan...

ya kebesaran lah pakai standarnya RX king.. harus disesuaikan lg spuyernya.. rata2 17.5/130 dah pas n irit kok
ga brebet n tarikan mantap

piston blitz joy diameter 56mm beda lg bro ubahannya ckck
mj segitu merk2 bro.. hehe

anton mengatakan...

Bos sya pke piston kaze os 25 tp kok piston'a mntok k' kruk as nya ya bos pdahal itu piston'a udah tk potong smpe poll,

Solusi'a gmna bos apa prlu ngubah stroke jga
Klo gnti pston lg yg cocok apa ya bos
Thanks

Novanda S.T. mengatakan...

emang yg di potong mana nya? hehe
ya berarti kurang motongnya bro hehe

grandonk28 mengatakan...

gan lok pistonnya pkek piston sonik overzize 100 gmna gan

Novanda S.T. mengatakan...

ya ganti boring/liner nya
klep pakai 28/24 jg bisa
karbu rx king
knalpot modif
kop modif

fizi mubarok mengatakan...

punyaku mlh slip gan, ni gmna solusinya?

Novanda S.T. mengatakan...

kalau punya dana banyak bisa beli rumah kopling set yang model per merk SYS hehe

kalau ngakal ya pakai diafragma dobel hehe

chulix apri mengatakan...

Bro vega r 2004 ane pengen ane taikin cc nya..speknya
Piston kaze os 50
Klep sonik
Pir Klep Sonic
Noken As custom
Pir Kopling : Smash
Karbu rx s Mikuni VM24
Cdi BRT HB
Koil Blue Thunder
Busi TDR balistic
Knalpot custom
Bbm pertamax
Gmna bro ..?aman gak kohar jakarta bekasi...minta pencerahanya dong bro...

Novanda S.T. mengatakan...

aman bro..
itu pakai piston kaze aja bisa pakai premium kok, ga harus pertamax hehe

chulix apri mengatakan...

Bro minta tambahan kritikan dan saran dong bro.. Supaya makin yahuudd buat kohar..jakarta bekasi..hehehe

Novanda S.T. mengatakan...

itu kalau noken as digarap benar, perlu diukur menggunakan dial durasi nya..
kompresi dinamis perlu ditingkatkan lg bro, menurut saya kurang padet kompresi nya..
kalau noken standar langsung sip

chulix apri mengatakan...

Oh...gtu bro makasih broo...kalo diadu samaa satria fu(standar) gmna bro..? Kasih pendapat bro.?

Novanda S.T. mengatakan...

haha ya jelas bgt kurang..
udah segitu aja, yg penting ga ketinggalan..
ma Tiger ngejar kok, kalau ma FU mungkin msh ketinggalan

ipank street mengatakan...

gan mau tanaya nih #newbie
vega r saya masih standar, mau sy ovsize pke seher kz 100
itu yg hrus dgnti/dirubah apa aja y, klo pke kz 50 jga gmna
mohon pencerahannya gan

Novanda S.T. mengatakan...

kaze os 50 = 53.5 mm
gpp kok cuma mesin rawan panas karena sisa liner hanya 1.45 mm aja

klep jg diperbesar

Anonim mengatakan...

Masbro. Mohon bantuannya, vega zr mau kohar pake seher 53. Biar aman buat touring jarak jauh, apa aj yang harus di rubah ya?

Novanda S.T. mengatakan...

aman..
piston kaze bisa..
ganti boring/liner yg lbh tebal agar awet..
setting spuyer

Lordaemonz mengatakan...

nanya dong masbro, vega r new standar pake karbu rx100 kok ngempos ya. itu pj dan mj nya cocoknya pake yg berapa? and belinya dimana :D , bawaan karbunya gede soalnya. dimotor satunya enak2x aja nih karbu, sama saran manifol yang cocok biar miring ke kanan. thanks bro

Novanda S.T. mengatakan...

ya cek warna busi nya dlu, biar jelas hehe
manifold miring ke kiri saja, dilas cz beli ga ada.. plg2 variasi bro

Anonim mengatakan...

gan ane mau naikin pake kaze, tapi boringan masih bawaan...
itu bisa sampe kaze berapa gan?
motor ane vega zr 2010..
mohon pencerahan nya ya??
makasih gan...

Novanda S.T. mengatakan...

harus ganti boring lah bro.. ganti yg lbh besar..
vega zr yg tebal aluminium nya, boringnya mah sedikit..
terserah minta nya sampai berapa yg penting boring ganti

Anonim mengatakan...

tapi ane liat postingan di atas gk ada di suruh ganti boringan gan...

Novanda S.T. mengatakan...

ya udah saya revisi saja biar ga salah pham buat yg lain hehe

ganti boring kalau cm piston 53 54 mah ckup 100 rb an
ga mahal kok, kalau dipaksa ga ganti boring jg bisa kok hehe

Anonim mengatakan...

Thanks gan info nya, semoga sabtu motor ane gk ada kendala ya gan...

Muhamad Sofyan mengatakan...

Vega zr ane mw pake seher kaze pegoh,apa yg harus d'ganti yh bro biar tmbah mantep

Novanda S.T. mengatakan...

klep diperbesar.. noken as costum

Marco Steven Panggo mengatakan...

om, saya juga mau tanya kalo boleh
motor saya vega zr, piston pake kaze os 150
terus kalo di bawa itu brebet, enaknya pj/mj nya berapa yah om ? makasih sebelumnya

Novanda S.T. mengatakan...

karburator pakai apa? pj mj berapa skrng?

ada baiknya ganti karbu yg lebih besar atau karbu std di reamer..
kalau ga direamer bisa pj 20 mj 115 - 120

./Nandoe mengatakan...

VegaZR ane piston Kaze ov 50, klep nya pake 25/22, karbu pe 24(stndart pj/mj nya 35/110) larinya kurang cmiw. enaknya kasih pj/mj brp ?

Novanda S.T. mengatakan...

lah sekarang busi warna apa elektroda nya?
pj mj ga bisa ditentukan ngawur

Anonim mengatakan...

Bro! Mau tanya? Zr 127 cc, enaknya pakai klep ukuran berapa?

Novanda S.T. mengatakan...

127 cc piston 53 mm ya?
27/23 mm sudah optimal kok..

Eka Meilandi mengatakan...

Gan, vega zr gua masih standar semua kalau pake piston kaze 53mm doang Nantinya bakal ada masalah gak? Tolong di bantu gan

Novanda S.T. mengatakan...

liner aja diganti yg lebih besar biar ga bermasalah hehe

Eka Meilandi mengatakan...

Liner nya pake kaze? Ukuran nya berapa gan. Apa liner kaze standar gak usah di rubah lagi?
Makasih gan :)

Novanda S.T. mengatakan...

liner mah terserah apa kata tkg bubut.. mantap yg bikinan biar sip..
terus di kolter menyesuaikan piston

ade sumarna mengatakan...

Om motor sayah vega zr seher udah. Diganti pake seher ori os 50 tapi mesin cepet panas apayah yah om yang harus di ganti.

Novanda S.T. mengatakan...

apa pelumas sudah sesuai volume nya?
apa setting karbu sudah sesuai dg permintaan mesin?
silahkan dicek dan disetel ulang.. cek bisa lewat warna elektroda busi

Mamiek Prakoso mengatakan...

Bang vega zr ane pake karbu reamer. Nah klo jalan abis nutup gas trs d bukaan gas pertama pasti ngegrandet. Minta solusinya bang ap yg hrs d benerin

Novanda S.T. mengatakan...

reamer nya nggk pas mgkn.
biasa nya terlalu kaya setting nya

Taufik Jauhari mengatakan...

bro mau tanya vega zr saya mesin standar gear kit standar, karbu pake keihin pe26 spuyer: 42/112 .
di gigi 4 nya ngga naek knp ya bro?
klo saya kasih piston kz ngaruh ngga bro ke top speed di gigi 4 nya
maaf ya bro mohon pencerahan nya
oh iya klo ganti piston kaze apa aja yg harus di bubut dan di ganti bro
makasih

Novanda S.T. mengatakan...

belum pernah nemu pe 26 aku.
adanya pe 24 dan 28
sedangkan 26 adalah keihin pwl 26
ada juga mikuni vm 26

top speed nggk berubah kalau rasio gir nggk diubah.
piston kaze ya menyesuaikan coak an klep nya dan panjang piston

wahid gunawan mengatakan...

bang numpang tanya.
vega zr baru di reamer. tapi kok ga ada tenaga ya. kalo di gas kaya ada suara benturan keras dibagian blok headnya. itu knapa y bang?.

Novanda S.T. mengatakan...

setelan spuyer dah bner? reamer an dah enak? ckck

Che 182 mengatakan...

Bang saya mau tanya, kalau vario 110 piston kaze 50, knalpot bobokan, roller 10 dan standar, cvt 2000 rpm, bapusnya pake pj dan mj yg ukuran berapa ya??? Mohon di jawab.!! Thank's,.!!!

Novanda S.T. mengatakan...

karbu standar?
pj kira" naik ke 38 dan main jet naik bnyak. mgkn 110 sampai 115

Mark Kevin mengatakan...

Agan novanda mau tanya..
Motor saya vega r new 2007
Sudah ganti piston kaze os 100
Klep dan noken masih standar
Intake hanya di perhalus..
Exhaust di perbesar sesuai ukuran klep out..
Karbu reamer 20mm pj 20 / mj 105
Yang mau saya tanyakan..
Apakah harus papas piston agar lebih jenong dan bikin coakan klep baru..
Terus masalah speed agak nahan di putaran atas..
Pernah dipaksa pool gass..
Gigi 1 30
Gigi 2 60
Gigi 3 105
Gigi 4 belum pernah keliatan coz track abis..
Menurut agan gmn untuk lari seperti itu apakah sudah cukup.. Untuk harian sih..
Dan sudah open filter.. Tq

Novanda S.T. mengatakan...

ya gitu deh kalau klep standar di paksa piston gedean dr standar.
bukan nahan dkit, tapi terlalu nahan hehe
bisa di akal lewat noken as modif tp ya kurang mantep aja masih.
pasti modif kem juga coak piston lbh dalam.

Mark Kevin mengatakan...

Terus gan.. Kalau ganti klep shogun mesti rubah sudut kan ya..
Jadi gini kan.. Karbu reamer saya kalau di pasang ke box filter jadi susah setting.. Trus gas gk mau mati walaupun stelan lamsam dah di kendor..
Kalau pake karbu bawaan vm17
Pj/MJ berapa gan..
Knalpot satria fu standar..
Tq

Novanda S.T. mengatakan...

reamer nya bocor brarti itu hehe
jelas susah kalau pakai box. kecekik udara nya.
karbu standar jelas kurang lah masih.
kira" pj naik 1 step, main jet bisa 4 step.
alias 20 dan 115
tp tetap belum tentu cz menyesuaikan setting mesin

Mark Kevin mengatakan...

Pakai klep shogun harus rubah sudut atau rubah seating klep nya gan..
Knalpot yg saya pakai sih standar fu thai gan..
Males pake free flow di uber polisi bulan lalu.. Hahahhha
Pj 20 mj 110 gmn gan..? Trus bukaan angin brp putaran..tq gan

Novanda S.T. mengatakan...

pasti jadi nya angin2 minta nutup rapat cz terlalu bnyak bensin yg masuk.
pj standar saja, mj yg gede an..
ga masalah pakai knalpot FU kok..

Mark Kevin mengatakan...

Waduh.. Jadi enak nya gmn gan..
Ane pake pj 20 mj 10.7,5 cari yg 110 pada kosong..
Ane masih pake box filter nya gan.. Hanya filter nya copot..
Karbu standar aj..
Niat nya sih karbu mau di reamer tapi bingung skep sama jrum skep pake apa ya..

Novanda S.T. mengatakan...

jangan di reamer. ngaco kalau nggk bener
hehe
ya biar saja sih.
mslah spuyer sbnarnya yg pegang motor yg lebih merasakan. saya cuma mengira" di sini

Mark Kevin mengatakan...

Sorry bro..
Noken as k2 biaa di pakai di klep standar nya..? Klep 23/20 standar
Dan per kopling pakai punya apa jika bisa..
Apa lebih baik ganti punya shogun klep nya dan di perdalam seating nya gan..

Mark Kevin mengatakan...

Hahahahah. Gan ane dah test pake pj 20 mj 110 angin buka 1 1/4
Atas nya ngisi terus..
Tapi rpm bawah nya lambat turun itu kenapa ya..

Novanda S.T. mengatakan...

setahu saya mepet hampir nabrak bro kalau klep standar.
sebaiknya jangan.
hehe
per kopling mah selama punya motor km enak aja. merk CLD gitu dah

Novanda S.T. mengatakan...

ganti klep shogun dan dipendam hasilnya malah ngaco.
kalau mau enak ubah sudut memang.
hehe
lambat turun karena masih bnyak bahan bakar yg terbuang.

Mark Kevin mengatakan...

Jadi enak nya gmn bro..
Pa harus turun pj mj nya
Busi hitam tapi tidak basah..
Minta solusi bro..

Novanda S.T. mengatakan...

ya pasti hitam kering kalau terlalu kaya bensin yg masuk.
kalau basah tuh oli hehe
pj standar saja, biar mj 110 gpp.

Mark Kevin mengatakan...

Tq alot gan..
Sorry banyak tanya.. Hehehe

Mark Kevin mengatakan...

Om novanda mau tanya lagi donk..
Noken as di papas pantat 1 mm..
Suara klep jadi berisik ya katanya..
Soal nya celah klep di renggang dari standar pabrik..
Trus untuk per pake apa ya.. Kalo klep standar tapi noken papas 1mm..
Niat mau papas sih.. heheheh

Novanda S.T. mengatakan...

aku papas 3-5 mm pun ga berisik bro..
soalnya kenapa? aku kerja papas noken nya didial ulang dan dibikin sampe naiknya seperti noken as pabrikan.
jadi setelan klep bisa rapat.
kalau ga bisa setel rapat ya berisik hasil nya..

Mark Kevin mengatakan...

Oh.. Berarti om lobe lift nya tetap bawaan pabrik Y..
Misal nya gan saya mau
1. Papas noken
2. Papas head 0.5
3. Piston kaze 100 coak klep di perdalam 1mm..
4. Klep standar dan per standar

Yg saya mau tanyakan..
Jika klep celah nya sesuai pabrik untuk vega r in 0.08 ex 0.10
Tidak di rubah celah klep nya apakah akan mentok klep nya..
Secara kalau noken di papas otomatis bukaan klep lebih tinggikan ya..

Novanda S.T. mengatakan...

untuk celah klep itu tergantung modifan noken nya..
dan untuk mentok klep ke piston nggk nya tergantng coakan klep di piston nya.. ya jgn cm 1 mm kalau papas nokennya bnyak..