Minggu, 01 September 2013

Korek Harian Yamaha Jupiter 115 cc

1. Piston TDR dengan diameter 52 mm
Piston jenong untuk memberikan torsi dan power. Deck clearance piston dibuat 1 mm. Rasio kompresi 11.5 : 1 agar torsi besar. Blok mesin standar di kolter maksimum diameter piston 52 mm. Ring piston menggunakan Jupiter Z oversize 100. Ditambah paking aluminium setebal 2 mm dengan selembar paking kertas. Bahan bakar saya mencoba premium + gas hidrogen dari HCS. Ketika menggunakan Pertamax langsung terasa power mesinnya.
piston TDR Jupiter 52 mm
2. Karburator standar reamer
Karburator bawaan motor VM16 di reamer ekstrim menggunakan skep GL100 dengan cutaway dibuat 4.0 dan tinggi skep 27.5 mm menyerupai standar. Jetting mengguunakan 20 untuk PJ dan 105 untuk MJ. Jarum skep ada di nomer 4 dari atas.
karburator VM16 reamer
3. Leher knalpot tipe lurus
Knalpot anti bobok alias standar, namun leher diperbesar dan menggunakan model lurus. Suara standar namun putaran atas semakin ganas.
leher knalpot tipe lurus
4. CDI dan Koil Mio
Menggunakan CDI Mio lawas 5TL dan koil Mio agar putaran mesin di limit di 12.500 rpm. Tujuan mesin awet dan semakin responsif karena api busi dan kurva pengapian Mio lama sangat kuat. Tak heran di arena drag banyak Jupiter menggunakan CDI Mio lama. CDI Fino Thailand juga lebih baik dari CDI Mio dengan kode 5VV. Bisa dijadikan alternatif.
CDI dan Koil Yamaha Mio lawas
5. Kopling Manual
Bak kopling menggunakan part OEM pabrikan yang sudah dicostum oleh pabrikan lain. Jadi saya beli jadi seharga 300rb/set. Kualitas lumayan dan tinggal pasang. Untuk kopling sentrifugal (kopling ganda) saya menggunakan balancer 1200 gram.
kopling manual Jupiter
6. Per kopling Satria FU
Untuk per kopling tidak lagi menggunakan teknik ganjal ring. Per kopling menggunakan milik Satria FU original pabrik. Harganya murah, 4 biji hanya 10rb saja. Untuk ketahanan masih belum tahu. Yang pasti setelah menggunakan per kopling ini, tarikan motor sangat terasa.
per kopling FU
cirinya ada cat putih
7. Packing aluminium
Blok harus ditambah panjang nya. Caranya ialah dengan menggunakan paking aluminium setebal 2 mm. Atau gunakan saja blok Jupiter Z karena lebih panjang. Kalau menggunakan paking aluminium, rantai standar masih dapat digunakan, namun tensioner menjadi sangat keras. Kalau menggunakan keteng Jupiter Z, harus rombak gigi sentrik dan beli rantai Jupiter Z. Cara ini lebih aman namun merogoh dana lebih.
paking aluminium
8. HydroCarbon Crank System (HCS)
Menggunakan HCS sebagai penambah suplai bahan bakar, yaitu gas hidrogen, agar konsumsi bahan bakar menjadi irit. Putaran bawah semakin responsif dan busi menjadi berwarna merah bata bersih tanda pembakaran kian sempurna.
HCS di motor Jupiter ku
9. Ground Strap
Penggunaan ground strap di kabel busi mampu meningkatkan percikan api busi. Pembakaran semakin fokus dan kuat, sehingga power mesin lebih naik lagi.
lilitan ground strap
10. Spul Gulungan
Spul asli sudah terbakar sehingga harus ganti dengan yang baru. Saya lebih memilih menggulung ulang menggunakan kawat email ukuran 0.7 mm seharga 30.000 rupiah. Sisa kawat masih ada untuk membuat ground strap koil.
spul gulungan ulang

39 komentar:

  1. numpang tnya nih mas bro , motor ane cypton 2001 ....
    klo misal pke sistem hcs itu apa bisa ? dan kira2 hrga partnya brp ..??

    trima ksih

    BalasHapus
  2. bisa banget dong.. nih ilmu berawal dari coba2 di Yamaha Crypton kok..
    untuk semua motor bisa kok, kecuali injeksi hehe

    untuk harga part, dapat di beli di HCS deHari.. produk Jogja dan Jakarta..
    120rb sepaket..
    tp kalau buat sendiri lebih murah..
    1. tabung reservoir Katana 20rb, atau botol yg kuat.. skema ada d blog saya satunya http://freecharz.blogspot.com
    2. selang tahan panas/selang bensin 10rb/biji.. butuh 2 jd 20rb
    3. pipa kuningan di toko AC, beli 1,5m ckup, cuma 18rb
    4. modif intake manifold atau pakai T cabang selang AIS nya.. 10rb ckup

    total sma ongkos kalau ada 75rb aja haha
    tambah kalau mau gampang etanol 1 liter 40rb, ckup untuk 2 bulan kok..

    hasil nanti untuk crypton, 1 liter bbm bisa sampai 70km kok..
    memang irit banget asal rpm ga sampai 5rb atau jalan 40-60kpj aja

    BalasHapus
  3. ijin tanya mas bro,, ane pke crypton, skrng udah gnti seher jupiter z new, kampas pnya f1zr, sma karbu rx z,, knalpot msih standar!! krena ngga ska berisik mkany msih brthan dengan standar,, klu ane ngikutin ganti leher dengan diameter yg lbih besar,, ngaruh ngga k tenaga dngan spek msin yg udah ane rubah!! kra2 ongkosny abis brpa?? kbetulan lhernya udah dpet yg diameterny besar!! hehehe.. mksih mas bro sbelumnya...

    BalasHapus
  4. 30rb aja kok ganti leher..
    suara tetap halus standar, putaran atas sip banget dah.. hehe
    karbu setting lagi aja y? hehe
    kok piston jupiter Z new? 50 mm alias piston standar os 100
    mending piston Jupiter Z os 100 dg diameter 52 mm..

    BalasHapus
  5. balancer pengganti kopling gandanya beli dimana om?

    BalasHapus
  6. ya tinggal bikin aja.. berat 1.2 kg.. atau las aja kampas gandanya..

    BalasHapus
  7. ya tinggal bikin aja.. berat 1.2 kg.. atau las aja kampas gandanya..

    BalasHapus
  8. mas gulu banyak knalpotnya itu belinya di mana.apakah toko" di sikitar kita menjualnya mas.dan jupiter z 115 dengan piston di oversize 100 apakah aman buat harian.mohon infonya mas

    BalasHapus
  9. piston oversize 100 mah msh aman..
    sampai 200 pun jg bisa..
    ada kok d toko yamaha resmi.. kalau ga ada inden dlu

    BalasHapus
  10. mas kalo jupiter z pistonnya udah di oversize 100.apakah harus ganti blok silindermya (bureng) atau pakai bawaan motor saja...? + perlu ganti per ama klepnya gak...?mohon infonya mas.

    BalasHapus
  11. mas novanda s.t kira" harga blok silinder (bureng) yang baru ori yamaha harganya kisaran brapa...? dan berapa hari proses inreyen motor setelah di oversize 100.mohon infonya mas...?

    BalasHapus
  12. wah krg tau jg ya.. kira2 150rb untuk Jupiter Z hehe
    ori mah ga ada kyk nya..
    kalau oversize ga perlu ganti boring..
    kalau reyen kira" sampai 2000 km aja hehe

    BalasHapus
  13. mas novanda.apakah knalpot standar cumak gede'in leher knalpotnya.aja.apa kagak ganduli tu motor setelah oversize...?

    BalasHapus
  14. klau mau dibuang sekatnya jg lbh enak bro, tp polisi jd lbh mudah ngincer dr suara knalpot mu hehe
    kembali ke pemilik motor aja mau nggk hehe

    BalasHapus
  15. kalo packing alumuniumnya belinya dari mna mas dan harganya brapa...?

    BalasHapus
  16. bikin d tukang aluminium.. saya byar 50rb tebal 2 mm

    BalasHapus
  17. tapi.kalo knalpot stanadart hanya di gedein leher angsanya . truz piston d os.100 mas. buat harian knalpot itu gpp...? soalnya kalau gaanti knalpot freeflow(jeblongan).malu ama tetangga...?tolong sarannya.makasih.

    BalasHapus
  18. ganti leher angsa aja bs kok bro, cm lbh maksimal silencer nya dibobok halus..
    ga keras kok suaranya, beda sama knalpot freeflow

    BalasHapus
  19. mas kalo jupiter z pake piston kaze std.bsa buat harian p gak dan harus ganti blok silinder (boring)pa gak...?

    BalasHapus
  20. tinggal kolter bro, tanpa ganti liner.. cz liner standar tebal haha

    BalasHapus
  21. mas jupiter z 2005 kalo di kasih piston kaze os.50 aman gak kalo buat harian......? kadang buat nanjak ke gunung...?

    BalasHapus
  22. maksimal diameter seker jupiter adalah 54.4 mm
    tp itu sangat riskan dan cm buat balapan..
    untuk harian bisa kok seker kaze os 0 (53 mm) lbh dr itu silahkah tanggung resiko sendiri.. cz udah sisa 1.5 mm aja.. mnimal harian 2 mm

    BalasHapus
  23. mas novanda.kalo pasang handel tangan kasar gak suara mesin....?

    BalasHapus
  24. jupiter saya pakai kopling manual pun halus suaranya..
    las kopling gandanya yg balance biar ga brisik..

    BalasHapus
  25. mas per + klep buat jupiter setelah os.100 enakan mnggunakan per + klep apa dan harganya berapa...?mohon infonya

    BalasHapus
  26. klep dan per sonic enak kok bro.. pas hehe

    BalasHapus
  27. harganya berapa mas per + klep sonic...?

    BalasHapus
  28. kalau per sama klep nya bs 300rb, ongkos ubah sudut klep d tkg bubut bs mahal bgt

    BalasHapus
  29. mas kalo jupiter z pistonya di oversize.50 bisa buat harian gak..truz ada kemungkinan overhead gak mas...?..jadi ketemu cc brapa mas....?

    BalasHapus
    Balasan
    1. lha masih standar itu bro.. haha
      maksimal os 200 bisa kok, msh aman..

      ketemu 112.5 cc aja

      Hapus
  30. mas kalo jupiter udah selesai os.piston 50.masa inreyennya brapa hari yang bagus 3 hari udah bisa di gaber atau 1 minggu ...?

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalau reyen yg bner sampai 1000 km..
      kalau minta kolter tanpa reyen bisa langsung gaspol kok

      Hapus
  31. mas jupiter z enakan pake kampas + per kopling apa mas biar jiplak" tu ,motornya

    BalasHapus
    Balasan
    1. kampas dan per kopling BRT ajib bgt bro.

      Hapus
  32. apa saja hal yang dapat memicu mesin cepat ambrol pada saat ganti seker mas...? mohon pencerahannya

    BalasHapus
    Balasan
    1. kesalahan saat pemasangan, kesalahan dlm mengendarai motor, dan salah perhitungan bro..
      rpm terlalu tinggi, klep nabrak, piston kualitas rendah

      Hapus
  33. oh ya ,mas dana 600 kira kira bisa buat oprek mesin apa saja mas.mesin nya baru d poles porteng,papas noken ama cdi.mio lama itu doang.trus yang aman buat harian yang pasti mas.mohon pencerahannya...?

    BalasHapus
    Balasan
    1. main kopling aja, paket 6 per SYS 350rb tinggal pasang..
      kalau mau ya bak kopling manual,

      Hapus