Minggu, 01 September 2013

Korek Harian Yamaha Jupiter 115 cc

1. Piston TDR dengan diameter 52 mm
Piston jenong untuk memberikan torsi dan power. Deck clearance piston dibuat 1 mm. Rasio kompresi 11.5 : 1 agar torsi besar. Blok mesin standar di kolter maksimum diameter piston 52 mm. Ring piston menggunakan Jupiter Z oversize 100. Ditambah paking aluminium setebal 2 mm dengan selembar paking kertas. Bahan bakar saya mencoba premium + gas hidrogen dari HCS. Ketika menggunakan Pertamax langsung terasa power mesinnya.
piston TDR Jupiter 52 mm
2. Karburator standar reamer
Karburator bawaan motor VM16 di reamer ekstrim menggunakan skep GL100 dengan cutaway dibuat 4.0 dan tinggi skep 27.5 mm menyerupai standar. Jetting mengguunakan 20 untuk PJ dan 105 untuk MJ. Jarum skep ada di nomer 4 dari atas.
karburator VM16 reamer
3. Leher knalpot tipe lurus
Knalpot anti bobok alias standar, namun leher diperbesar dan menggunakan model lurus. Suara standar namun putaran atas semakin ganas.
leher knalpot tipe lurus
4. CDI dan Koil Mio
Menggunakan CDI Mio lawas 5TL dan koil Mio agar putaran mesin di limit di 12.500 rpm. Tujuan mesin awet dan semakin responsif karena api busi dan kurva pengapian Mio lama sangat kuat. Tak heran di arena drag banyak Jupiter menggunakan CDI Mio lama. CDI Fino Thailand juga lebih baik dari CDI Mio dengan kode 5VV. Bisa dijadikan alternatif.
CDI dan Koil Yamaha Mio lawas
5. Kopling Manual
Bak kopling menggunakan part OEM pabrikan yang sudah dicostum oleh pabrikan lain. Jadi saya beli jadi seharga 300rb/set. Kualitas lumayan dan tinggal pasang. Untuk kopling sentrifugal (kopling ganda) saya menggunakan balancer 1200 gram.
kopling manual Jupiter
6. Per kopling Satria FU
Untuk per kopling tidak lagi menggunakan teknik ganjal ring. Per kopling menggunakan milik Satria FU original pabrik. Harganya murah, 4 biji hanya 10rb saja. Untuk ketahanan masih belum tahu. Yang pasti setelah menggunakan per kopling ini, tarikan motor sangat terasa.
per kopling FU
cirinya ada cat putih
7. Packing aluminium
Blok harus ditambah panjang nya. Caranya ialah dengan menggunakan paking aluminium setebal 2 mm. Atau gunakan saja blok Jupiter Z karena lebih panjang. Kalau menggunakan paking aluminium, rantai standar masih dapat digunakan, namun tensioner menjadi sangat keras. Kalau menggunakan keteng Jupiter Z, harus rombak gigi sentrik dan beli rantai Jupiter Z. Cara ini lebih aman namun merogoh dana lebih.
paking aluminium
8. HydroCarbon Crank System (HCS)
Menggunakan HCS sebagai penambah suplai bahan bakar, yaitu gas hidrogen, agar konsumsi bahan bakar menjadi irit. Putaran bawah semakin responsif dan busi menjadi berwarna merah bata bersih tanda pembakaran kian sempurna.
HCS di motor Jupiter ku
9. Ground Strap
Penggunaan ground strap di kabel busi mampu meningkatkan percikan api busi. Pembakaran semakin fokus dan kuat, sehingga power mesin lebih naik lagi.
lilitan ground strap
10. Spul Gulungan
Spul asli sudah terbakar sehingga harus ganti dengan yang baru. Saya lebih memilih menggulung ulang menggunakan kawat email ukuran 0.7 mm seharga 30.000 rupiah. Sisa kawat masih ada untuk membuat ground strap koil.
spul gulungan ulang

83 komentar:

Anonim mengatakan...

numpang tnya nih mas bro , motor ane cypton 2001 ....
klo misal pke sistem hcs itu apa bisa ? dan kira2 hrga partnya brp ..??

trima ksih

Novanda S.T. mengatakan...

bisa banget dong.. nih ilmu berawal dari coba2 di Yamaha Crypton kok..
untuk semua motor bisa kok, kecuali injeksi hehe

untuk harga part, dapat di beli di HCS deHari.. produk Jogja dan Jakarta..
120rb sepaket..
tp kalau buat sendiri lebih murah..
1. tabung reservoir Katana 20rb, atau botol yg kuat.. skema ada d blog saya satunya http://freecharz.blogspot.com
2. selang tahan panas/selang bensin 10rb/biji.. butuh 2 jd 20rb
3. pipa kuningan di toko AC, beli 1,5m ckup, cuma 18rb
4. modif intake manifold atau pakai T cabang selang AIS nya.. 10rb ckup

total sma ongkos kalau ada 75rb aja haha
tambah kalau mau gampang etanol 1 liter 40rb, ckup untuk 2 bulan kok..

hasil nanti untuk crypton, 1 liter bbm bisa sampai 70km kok..
memang irit banget asal rpm ga sampai 5rb atau jalan 40-60kpj aja

Budi Amboey mengatakan...

ijin tanya mas bro,, ane pke crypton, skrng udah gnti seher jupiter z new, kampas pnya f1zr, sma karbu rx z,, knalpot msih standar!! krena ngga ska berisik mkany msih brthan dengan standar,, klu ane ngikutin ganti leher dengan diameter yg lbih besar,, ngaruh ngga k tenaga dngan spek msin yg udah ane rubah!! kra2 ongkosny abis brpa?? kbetulan lhernya udah dpet yg diameterny besar!! hehehe.. mksih mas bro sbelumnya...

Novanda S.T. mengatakan...

30rb aja kok ganti leher..
suara tetap halus standar, putaran atas sip banget dah.. hehe
karbu setting lagi aja y? hehe
kok piston jupiter Z new? 50 mm alias piston standar os 100
mending piston Jupiter Z os 100 dg diameter 52 mm..

Richard Liminata mengatakan...

balancer pengganti kopling gandanya beli dimana om?

Novanda S.T. mengatakan...

ya tinggal bikin aja.. berat 1.2 kg.. atau las aja kampas gandanya..

Novanda S.T. mengatakan...

ya tinggal bikin aja.. berat 1.2 kg.. atau las aja kampas gandanya..

wahyudi zuliyanto mengatakan...

mas gulu banyak knalpotnya itu belinya di mana.apakah toko" di sikitar kita menjualnya mas.dan jupiter z 115 dengan piston di oversize 100 apakah aman buat harian.mohon infonya mas

Novanda S.T. mengatakan...

piston oversize 100 mah msh aman..
sampai 200 pun jg bisa..
ada kok d toko yamaha resmi.. kalau ga ada inden dlu

wahyudi zuliyanto mengatakan...

mas kalo jupiter z pistonnya udah di oversize 100.apakah harus ganti blok silindermya (bureng) atau pakai bawaan motor saja...? + perlu ganti per ama klepnya gak...?mohon infonya mas.

Novanda S.T. mengatakan...

ga perlu.. msh tebal kok

wahyudi zuliyanto mengatakan...

mas novanda s.t kira" harga blok silinder (bureng) yang baru ori yamaha harganya kisaran brapa...? dan berapa hari proses inreyen motor setelah di oversize 100.mohon infonya mas...?

Novanda S.T. mengatakan...

wah krg tau jg ya.. kira2 150rb untuk Jupiter Z hehe
ori mah ga ada kyk nya..
kalau oversize ga perlu ganti boring..
kalau reyen kira" sampai 2000 km aja hehe

wahyudi zuliyanto mengatakan...

mas novanda.apakah knalpot standar cumak gede'in leher knalpotnya.aja.apa kagak ganduli tu motor setelah oversize...?

Novanda S.T. mengatakan...

klau mau dibuang sekatnya jg lbh enak bro, tp polisi jd lbh mudah ngincer dr suara knalpot mu hehe
kembali ke pemilik motor aja mau nggk hehe

wahyudi zuliyanto mengatakan...

kalo packing alumuniumnya belinya dari mna mas dan harganya brapa...?

Novanda S.T. mengatakan...

bikin d tukang aluminium.. saya byar 50rb tebal 2 mm

wahyudi zuliyanto mengatakan...

tapi.kalo knalpot stanadart hanya di gedein leher angsanya . truz piston d os.100 mas. buat harian knalpot itu gpp...? soalnya kalau gaanti knalpot freeflow(jeblongan).malu ama tetangga...?tolong sarannya.makasih.

Novanda S.T. mengatakan...

ganti leher angsa aja bs kok bro, cm lbh maksimal silencer nya dibobok halus..
ga keras kok suaranya, beda sama knalpot freeflow

wahyudi zuliyanto mengatakan...

mas kalo jupiter z pake piston kaze std.bsa buat harian p gak dan harus ganti blok silinder (boring)pa gak...?

Novanda S.T. mengatakan...

tinggal kolter bro, tanpa ganti liner.. cz liner standar tebal haha

wahyudi zuliyanto mengatakan...

mas jupiter z 2005 kalo di kasih piston kaze os.50 aman gak kalo buat harian......? kadang buat nanjak ke gunung...?

Novanda S.T. mengatakan...

maksimal diameter seker jupiter adalah 54.4 mm
tp itu sangat riskan dan cm buat balapan..
untuk harian bisa kok seker kaze os 0 (53 mm) lbh dr itu silahkah tanggung resiko sendiri.. cz udah sisa 1.5 mm aja.. mnimal harian 2 mm

wahyudi zuliyanto mengatakan...

mas novanda.kalo pasang handel tangan kasar gak suara mesin....?

Novanda S.T. mengatakan...

jupiter saya pakai kopling manual pun halus suaranya..
las kopling gandanya yg balance biar ga brisik..

wahyudi zuliyanto mengatakan...

mas per + klep buat jupiter setelah os.100 enakan mnggunakan per + klep apa dan harganya berapa...?mohon infonya

Novanda S.T. mengatakan...

klep dan per sonic enak kok bro.. pas hehe

wahyudi zuliyanto mengatakan...

harganya berapa mas per + klep sonic...?

Novanda S.T. mengatakan...

kalau per sama klep nya bs 300rb, ongkos ubah sudut klep d tkg bubut bs mahal bgt

wahyudi zuliyanto mengatakan...

mas kalo jupiter z pistonya di oversize.50 bisa buat harian gak..truz ada kemungkinan overhead gak mas...?..jadi ketemu cc brapa mas....?

Novanda S.T. mengatakan...

lha masih standar itu bro.. haha
maksimal os 200 bisa kok, msh aman..

ketemu 112.5 cc aja

wahyudi zuliyanto mengatakan...

mas kalo jupiter udah selesai os.piston 50.masa inreyennya brapa hari yang bagus 3 hari udah bisa di gaber atau 1 minggu ...?

Novanda S.T. mengatakan...

kalau reyen yg bner sampai 1000 km..
kalau minta kolter tanpa reyen bisa langsung gaspol kok

wahyudi zuliyanto mengatakan...

mas jupiter z enakan pake kampas + per kopling apa mas biar jiplak" tu ,motornya

Novanda S.T. mengatakan...

kampas dan per kopling BRT ajib bgt bro.

wahyudi zuliyanto mengatakan...

apa saja hal yang dapat memicu mesin cepat ambrol pada saat ganti seker mas...? mohon pencerahannya

wahyudi zuliyanto mengatakan...

oh ya ,mas dana 600 kira kira bisa buat oprek mesin apa saja mas.mesin nya baru d poles porteng,papas noken ama cdi.mio lama itu doang.trus yang aman buat harian yang pasti mas.mohon pencerahannya...?

Novanda S.T. mengatakan...

kesalahan saat pemasangan, kesalahan dlm mengendarai motor, dan salah perhitungan bro..
rpm terlalu tinggi, klep nabrak, piston kualitas rendah

Novanda S.T. mengatakan...

main kopling aja, paket 6 per SYS 350rb tinggal pasang..
kalau mau ya bak kopling manual,

rian bangay mengatakan...

kalo gk pake packing aluminium gimana mas bro

Novanda S.T. mengatakan...

dibubut pistonnya biar ga benturan..
kalau di jupiter z bisa kok langsung, kalau jupiter lama, vega, crypton harus ada paking almu

Alwi Fauzan mengatakan...

Mas novanda saya mau tanya.. motor saya kok ada bunyi tek2 d bag mesin kanan.. kira2 itu dari apanya ya...
mohon pencerahan nya mass

Novanda S.T. mengatakan...

sprti nya rumah kopling kocak.. dicek dlu apakah speeling.. kalau iya ke tkng bubut buat ganti karet dampernya

Alwi Fauzan mengatakan...

Okk siapp mksh mas

CERITA WAYANG mengatakan...

mas mau tanya. motor saya jupiter z mau pakai silinder dan seher tdr ukuran 52mm. untuk ukuran klep berapa ya mas? buat harian. kalau dipasang klep ukuran 27/23 bisa tidak? tanks

Novanda S.T. mengatakan...

untuk pemakaian piston 52 mm bagus 26/22 mm.. apabila menggunakan 27/23 lebih enteng lari motornya dan nafas panjang.. cm bukaan gas harus ditahan besar hehe

CERITA WAYANG mengatakan...

kalau lubang crangkasenya apa harus dibesarin tidak bang kalau pake seher 52mm

Novanda S.T. mengatakan...

ckup kolter boring standar aja.. ga perlu ganti dan perbesar crankcase kok.. lah setara oversize 100 kok

Krisna Pujiyanto mengatakan...

Saya mau korek mesin vega zr harian tlng info apa yg hrus saya lakukan dn brp kisaran biaya yg harus saya siapkan

Novanda S.T. mengatakan...

mau korek ke berapa cc?
kalau 125 cc ckup piston jupiter z os 100.. dan ini kolter aja..
biaya ga habis 500rb

sekalian sama porting polish, dan noken as

Anonim mengatakan...

Nohon pencerahannya mas..
Motor saya jupiter z 115 2010.
Top speed 100 pas.
Biar nambah apa aja yg harus di ganti n biar akselerasi mantep.terimakasih

Novanda S.T. mengatakan...

kopling sendiri bisa ganti tipe 6 per..
noken as sendiri beli racing atau order d saya ya monggo..
porting diubah

Anonim mengatakan...

Kira kira semua itu hbis brapa gan?

Novanda S.T. mengatakan...

kopling 6 per sekitar 400rb
sedangkan noken as dr saya sekitar 350rb

Dargombez Salembo Lamania Kebet mengatakan...

Bang numpang tanya
Jupiter mx ane tahun 2008
Misalnya udah pake cdi
unlimit tapi mau ane pasang koil karisma apa boleh?
Apa plus minus apa bisa ngerusak bagian arus pengapian?? Maap banya tanya maklum newbie

Novanda S.T. mengatakan...

malah lebih bagus koil standar nya loh..
ckck

Dargombez Salembo Lamania Kebet mengatakan...

Emang kalo mau pake koil karisma tapi udah pake cdi unlimit gaboleh?

Novanda S.T. mengatakan...

boleh saja.. tp enak standar nya loh drpd koil kharisma..
ngapain dibuat turun?

Dargombez Salembo Lamania Kebet mengatakan...

Minta saranya untuk jupiter mx 2008 punyaku udah gantian karbu pe 26 gear sss 13-36 cdi brt dualband saranya untuk korek harian yang aman dipasang apalagi??

Novanda S.T. mengatakan...

mana ada pe 26??
adanya keihin PWL26 dan mikuni VM26
kalau pe adanya 24 dan 28..
noken as aja, bisa order di saya

Dargombez Salembo Lamania Kebet mengatakan...

Berapa gan noken as yang aman buat jupiter mx 2008 nokenya aman tanpa ganti klep ada?

Novanda S.T. mengatakan...

tak jual 300 rb bro noken as nya..
bahan orisinil

Emil Kostadinov mengatakan...

numpang tanya bang,,, motor ku crypton,rencana mau bore up pake seker sonic tanpa packing alumi trus klep tiger,cdi pake mio 5TL...
kira2 udah ngacir blm ya?
o iya, karbu PE 28

Novanda S.T. mengatakan...

terlalu besar tiger bro.. mending beli 29/24 aja
karbu jgn pe28, cm bawahannya aja sip tp atas nya kurang..
y noken as nya harus mendukung

Anonim mengatakan...

Mau tanya kalo jupiter Z new 115 Cc.biar larinya enakan dan nafasnya panjang.kira kira di apain ya.CDI dah pake BRT Hyperbrand dan knalpot R9.tingal karbunya yg belum di ganti.ada saran bagusnya pake karbu apa..??
TERIMA KASIH..

Novanda S.T. mengatakan...

main noken as dan kompresi aja dah.. karbu standar dlu aja..
kalau memang mau ganti karbu gede ambil venturi 24 mm saja

Rizqi Taufiq mengatakan...

Bg gw baru ganti kopling terus itu olinya rembes terus gw udah ganti paking tapi tetep aja apa harus di dobel pakingnya motor gw jupiter bak koplingnya tdr bg mohon pencerahannha

Novanda S.T. mengatakan...

lah bocor dmna nya?
periksa itu bagian yg rembes rata nggk permukaan blok nya?

Anonim mengatakan...

Bro. Saya mw tnya ada bedanya gx soket cdi jupiter z burhan dengan jupiter z 115 2010.
Soalnya teman ane pernah ganti cdi burhan tapi motornya gx mw hidup tapi begitu pakai cdi yg 115 hidup.
Motornya jupiter z 115 2010

Novanda S.T. mengatakan...

ati" mati CDI nya.. memang soket sama, tp posisi pin berbeda..
berikut link pin CDI nya.. kalau mau tukar CDI, ya tukar juga pin nya
http://ariantsm.heck.in/files/cdi-mio-jupe.jpg

agus saputra mengatakan...

Mnta pin bb or hp na ajja bang

Anonim mengatakan...

Mau nanya mas. Klo jupiter z 2005 di pasangin seher kaze os 50 (53,5) bisa ga mas? trus klo bisa, gimana langkah-langkah nya mas? Hehehe. maaf klo cerewet mas :D .takutnya kluar dana berlebih :D

Novanda S.T. mengatakan...

untuk jupiter z dengan klep standar sebaiknya piston maksimal 52 mm saja
kalau pakai 53.5 mm bisa saja tapi sebaiknya klep harus lebih lebar agar motor mampu teriak ke putaran tinggi..
untuk balap, blok standar bisa di kolter langsung cz batas nya liner standar di kasih piston diameter 54.4 mm..
untuk harian sebaiknya ganti liner saja biar awet hehe

Anonim mengatakan...

Hehe .Kebetulan nih mas .. jupiter saya emang mau di pake roadrace. Brarti blok langsung di bubut aja ya mas?? Oiya, ngomong2 harga stang seher original jupiter z 2005 brpa yaa?? Kebetulan mas. Stang sehernya udah bunyi klotok..klotok.. :D

Novanda S.T. mengatakan...

stang kit orsi 150 rb kok Jupiter Z
hehe
yah kalau ada uang sih sekalian buat liner yg tebel biar tahan panas selama race..

Anonim mengatakan...

Owh begitu. Hehe ,, satu lgi mas. Gimana caranya nge total loss magnet?? Di tempat ane katanya kalo lempengan magnetnya di lepas,motor ga bakalan hidup,, bener ga tuh ?

Anonim mengatakan...

Owh bgitu. Hehe, 1 lagi nih mas .. Cara full total loss magnet caranya gimana mas. Kata bengkel tempat ane ,kalo lempengan magnet sama spul di lepas, motor ga bakalan nyala katanya. Bener ga tuh??
Dan yg trakhir, ane barusan ganti CDI BRT Dualband tipe RK. Kan katanya bisa sampe 20 rb RPM tuh. Tpi punya ane kok mrebet ya di putaran atas?? Tolong di jawab mas secara detail, . Ane mah ga ngerti mesin. Hehehe

Novanda S.T. mengatakan...

total loss ya tentu magnet dan spul dilepas.
namun memakai lempeng besi sebagai gantinya tonjolan pickup yg ada di magnet..
kalau nggk ada itu ya nggk nyala wong itu saklar pengapian nya.

CDI tersebut limiter 20rb, namun belum tentu mesin km bisa mencapai itu.
kan kembali ke setting mesin dan ketersediaan per klep yg sanggup di 20rb rpm. biasa nya maksimal 16rb rpm

Anonim mengatakan...

Jadi intinya kalo spull dan magnetnya aja yg di lepas, namun mangkok magnetnya yg standar tetap terpasang. Motor masih mau nyala kan??

Novanda S.T. mengatakan...

ya nyala kalau dibuatkan ganti nya tonjolan yg ada di luar magnet itu.
pakai magnet nya saja juga bisa kok cuma lepas spul.

Anonim mengatakan...

Cara nge lepas lempengan magnetnya gimana mas?? Kan lempengan magnetnya nempel di mangkok ?

gio andrean mengatakan...

Emang batas aman untuk korek harian tanpa ganti liner berapa,untuk motor new jupiter z 2011.
THanKs

Novanda S.T. mengatakan...

di batas oversize 200 saja lah sekitar 52 mm..